Sabtu, 15 Juni 2024

Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama)


Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Sabtu, 15 Juni 2024

Pada tahun 1949 Angkatan Darat AS dan Angkatan Udara AS bersama-sama mengeluarkan spesifikasi untuk pengadaan pesawat ringan sebagai salah satu alutsista bagian dari rencana strategi yang nantinya akan mereka operasikan di masa depan.  Pesawat ringan yang harus seluruhnya terbuat dari logam ini rencananya untuk menggantikan posisi pesawat Piper L-4 dan Stinson L-5 yang saat itu ada dalam inventaris militer AS.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan/Light Tank Stingray I)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Pesawat yang baru ini juga harus dapat mendarat dan lepas landas di lapangan terbang yang pendek dan sederhana (dimana di dalam perang yang sebenarnya, kebanyakan lapangan terbang dari jenis ini yang banyak tersedia)  serta harus mampu mengusung berbagai peran, termasuk misi intai skala ringan, observasi, pemandu/komando perang garis depan, survei foto, dan pemandu tembakan artileri. Pesawat ini juga harus dapat dengan mudah dipasangkan dengan sarana pendarat pelampung (untuk mendarat di air) atau ski (untuk pendaratan di salju). 

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Untuk menjawab permintaan tersebut, beberapa pabrikan yaitu Piper, TEMCO, Taylorcraft, dan Cessna bersaing untuk mendapatkan kontrak tersebut. Berbeda dengan pabrikan lain yang memodifikasi pesawat-pesawat rancangan mereka yang sudah ada sebelumnya, pabrikan Cessna memilih untuk merancang pesawat yang benar-benar baru untuk kompetisi tersebut, yang diberi nama Model 305.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu FN Herstal Scar)

Pesawat Ringan Serbaguna
Cessna O-1 "Bird Dog"
militerbanget.blogspot.com

Setelah melalui beberapa uji coba, Cessna dinyatakan memenangkan kompetisi tersebut dan pada tahun tahun 1950 Cessna menerima pesanan 418 unit pesawat yang kemudian diberi kode sebagai L-19A (“L” untuk “liaison” - penghubung). Pada tahun 1962 pesawat ini diubah namanya menjadi O-1 (“O” untuk observasi). Selanjutnya, pesawat ini mendapat julukan “Bird Dog”.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Pesawat Ringan Serbaguna Cessna O-1 (Bird Dog), si “Anjing Pemburu” yang Kecil, Ringan, Lamban, Tetapi Sangat Handal (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World Aviation
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Pesawat #Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar