Jumat, 15 November 2024

Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keempat)


Pesawat Transport Medium
Transport Medium Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Jum'at, 15 November 2024

Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari rancang bangun alias bentuk yang "tak biasa" dan tidak konservatif seperti pesawat sejenis pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, apalagi untuk urusan lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek, maka pesawat ini tergolong jempolan. Diciptakan di masa dimana Uni Soviet masih berjaya, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet tak lagi eksis, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Ketiga)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

Bidang ekor memiliki sapuan tepi depan sebesar 23 derajat, itu adalah tingkat variabel untuk mendukung kendali yang lebih saat bermanuver, tetapi dengan elevator di bagian belakang, dan "bilah terbalik" di bawah tepi depan depan untuk meningkatkan pengendalian pesawat selama lepas landas dan mendarat. Ada fairing berbentuk spindel yang menutupi persimpangan sirip ekor dan bidang ekor. Semua kontrol penerbangan digerakkan secara hidrolik dan digerakkan oleh sistem hidrolik ganda.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Tempur Jet / Fighter Jet Hawker Hunter")

Pesawat Transport Medium
Transport Medium Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Satu lagi pendekatan design yang tergolong terobosan pada pesawat ini adalah, semua permukaan pada sayap “dihangatkan” menggunakan udara pembuangan mesin, sehingga dapat mencegah terbentuknya lapisan es pada permukaan sayap yang berbahaya serta merusak aerodinamika dan merusak gaya angkat sayap.

Setiap rakitan roda pendaratan utama terdiri dari dua roda yang dipasangkan secara bersamaan, yang ditarik ke dalam ke fairing di sepanjang sisi badan pesawat. Roda pendaratan memiliki dua roda, yang ditarik ke depan, dan dapat dikemudikan. Unit roda pendaratan digerakkan secara hidrolik, yang terbuka secara otomatis jika terjadi kegagalan pada sistem hidrolik.

Pesawat Transport Medium
Transport Medium Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Setiap mesin turbofan D-36 Seri 2A menghasilkan daya dorong sebesar 63,74 kN (6.500 kgp / 14.330 lbf); instalasi mesin yang dipasang di atas mengarahkan aliran udara ke sayap untuk memberikan daya angkat tambahan, dan juga memberikan perlindungan terhadap masuknya benda asing di landasan yang berbatu dan kasar. Penutup mesin dilengkapi sistem yang dapat mencegah terbentuknya es, yang juga digerakkan oleh udara buangan mesin, dan mesin dilengkapi dengan system pembalik daya dorong tipe bucket untuk mengurangi guncangan saat mendarat sekaligus berfungsi untuk rem. Ada tujuh unit tangki bahan bakar, semuanya di bagian tengah sayap, dengan pengisian bahan bakar pada satu titik, total kapasitas tangka internal sebesar 16.250 liter (4.288 galon AS).

Pesawat Transport Medium
Transport Medium Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Terdapat unit pembangkit daya tambahan (APU) di bagian belakang fairing roda gigi utama kanan untuk tenaga darat dan untuk menghidupkan mesin. Pada purwarupa dan produksi awal, unit yang digunakan adalah APU TA-8V. Pada tahap produksi kemudian ditetapkan untuk mengganti unit lama dengan unit APU TA-12 yang lebih baik. Setiap nacelle mesin dan ruang APU dilengkapi sistem pemadam kebakaran. Sistem pendingin udara digerakkan oleh udara buangan mesin/APU, dengan pendingin udara ruang kargo yang dapat berfungsi juga sebagai unit pendingin untuk kargo yang mudah rusak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Tank Tempur Ringan / Light Tank Hotchkiss H-39")

Pesawat Transport Medium
Transport Medium Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini diawaki oleh tiga orang crew, yaitu pilot, kopilot, dan navigator di kabin depan yang bertekanan. Panel kontrol dicat dengan warna biru kehijauan, tim perancang Soviet menganggap warna yang "enak dipandang" seperti itu tidak terlalu melelahkan dalam durasi penerbangan yang panjang. Akses awak pesawat masuk dan keluar melalui pintu dengan jendela kapal di sisi kiri depan pesawat, pintu berengsel terbuka ke arah depan. Tangga naik pesawat disimpan secara terpisah, untuk ditarik keluar dan dipasang. Pintu dapat dibuka saat pesawat ini terbang untuk menyediakan akses depan untuk melompat keluar (untuk keperluan pasukan lintas udara). 

Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kelima)", semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar