Kamis, 21 November 2024

Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kesembilan)


Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 21 November 2024

Pesawat transport medium ini memang sangat unik dan juga istimewa. Selain dari rancang bangun alias bentuk yang "tak biasa" dan tidak konservatif seperti pesawat sejenis pada umumnya, pesawat ini juga memiliki performa yang cukup baik, apalagi untuk urusan lepas landas dan juga mendarat dalam jarak yang cukup pendek, maka pesawat ini tergolong jempolan. Diciptakan di masa dimana Uni Soviet masih berjaya, pesawat ini menjadi salah satu alutsista andalan militer Uni Soviet pada saat itu. Dan kini, setelah Uni Soviet tak lagi eksis, pesawat ini masih banyak yang operasional, terutama di Rusia dan negara-negara eks Uni Soviet. Supaya artikel ini dapat mudah untuk dimengerti, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kedelapan)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

An-74TK-200S

Versi ambulans udara dari An-74T-200.

An-74-200D (An-74D)

Versi transportasi VIP/eksekutif dari An-74T-200. Sebutan lain yang terkait dengan peran VIP termasuk "An-74-100P", "An-74VIP", dan "An-74BK", tampaknya dengan variasi dalam perlengkapan.

Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Tidak jelas berapa banyak pesawat An-72 dan An-74 yang telah diproduksi, perkiraannya bervariasi dari sekitar 160 hingga 250 unit. Semua pesawat produksi dibuat oleh pabrik Kharkiv, kecuali sekitar 6 unit yang dirakit di pabrik di Omsk dari peralatan yang dipasok Kharkiv, sebagai bagian dari upaya untuk membuat jalur produksi duplikat yang ternyata tidak berhasil baik.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Pesawat Pembom Ringan-Tukik / Dive Bomber Curtiss SB2C Helldiver")

Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Saat ini produksi pesawat An-72 atau An-74 secara efektif telah berhenti, hubungan buruk antara Rusia dan Ukraina menjadi faktor utama. Dari seluruh unit yang diproduksi, sebagian besar masih beroperasi hingga saat ini. Tentu saja, Rusia tetap menjadi operator terbesar sejauh ini, dengan puluhan unit dioperasikan oleh pihak militer, dan sejumlah besar beroperasi dengan berbagai operator sipil; seperti yang disebutkan di atas, Penjaga Perbatasan mengoperasikan varian patroli An-72P, dan juga memiliki beberapa mesin transportasi dan VIP. Ukraina juga memiliki sejumlah an-72 dan An-74, termasuk armada kecil purwarupa dan pesawat uji coba yang disimpan di fasilitas organisasi Antonov di Kyiv. An-72 dan An-74 telah terlihat dalam jumlah kecil di negara-negara bekas Soviet lainnya dan Bulgaria juga.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Senapan Serbu / Assault Rifle CETME modelo L/LO")

Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Di tempat lain, Iran berhasil memiliki beberapa unit pesawat An-72 baru pada akhir tahun 1990-an untuk digunakan oleh Garda Revolusi, dicat dengan warna kamuflase yang mencolok, sementara Angola memperoleh sekitar 6 unit pesawat bekas untuk dinas militer. Pesawat An-72/An-74 yang dibeli atau disewa juga terkadang dapat ditemukan dalam dinas di sekitar selusin negara Afrika, Indonesia, Laos, Kolombia, Peru, dan bahkan Inggris. Beberapa pesawat yang diterbangkan dalam dinas sipil memiliki skema warna yang mencolok dan rumit. Sejak tahun 1990-an, jenis tersebut telah digunakan untuk mendukung reli jalan raya Paris-Dakar, dengan pesawat yang dicat dengan warna yang sesuai dengan mobil dan timnya.

Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Transport Medium Serbaguna Antonov - 72 (An-72)


Karakteristik umum

Kru: lima orang
Kapasitas: hingga 52 penumpang atau 10 ton kargo
Panjang: 28,07 m (92 kaki 1 inci)
Lebar sayap: 31,89 m (104 kaki 7,5 inci)
Tinggi: 8,65 m (28 kaki 4,5 inci)
Luas sayap: 98,62 m2 ( 1.062 kaki persegi)
Berat kosong: 19.050 kg (42.000 lb)
Berat kotor: 34.500 kg (76.058 lb)
Mesin: 2 × Lotarev D-36 seri 1A Turbofan, daya dorong masing-masing 63,9 kN (14.330 lbf)

Pesawat transport Medium
Medium Transport Aircraft - An-72
militerbanget.blogspot.com

Performa

Kecepatan maksimum: 700 km/jam (435 mph, 378 kn)
Jarak jelajah maksimum: 4.325 km (2.688 mil, 2.336 mil laut)

Demikianlah artikel tentang Pesawat Transport Medium/Medium Transport Aircraft - Antonov AN-72 (Bagian Kedelapan), semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan semua

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World Aircraft
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Uni_Soviet
#Ukraina
#Pesawat
#Pesawat_Transport_Medium

Tidak ada komentar:

Posting Komentar