Senin, 17 Juni 2024

Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua)


Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 17 Juni 2024

Pesawat ringan serbaguna ini secara sekilas tampilannya tidak terlalu "menyeramkan". Dengan kokpitnya yang besar serta didominasi oleh kaca, mesin propellernya yang kecil, sayap tinggi ditambah penyangga sayap ditambah dengan roda pendaratnya yang tetap (tidak dapat dilipat masuk ke dalam badan pesawat), menimbulkan kesan bahwa pesawat ini adalah pesawat ringan yang tidak "mematikan". Tetapi jangan salah, walaupun tampilannya tidak "sangar", pesawat ini memainkan peranan yang sangat penting dalam pertempuran. 

ketika pesawat ini menemukan posisi musuh yang potensial, pesawat ini akan menembakkan roket fosfor sebagai penanda lokasi, kemudian menginformasikan posisi tersebut pada tim lain yang sudah siap dengan persenjataan yang mematikan. Alhasil, tak lama setelah posisi lawan diketahui oleh pesawat ini, posisi tersebut akan langsung disapu bersih oleh bom (dari pesawat serang atau pembom taktis) atau peluru dari barisan artileri. Nama pesawat ini adalah Cessna O-1 (Bird Dog), dan artikel ini adalah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul: "Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama)", silahkan disimak:

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Nick name atau nama julukan ini merupakan hasil kontes penamaan di kalangan karyawan Cessna. Entri pemenang dipilih oleh dewan Angkatan Darat AS. Nama tersebut dipilih karena peran pesawat tersebut dianalogikan dengan peran bird dog (anjing yang dilatih untuk berburu atau mengambil burung yang digunakan oleh pemburu), yaitu untuk mencari sekaligus mendeteksi posisi pasukan lawan dan tetap membayangi/mengintai sasaran hingga artileri dan/atau kekuatan udara dapat digunakan. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu FN Herstal Scar)

L-19A adalah pesawat dengan dapur pacu mesin tunggal dan seluruhnya dari material logam, berkonfigurasi sayap tinggi, dan pesawat jenis ini merupakan yang pertama yang digunakan oleh Angkatan Darat AS. Pesawat ini memiliki kontrol ganda untuk pilot dan pengamat atau observer. Sisi jendela kanan dan kiri kokpit pesawat ini dibuat miring kea rah luar untuk meningkatkan visibilitas, dan visibilitas hampir 360 derajat dari kokpit menjadikannya ideal untuk observasi, kontrol, dan pemantau udara jarak dekat. 

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Selama Perang Korea, Bird Dog diberi julukan “the jeep with wings” karena daya tahan pesawat ini serta kebandelannya. Selama Perang Vietnam, Angkatan Udara AS menggunakan Bird Dog untuk menjadi pesawat komando udara garis depan. Bird Dog akan mencari dan mengidentifikasi sasaran dari jarak dekat sementara itu pesawat penyerang menunggu jauh di atas. 

Pada saat “Bird Dog” berhasil mendeteksi posisi lawan, pesawat ini akan meluncurkan roket fosfor untuk menandai posisi tersebut sebagai sasaran pesawat penyerang. Setelah penyerangan, “Bird Dog” akan tetap terbang berputar-putar di atas lokasi untuk melaporkan hasilnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Serang-Pembom Ringan / Attack-Light Bomber Hawker Typhoon)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Selama Perang Vietnam, O-1 Bird Dog digunakan terutama untuk pengintaian, identifikasi target, penyesuaian atau koreksi tembakan artileri, relai radio, pengawalan konvoi, dan kendali udara garis depan pada pesawat taktis, termasuk pembom yang beroperasi dalam peran taktis.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Aviation
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Pesawat #Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar