Rabu, 27 Maret 2019

Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I


Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 27 Maret 2019

Masih dalam artikel yang bertutur tentang alutsista, yang kali ini kebagian untuk di "gosip" kan adalah alutsista dari jenis Tank Tempur Ringan made in Amerika. Dan ini adalah uraian singkatnya:

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Melihat prospek yang cerah pada pasar alutsista, terutama dari spesies tank, pabrikan Cadillac Gage Textron (Amerika Serikat) memutuskan untuk ikut “bermain” di sektor ini, lalu merancang dan memproduksi tank tempur ringan Stingray untuk memenuhi permintaan pasar ekspor pada tahun 1984. Tank ini dibangun berbasis pada AFV buatan Amerika Serikat, dan dengan menggunakan sebanyak mungkin komponen pada AFV tersebut untuk menekan biaya produksi seminimal mungkin.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Pengembangan tank ini sendiri didasarkan pada kenyataan bahwa banyak negara, khususnya negara-negara dunia ketiga, yang membutuhkan tank namun tidak mampu membeli MBT dengan alasan ekonomi atau karena kondisi geografis yang tidak mendukung untuk pengoperasian MBT. Di pasaran memang tersedia tank-tank tempur ringan seperti AMX-13 atau Scorpion. Namun tank AMX-13 sudah ketinggalan jaman dan banyak negara yang membutuhkan tank ringan yang lebih berat dan mampu dipersenjatai dengan meriam yang lebih besar daripada sekedar meriam kaliber 90mm.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Tank ini memiliki bobot tempur sekitar 20 ton, memiliki suspensi torsion bar dan memiliki awak empat orang. Stingray memiliki motor penggerak mesin Detroit Diesel 8V-92TA, yang mampu menghela tank ini hingga kecepatan maksimum mencapai 67,6 km/jam, dan jarak tempuh maksimum 482,8 kilometer. Lapisan baja tank ini secara frontal hanya mampu menahan peluru kaliber 14,5mm milik negara-negara blok Timur dan secara teoritis mampu diangkut oleh pesawat C-130 Hercules, menjadikan tank ini memiliki nilai mobilitas yang tinggi.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Senjata utama dari Tank Stingray ini adalah meriam dengan tolak balik rendah (Low Recoil Force - LRF) Royal Ordnance kaliber 105mm yang merupakan meriam buatan Inggris. Ruang penyimpanan amunisi pada tank ini mampu menampung 44 butir amunisi dari berbagai tipe.

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Senjata utama ini dipasang di turet yang berbentuk lancip atau meruncing ke depan, dan ada tiga awak yang berposisi di turet ini. Selain itu, tank ini dilengkapi dengan fitur modern seperti gun stabilization, dan sistem pengendali penembakan digital. Untuk persenjataan sekunder, tank ini dilengkapi dengan sepasang senapan mesin, satu senapan mesin kaliber 7,62mm sistem koaksial, dan satu lagi adalah senapan mesin berat kaliber 12,7mm yang ditujukan sebagai senjata anti serangan udara. 

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Tank ini juga diperlengkapi dengan alat penglihatan malam dan thermal. Sesuai dengan yang diprediksikan sebelumnya, tank ini lumayan sukses di pasaran, salah satu negara (satu-satunya negara) pengguna yang mengadopsi tank ini dalam jumlah yang cukup signifikan adalah Thailand (diekspor ke negara ini pada tahun 1988 sebanyak 108 unit.
). 

Melihat pangsa pasarnya yang cerah, tank ini lalu dikembangkan lebih lanjut dan disempurnakan lagi menjadi Stingray II, demi memenuhi tuntutan pasar akan tank tempur ringan yang cepat dan andal (dan juga dengan harga yang terjangkau).

Tank Tempur Ringan/Light Tank
Stingray I
militeranget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I


Asal Negara: Amerika Serikat
Mulai bertugas: 1988
Kru: 4 Orang
Bobot: 21.205 kg/21,2 ton

Dimensi  

Panjang: 9.30 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,55 m 
Lebar: 2,71 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Kaliber 105 mm Low Recoil Force gun
Senjata sekunder: 
1 x 7.62mm machine gun (koaksial)
1 x 12.7mm machine gun (AA gun)

Armor: unspecified
Mesin:  Detroit Diesel 8V-92 TA, 398,9 kW/535 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 67,6 km/jam 
Jarak maksimum: 482,8 km 

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar