Rabu, 21 Agustus 2019

Senapan Serbu / Assault Rifle CETME modelo L/LO


Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019

Menjadi senapan serbu pelopor tidak menjadi jaminan akan mampu bertahan selamanya. Seandainya saja ungkapan tersebut menjadi pedoman bagi para petinggi pabrikan CETME, saat ini tentu saja mereka akan mampu berbangga diri dan juga mampu berdiri dengan kepala tegak dengan rancangan asli keluaran pabrikan yang berjaya pada era 1960-an dan juga 1970-an ini. 

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Pada saat benua Eropa mengadopsi SS109 pada kontes yang diadakan pada tahun 1978, Spanyol dengan segera menerbitkan proposal untuk memproduksi senapan serbu yang selaras dengan standard yang baru ini. 

Pabrikan CETME memberikan jawaban dengan memodifikasi secara menyeluruh senapan Modelo C, dan melakukan perubahan (atau “pengecilan”) pada dimensi (terutama dimensi kamar peluru dan beberapa mekanisme lain) sehingga senapan serbu yang baru ini nantinya mampu mengadopsi proyektil kaliber 5.56x45mm standar SS109.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Ringan / Light Tank - M22 LOCUST)

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Hasil akhirnya, entah memang mengikuti alur tersebut atau tidak, malah seperti mengikuti alur yang diambil oleh pabrikan HK yang memproduksi senapan HK33. Senapan serbu yang diberi kode Modelo L oleh CETME ini tetap mengadopsi konfigurasi rolled delayed blowback, mengandalkan dua roller untuk memperlambat gerak bolt ke arah belakang yang berguna untuk menurunkan tekanan gas.

Fitur andalan lain dari senapan ini adalah, system pembidik yang terbilang rumit. Berbeda dengan senapan lain, pejera pada Mod. L dibuat dengan dua sistem tiang. Tiang yang tipis untuk mode penembakan jitu (tembakan presisi) dan tiang yang tebal untuk penggunaan yang sifatnya “reaktif” dan simple. Sementara untuk bagian lainnya, seperti popor dan juga pegangan (pistol grip) berbahan plastic, masih mendapatkan pengaruh dari Mod. C.

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Sayangnya, seperti kata pepatah, “ketika kita merasa tidak ada kesalahan, disitulah letak kesalahannya”. Ternyata, pepatah ini sangat sesuai untuk menggambarkan senapan serbu ini. Setelah beberapa saat, ternyata diketemukan banyak masalah pada senapan Mod. L, baik dari segi design maupun komponen lainnya. 

Dimulai dari depan, handguard pada Mod. L yang berbentuk “agak’ kotak ternyata dihinggapi masalah panas yang berlebih, karena handguard ini ternyata tidak memiliki ventilasi yang cukup untuk membuang panas dari laras. Dan dari segi alat pembidik, tiang pejera yang tipis seringkali bengkok atau bahkan patah apabila terkena benturan, dan ini tentu saja merupakan cacat yang tergolong fatal.

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Untuk mengatasinya, pabrikan CETME lalu merancang ulang handguard dengan bentuk mirip handguard FN FNC. Untuk sementara, langkah tersebut mampu mengatasi masalah pada hanguard, namun masalah yang menghinggapi pejera ternyata tak bisa ditemukan solusi yang memadai. 

Dan masalah lain ternyata juga menghantui senapan serbu ini. Peluru SS109 produksi pabrik lokal “INI” ternyata spesifikasinya tergolong “radikal”. Peluru ini ternyata memiliki tekanan yang jauh lebih besar dari standar NATO, belum lagi bubuk mesiu yang digunakan tergolong kotor sehingga meningkatkan tumpukan residu pada laras dan kamar peluru. Efeknya mudah ditebak, ketika laras dan kamar peluru menjadi cepat kotor, suhu laras akan lebih cepat naik pada saat penembakan, dan efeknya, tingkat akurasi dan juga keandalan semakin menurun.

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Tekanan mesiu yang besar juga sering mengakibatkan selongsong peluru menjadi “bengkak”, yang efeknya proses ekstraksi selongsong dari kamar peluru setelah penembakan menjadi bermasalah, alias macet. Untuk mengatasi hal ini, senapan ditambahkan fitur serukan memanjang pada kamar peluru (fluted chamber) agar ada sisa ruang atau meminimalisir kemungkinan selongsong yang membengkak menciptakan ruang hampa.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Training Airplane / Pesawat Latih Jet - MB-339)

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Walaupun beberapa langkah perbaikan telah diambil, namun cacat tersebut sudah terlanjur tersemat pada senapan ini. Senapan yang dikembangkan dalam varian L, LC, (karabin), dan LV (Visor atau tembak jitu) sudah terlanjur menyandang image buruk, sehingga pasar “ogah” membeli senapan ini. Lagi-lagi seperti kata pepatah, “sudah jatuh, tertimpa tangga”, senapan ini sudah kemunculannya terbilang “terlambat”, kualitasnya juga mengecewakan. Akibatnya, senapan yang diadopsi oleh militer Spanyol pada tahun 1982, tak pernah laku terjual keluar dari negaranya.                          

Senapan Serbu
CETME modelo L/LO
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Serbu / Assault Rifle CETME modelo L/LO


Asal negara: Spanyol
Pabrik: Centro de Estudios Tecnicos de Materiales Especiales
Tahun operasional: 1982 
Kaliber: 5.56 x 45mm
Sistem operasi: Roller delayed blowback
Panjang keseluruhan:  925mm (untuk Mod. L) 

Panjang Laras: 
400mm (untuk Mod. L)
320mm (Untuk Mod. LC)

Bobot kosong: 3,40 kg 
Vo meninggalkan laras: - m/s
Jarak tembak efektif: - m
Rate of Fire: 600-750 ppm
Kapasitas magasen: 30 peluru
Harga : - US$

Versi Wikipedia

Jenis: Senapan Serbu
Negara asal: Spanyol
Riwayat operasional
Dalam pelayanan: 1987–1999
Digunakan oleh: Spanyol 

Sejarah produksi

Perancang: CETME
Dirancang: tahun 1981
Pabrikan: CETME
Diproduksi: 1986-1991
Varian: Model LC, Model LV

Spesifikasi

Bobot: 3,4 kg (7,50 lb) (Model L)
3,55 kg (7,8 lb)
Panjang: 
925 mm (36,4 in) (Model L)
Popor terentang: 860 mm (33,9 in.)
Popor terlipat: 665 mm (26,2 in.) (Model LC)
Panjang laras: 
400 mm (15,7 in) (Model L)
320 mm (12,6 in) (Model LC)
Kaliber peluru: 5.56 × 45mm NATO

Mekanisme: Roller-delayed blowback

Laju penembakan: 
600-750 tembakan / mnt (Model L)
650–800 putaran / mnt (Model LC)

Kecepatan laras: 
875 m / s (2.871 kaki / s) (Model L)
832 m / s (2,729.7 kaki / s) (Model LC)

Jarak bidik efektif: 200-400 m
Jarak tembak efektif: 400 m
Sistem pasokan amunisi: Magasen lepas STANAG 12, 20, 30 peluru

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu / Assault Rifle CETME modelo L/LO, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Military-Today.com
Wikipedia 

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar