Jumat, 22 Agustus 2025

Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou, Tangguh, Bandel, dan Andal (Bagian Keempat)


Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou, Tangguh, Bandel, dan Andal (Bagian Keempat)
Pesawat Transport Taktis
Tactical Transport Airplane
militerbanget.blogspot.com

Beraban,Tabanan, Bali, Jum'at, 22 Agustus 2025

Sambungan dari Bagian Ketiga

Varian


DHC-4 Caribou
Pesawat angkut taktis STOL, pesawat angkut serbaguna.

CC-108
Penamaan resmi dari Angkatan Udara Kerajaan Kanada untuk DHC-4 Caribou.

YAC-1
Sebutan ini diberikan kepada lima unit DHC-4 Caribou yang dijual ke Angkatan Darat Amerika Serikat untuk evaluasi.

AC-1
Penamaan dari Angkatan Darat Amerika Serikat untuk produksi perdana 56 unit DHC-4 Caribou. Kemudian diubah namanya menjadi CV-2A pada tahun 1962.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber – Tupolev SB)

CV-2A
Angkatan Darat Amerika Serikat AC-1 diubah namanya pada tahun 1962.

CV-2B
Sebutan ini diberikan pada produksi kedua sebanyak 103 unit DHC-4 Caribou, yang dijual ke Angkatan Darat AS, dengan struktur rangka internal yang diperkuat.

Pesawat C-7A/B
Sebutan ini diterapkan pada semua 144 Caribou yang ditransfer ke Angkatan Udara AS oleh Angkatan Darat AS.

DHC-4A Caribou
Mirip dengan DHC-4, tetapi versi ini memiliki bobot lepas landas (MTOW) yang lebih besar.

DHC-4T Turbo Caribou
Konversi pesawat dasar DHC-4 Caribou yang ditenagai mesin turboprop PWC PT6A-67T yang dirancang, diuji terbang, dan disertifikasi oleh perusahaan Pen Turbo Aviation.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Artileri Swagerak / Howitzer Self Propelled 155mm - Porcupine (Purwarupa))

Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou, Tangguh, Bandel, dan Andal (Bagian Keempat)
Pesawat Transport Taktis
Tactical Transport Airplane
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi 
Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou (DHC-4A)


Karakteristik umum
Jenis: Pesawat angkut STOL
Asal negara: Kanada
Pabrikan: de Havilland Kanada
Jumlah produksi: 307 Unit
Diproduksi: Tahun 1958–1968
Produksi pertama definitif: Tahun 1961
Penerbangan pertama: 30 Juli 1958
Kru: 2 (pilot dan kopilot) + loadmaster
Kapasitas angkut : 30 orang (sipil) / 32 pasukan / 26 pasukan terjun payung lengkap / 22 tandu, 4 pasien duduk dan 4 petugas

Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou, Tangguh, Bandel, dan Andal (Bagian Keempat)
Pesawat Transport Taktis
Tactical Transport Airplane
militerbanget.blogspot.com

Dimensi
Panjang: 72 kaki 7 inci (22,12 m)
Lebar sayap: 95 kaki 7,5 inci (29,147 m)
Tinggi: 31 kaki 9 inci (9,68 m)
Luas sayap: 912 kaki persegi (84,7 m2 )
Rasio aspek: 10
Airfoil: bagian tengah: NACA 64 3 A417.5; ujung: NACA 63 2 A615

Performa dasar
Berat operasi dasar: 18.260 lb (8.283 kg)
Muatan maksimum: 8.740 lb (3.964 kg)
Berat maksimum tanpa bahan bakar: 27.000 lb (12.247 kg)
Berat lepas landas maksimum: 28.500 lb (12.927 kg)
Berat maksimum yang diizinkan untuk misi terbang jarak jauh: 31.300 lb (14.197 kg)
Berat maksimum saat mendarat: 28.500 lb (12.927 kg)

Kapasitas bahan bakar: 690 imp gal (830 US gal; 3.100 L)

Dapur pacu: 2 × Pratt & Whitney R-2000-7M2 Twin Wasp 14 silinder mesin piston radial berpendingin udara, masing-masing berkekuatan 1.450 hp (1.080 kW)

Propeller: Baling-baling Hamilton Standard tipe 43D50-7107A dengan 3 bilah, kecepatan konstan, pitch reversibel

Pesawat Angkut Serbaguna De Havilland Canada DHC-4 Caribou, Tangguh, Bandel, dan Andal (Bagian Keempat)
Pesawat Transport Taktis
Tactical Transport Airplane
militerbanget.blogspot.com

Performa
 
Kecepatan maksimum: 187 knot (215 mph, 346 km/jam) pada ketinggian 6.500 kaki (2.000 m)
Kecepatan jelajah: 158 knot (182 mph, 293 km/jam) pada ketinggian 7.500 kaki (2.300 m) (maksimum & ekonomis)
Kecepatan stall: 59 knot (68 mph, 109 km/jam)
Batas kecepatan maksimum: 208 knot (239 mph, 385 km/jam)
Jarak jelajah maksimum: 1.136 nmi (1.307 mi, 2.104 km) dengan bahan bakar maksimum termasuk cadangan 45 menit
211 nmi (243 mi; 391 km) dengan muatan maksimum termasuk cadangan 45 menit
Elevasi maksimum operasional: 24.800 kaki (7.600 m)
Elevasi maksimum dengan satu mesin: 8.800 kaki (2.700 m)
Kecepatan menanjak: 1.355 kaki/menit (6,88 m/s)
Beban sayap: maksimum 31,2 lb/kaki persegi (152 kg/m2)
Rasio Daya/massa: 0,102 hp/lb (0,168 kW/kg)

Demikianlah artikel yang sangat menarik mengani pesawat transport taktis dari Kanada. Semoga artikel empat babak ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. History Of Transport Airplane
2. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Kanada
#Pesawat
#Pesawat_Transport

Tidak ada komentar:

Posting Komentar