Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 14 November 2024
Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari designnya yang "tak biasa" dan terkesan keluar dari pakem design pesawat konservatif pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, terutama dalam hal lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek. Lahir di era dimana Uni Soviet masih eksis, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet bubar, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Pertama)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Aeroflot ternyata sangat tertarik pada An-72, meskipun pesawat itu sedari awal hanya dirancang untuk spesifikasi militer sebagai pesawat pengangkut kargo taktis dan sepertinya akan spesifik mengusung misi militer saja, ada banyak lapangan udara sipil yang pendek dan kasar di utara Soviet dan Timur Jauh, dan pesawat terbang penumpang / pengangkut barang STOL seperti An-72 ini akan sangat efektif untuk landasan-landasan seperti itu.
Masalahnya adalah, Aeroflot memiliki persyaratan yang lebih berat ketimbang persyaratan yang diajukan oleh militer, sementara militer hanya mengajukan persyaratan muatan maksimum seberat 5 ton (5,5 ton), Aeroflot mengajukan persyaratan muatan maksimum hingga 10 ton (11 ton), ditambah lagi dengan jarak jelajah 50% lebih jauh dengan muatan normal, dan volume ruang kargo yang lebih besar.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Tank Perusak Berat / A39 Heavy Assault Tank Tortoise")
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Meskipun purwarupa pesawat An-72 sebenarnya memiliki daya angkut muatan maksimum sampai dengan 7,5 ton (8,25 ton) dalam kondisi kelebihan beban, tentu saja itu masih belum cukup untuk memenuhi spesifikasi yang diajukan oleh Aeroflot.
Untuk dapat memenuhi persyaratan yang baru tersebut, luas sayap An-72 ditingkatkan. Pihak pabrikan menempuh cara yang tergolong “simple dan sederhana”, dengan cara memotong sayap luar di sekitar pertengahan bentang dan menempatkan sayap luar yang lebih besar di tempatnya, yang mengakibatkan "tekuk" di tengah sayap, dan sapuan tepi depan yang lebih dangkal untuk bentang luar. Ide awalnya adalah mengganti sayap dari pangkal sayap ke luar, tetapi karena mesin dan teknologi yang dimiliki oleh Soviet pada saat itu belum siap, maka metode tadi dikesampingkan.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Tangki bahan bakar tambahan dipasang di bagian tengah sayap untuk mendapatkan jarak jelajah yang dipersyaratkan. Untuk menambah volume kargo, partisi badan pesawat sepanjang 1,4 meter (4 kaki 7 inci) dimasukkan ke depan sayap, tampaknya hal itu meningkatkan karakteristik kontrol pesawat. Purwarupa kedua untuk uji terbang kemudian dimodifikasi ke konfigurasi baru, purwarupa yang ketiga mungkin telah dibangun dari "dasar" dalam konfigurasi baru, tetapi tidak ada sumber resmi yang memberikan data yang jelas mengenai masalah tersebut.
Pesawat Transport Medium Medium Transport Aircraft - An-72 militerbanget.blogspot.com |
Membawa pesawat itu ke tahap produksi ternyata menjadi masalah yang lain. Sebagian besar masalah murni berasal dari system birokrasi, yang mana pabrik Kharkiv telah berpengalaman (dan terbiasa) memproduksi pesawat Tupolev, sedangkan cara Antonov dalam melangsungkan suatu produksi memiliki system yang berbeda. Sementara itu, tim desain An-72 kebanyakan telah ditarik untuk mengerjakan proyek lain, yang berarti manpower yang menguasai system Antonov jumlahnya tidak memadai.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet Hawker Hunter")
Ada juga fakta bahwa An-72 menggunakan teknologi baru dan relatif belum terlalu dikenal, misalnya perakitan komposit yang ekstensif, dan mempercepat pembuatan perangkat tersebut tidak selalu mudah. Karena berbagai masalah yang membelit tadi, produksi awal An-72 tidak terbang hingga Desember 1985, alias tiga tahun terlambat dari jadwal. Pengiriman pertama An-72 ke VVS baru dimulai pada tahun 1986.
Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.
Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh
Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe
Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium
Tidak ada komentar:
Posting Komentar