Kamis, 30 Januari 2020

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber – Tupolev SB


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis 30 Januari 2020

Pesawat pembom ini sering sekali disalah identifikasikan dengan Tupolev SB-2. Salah penyebutan oleh pihak barat terhadap registrasi resmi pesawat ini, yaitu SB-2-M100A yang arti sebenarnya adalah SB berkonfigurasi dua mesin tipe M100A.

Pesawat ini dirancang pada tahun 1933 untuk menjawab spesifikasi yang diterbitkan oleh Angkatan Udara Rusia untuk membuat pesawat pembom (medium) ringan cepat dengan kecepatan maksimum 330 km/jam, elevasi operasional maksimumnya sekitar 26.250 kaki (sekitar 8.000 meter), jarak jelajah maksimum sekitar 700 kilometer, dan dapat membawa bom sampai dengan 500 kg.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T-34/85)

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Tupolev ANT-40 SB (Skorosnoy Bombardirovschik atau pesawat pembom berkecepatan tinggi) memiliki elemen awal rancangan Tupolev dan konfigurasi konstruksi stressed skin yang dibungkus logam seluruhnya (pada jaman itu, sebagian pesawat masih berkonstruksi paduan antara logam dan fabric). 

Produksi pesawat ini dimulai pada tahun 1935, versi awal pesawat ini memiliki dapur pacu mesin M-100 dengan daya 750hp, lalu ditingkatkan dengan mesin M-100A dengan daya 860hp. Pesawat SB-2bis menjadi versi produksi terakhir, terbang pertama kali pada bulan Oktober 1936 dan diperkuat dengan mesin M-103 dengan daya 960hp. Sekitar 6.650 unit SB diproduksi sebelum produksinya dinyatakan berakhir pada penghujung tahun 1940.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Tupolev SB memperkuat pasukan Republik pada saat Perang Saudara Spanyol berkecamuk. Pada saat pertempuran tersebut, beberapa negara telah menjadikan Spanyol sebagai tempat uji coba bagi persenjataannya, dan memasok persenjataan  secara gratis (bahkan juga kru-nya) bagi pihak-pihak yang bertempur. Berbeda dengan negara-negara yang terlibat, Rusia bertindak sebaliknya, yaitu meminta penggantian biaya sebelum pesawat miliknya terlibat dalam perang ini. 

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Tupolev SB juga beraksi pada saat Nomonhan Incident, yaitu perang perbatasan melawan balatentara Kekaisaran Jepang di Mongolia pada tahun 1939. Pesawat ini juga digunakan untuk menghadapi pasukan Finlandia pada saat Rusia menginvasi Finlandia (Winter War), namun pada front tersebut terbukti bahwa pesawat ini telah ketinggalan jaman dan babak-belur pada saat harus menghadapi gempuran pesawat tempur Finlandia yang manuvernya lebih lincah.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Pada saat dimulainya Operasi Barbarosa, invasi Jerman ke wilayah kekuasaan Rusia pada bulan Juni 1941, 71 dari 82 Bomber Air Regiment mengoperasikan pesawat pembom ini. Banyak dari pesawat ini yang ditembak jatuh oleh pesawat tempur Luftwaffe saat melaksanakan misi pengeboman tanpa dikawal.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1))

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Pembom SB menjadi pesawat pembom utama Rusia sampai di non aktifkan pada tahun 1943, sebelum itu masih dioperasikan, tetapi khusus hanya malam hari saja.

Cekoslovakia mengimpor pesawat pembom SB dalam jumlah besar dan diproduksi secara lisensi sebagai B-71. Selain itu Tupolev juga memproduksi pesawat ini dalam varian angkut penumpang untuk Aeroflot, beregistrasi PS-40.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi pesawat Pembom Ringan / Light Bomber – Tupolev SB - 2bis


Asal Negara: Rusia/Uni Soviet
Terbang Perdana: 25 April 1934  
Kru: 3 orang  
Bobot: 4.768 kg (Kosong), MTOW: 7.880 kg

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Tupolev SB
militerbanget.blogspot.com

Dimensi 

Panjang Pesawat: 12,57 m 
Bentangan sayap: 20,33 m
Tinggi: 3.25 m
Wing Area: 56.7m2

Persenjataan 

6 X Senapan mesin kaliber 7.62mm.
Bom sampai dengan 600kg

Mesin: 

2 X 960hp M-103 piston engine

Performa

Kecepatan maksimum: 450 km/jam
Ketinggian maksimum: 7.800 m
Kecepatan menanjak: 400 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 2.300 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber – Tupolev SB, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa Sumber Lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar