Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 14 November 2024
Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari rancang bangun alias bentuk yang "tak biasa" dan tidak konservatif seperti pesawat sejenis pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, apalagi untuk urusan lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek, maka pesawat ini tergolong jempolan. Diciptakan di masa dimana Uni Soviet masih berjaya, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet tak lagi eksis, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kedua)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Sementara itu, Biro Desain Antonov tengah menggarap An-72 untuk versi sipil. Yang diinginkan Aeroflot sejak awal adalah pesawat angkut untuk operasi Arktik guna menggantikan Il-14 bermesin piston ganda yang sudah ketinggalan zaman dalam peran ini. Persetujuan resmi untuk pengembangan "An-72A", yang mana "A" secara efektif berarti "Arktik", diberikan pada tahun 1983. Salah satu purwarupa awal An-72 dimodifikasi sebagai purwarupa An-72A, yang berhasil melakukan penerbangan pertamanya pada tanggal 29 September 1983, dengan Sergey A. Gorbik dan VA Shlyakov sebagai awak pesawat. Pada saat itu, varian sipil telah berganti nama menjadi "An-74". Evaluasi untuk varian sipil ternyata berlangsung lama, dengan pesawat praproduksi yang tidak terbang hingga tahun 1986, dan jenis tersebut tidak mulai beroperasi hingga tahun 1988.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Yang agak membingungkan, NATO memberi kode untuk An-72 militer sebagai "Coaler-C" dan An-74 (versi sipil An-72) sebagai "Coaler-B". Ketidaksinkronan ini disebabkan karena pihak NATO ternyata mengamati An-74 terlebih dahulu ketimbang An-72. Beberapa sumber juga mengaitkan An-72A dengan An-72, bukan An-74. Tampaknya pihak intelijen NATO pada saat itu kurang dapat mengidentifikasi rantai produksi alutsista Soviet dengan detil.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Pesawat angkut kargo militer An-72 memiliki sayap menyapu yang dipasang tinggi dengan mesin turbofan bypass tinggi D-36 Seri 2A Ivchenko (kemudian Progress) yang dipasang di atas setiap sayap, ekor berbentuk “T”, pintu rampa pada belakang, dan roda pendaratan berkonfigurasi tiga roda. Secara sekilas, pesawat An-72 memiliki kemiripan yang cukup besar dengan pesawat angkut kargo eksperimental Boeing YC-14 AS kontemporer.
Tim design Antonov membantah adanya kesamaan apapun dengan pesawat produksi boeing, tetapi bahkan sumber-sumber Rusia mengakui bahwa model awal dari apa yang akan menjadi An-72 sangat mirip dengan YC-14, dan purwarupa awal An-72 masih mempertahankan kemiripan yang jelas. Meski demikian, kedua pesawat hanya misrip dari tampilan umum saja, dengan beberapa elemen yang akan disertakan dalam pesawat angkut kargo jet apa pun, dan keduanya tidak memiliki kesamaan nyata pada tingkat desain detail.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Sayap An-72 bentuk menyapu pada tepi depan 17 derajat ke dalam, dan sapuan tepi luar 10 derajat, sementara sayap memiliki kemiringan anhedral 10 derajat pada bagian luar mesin. Sayap tersebut mengaplikasikan banyak perangkat gaya angkat yang rumit untuk membantu kinerja STOL, seperti flap berlubang tiga di dalam, flap berlubang ganda di sayap tengah, dan bilah tepi depan dalam tiga bagian pada setiap sayap. Ada aileron dua bagian di setiap ujung sayap, bersama dengan empat spoiler juga, dengan dua spoiler bagian dalam digunakan sebagai "pengangkat beban", dan dua bagian luar untuk kontrol guling bersama dengan aileron.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Perakitan ekor “T” menampilkan sirip ekor dengan sapuan tepi depan 33,5 derajat dan kemudi dua segmen di bagian belakang, segmen atas memiliki sapuan yang lebih tajam daripada bagian bawah, dengan bagian bawah memiliki sapuan tajam yang sama dalam konfigurasi purwarupa yang sangat awal.
Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keempat)", semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.
Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh
Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe
Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium
Tidak ada komentar:
Posting Komentar