Kamis, 22 Agustus 2019

Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Avro Anson


Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019

Pesawat racikan Inggris ini bermula dari pesawat penumpang ringan Avro 652 yang digunakan oleh Imperial Airways pada Maret 1935. Avro 652 dibuat untuk memenuhi keinginan Imperial Airways yang menginginkan suatu pesawat yang dapat mengangkut empat orang penumpang dengan jarak tempuh maksimum sejauh 675 km dan memiliki kecepatan jelajah lebih dari 209 km/jam.

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Roy Chadwick yang nantinya membangun Avro Lancaster dan tahap awal rancangan pesawat Vulcan, memimpin tim design untuk memproduksi pesawat yang tergolong sangat inovatif pada masa itu.

Avro 652 segera dibuat versi militernya untuk memenuhi kebutuhan Air Ministry, dengan implementasi militernya adalah pesawat pengintai bermesin dua. 

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Anson ini berbeda dengan versi sipil pendahulunya. Mesin yang digunakan berbeda, bentuk jendela diubah menjadi kotak (pada versi sipilnya, bentuk jendelanya bulat), dan memiliki persenjataan defensif berupa turet hand operated dorsal Armstrong Withworth yang dipersenjatai dengan senapan mesin lewis kaliber 7,7mm. Saat uji perbandingan untuk memenuhi permintaan RAF, Anson mengalahkan de Havilland Dragon Rapide versi militer. Jarak dan lama terbangnya membuat kagum Air Ministry sehingga pesawat ini dipesan dalam jumlah yang cukup besar.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Training Airplane / Pesawat Latih Jet - MB-339)

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Anson merupakan langkah maju yang penting bagi RAF, karena memiliki spesifikasi yang cukup modern pada waktu itu, seperti bersayap tunggal, dan memiliki roda pendaratan yang dapat dilipat. Walaupun sistemnya masih manual atau dengan tangan, namun ini adalah terobosan baru, serta pesawat pertama yang dioperasikan oleh RAF dengan konfigurasi ini.

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa pertama terbang pertama kali pada tahun 1935 dan Squadron Coastal Command di Manston menjadi kesatuan pertama yang mengoperasikan pesawat Anson. Dari tahun 1936 sampai meletusnya Perang Dunia ke II, Anson bertugas di squadron garis depan RAF Coastal Command, menjalankan tugas pengintaian dan tugas Search and Rescue (SAR).

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Saat perang pecah September 1939, RAF memiliki 760 unit Anson Mk I, memperkuat 10 Coastal dan 16 Bomber Command Squadron, digunakan sebagai pesawat sementara sebelum pesawat Armstrong Whitworth Whitley, Lokcheed Hudson, dan Handley Hampden datang memperkuat matra tersebut.Pesawat Anson menjadi pesawat andalan pertahanan Inggris pada fase awal Perang Dunia ke II. Pada tanggal 5 September 1939, satu unit Anson dari Squadron No. 500 melaksanakan serangan terhadap kapal selam Jerman. 

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Pada Juni 1940, tiga unit Anson diserang di atas selat Inggris oleh tiga Messerchmitt Bf 109 milik Luftwaffe, yang mana dua Anson berhasil dijatuhkan, serta merusakkan yang tersisa. Karena peristiwa tersebut, Anson mendapat julukan “Faithful Anne” dan segera dialihtugaskan untuk peran pesawat angkut ringan, atau pesawat latih. Walaupun ada beberapa unit yang dipertahankan dan tetap dipakai Coastal Command untuk tugas SAR saat perang. 

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Commonwealth Air Training Plan pada tahun 1939 menggunakan Anson untuk melatih hampir seluruh kru navigator, penembak, operator radio nirkabel dari negara Inggris dan Pesemakmuran. Versi latih serbaguna Anson memiliki dual control dan trailing edge flap termasuk roda pendarat yang bisa dilipat ke dalam menggunakan tenaga hidroulik.

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Saat produksi dihentikan pada tahun 1952, Avro telah memproduksi lebih dari 8.000 unit Anson di Inggris dan 2.882 unit di Kanada.

Pesawat ini menjadi salah satu pesawat Inggris yang paling lama diproduksi. Sebagai tambahan, selain RAF, Anson dioperasikan oleh 12 angkatan udara negara lain termasuk Australia, Belgia, Estonia, Finlandia, Mesir, dan Amerika Serikat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun SIMA-CEFAR MGP-84)

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Pasca perang, versi akhir Anson dipakai untuk tugas transport cargo, dan pada Maret 1956 Avro Anson merayakan 20 tahun beroperasi di RAF, mengalahkan rekor pesawat sayap ganda Avro 504 buatan pabrik yang sama. Avro resmi di nonaktifkan dari RAF pada tanggal 28 Juni 1968, enam unit Anson terakhir milik Southern Communication Squadron ditarik dari penugasan, sehingga membukukan rekor 32 tahun mengabdi di RAF

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Varian


Anson Mk.I

Produksi sebanyak 6.688 unit. Merupakan varian yang paling banyak diproduksi. 3.935 diproduksi di Woodford dan sisanya di Yeadon. Mk I didukung oleh dua mesin radial Armstrong Siddeley IX. Pesawat ini dilengkapi dengan dua senapan mesin - satu senapan mesin Vickers di hidung arah tembakan fix ke depan dan satu senapan mesin Lewis di turret punggung. Pesawat ini mampu membawa dua bom 100lb (sekitar 45 kologram) di bawah bagian tengah sayap dan delapan bom 20lb (sekitar 9 kilogram) di bawah sayap.

Anson Mk.II

1.822 Tipe pertama yang diproduksi seluruhnya di Kanada. Pesawat ini menggunakan mesin Jacobs L-6MB dan dilengkapi dengan flap dan roda pendarat yang dioperasikan secara hidraulik. Sebagian besar sama dengan di Mk I, selain hidung, yang terbuat dari kayu lapis yang dicetak.

Anson Mk.III & Mk.IV

Diproduksi sebanyak 233 unit. The Mk III dan Mk IV keduanya muncul sebelum Mk II. Diproduksi untuk Rencana Pelatihan Udara Commonwealth Inggris, menggabungkan pesawat dari Inggris dengan mesin yang dipasang di Kanada. Didukung oleh mesin Jacobs L-6MB.
Mk IV menggabungkan badan pesawat buatan Inggris dengan dua mesin Wright Whirlwind R-975-E3.

Anso Mk.V

Diproduksi sebanyak 1.050 unit. Pengembangan Canadian Mk II dengan badan pesawat monocoque diproduksi dari kayu lokal. Jendela kotak dari model sebelumnya digantikan oleh lubang intai berbentuk melingkar. Didukung oleh dua mesin 450hp Pratt & Whitney R-985-AN-12B. Akomodasi untuk lima peserta pelatihan.

Anson Mk.X

Diproduksi sebanyak 104 unit. The Mk X adalah versi transportasi dari Anson, diproduksi di Inggris. Itu diberi lantai kabin yang diperkuat. Berbeda dengan model yang diproduksi Kanada itu mempertahankan pendaratan dioperasikan secara manual dari Mk I. 103 Mk Xs diproduksi di Yeadon.

Anson Mk.XI & Anson Mk.XII

Anson Mk.XI
91 dibangun
Anson Mk.XII
Diproduksi sebanyak 254 unit. Versi Inggris pertama yang dilengkapi dengan flap dan roda pendarat yang dioperasikan secara hidraulik, ditambah garis atap yang ditinggikan, dirancang untuk meningkatkan ruang kepala penumpang. Mk XI ditenagai oleh mesin Cheetah XIX 395hp sedangkan Mk XII menggunakan Cheetah XV 420hp. Terlambat produksi Mk XIIs diberi sayap metal di bawah penunjukan Mk XII Seri 2

Anson Mk.18

Diproduksi sebanyak 25 unit. The Anson Mk 18 adalah versi C.19 yang diperintahkan untuk Angkatan Udara Royal Afghanistan, dilengkapi untuk tugas polisi. 12 pesawat dibangun untuk Afghanistan dan sisanya untuk India.

Anson Mk.C19

Diproduksi sebanyak 264 unit Dikembangkan untuk layanan sipil sebagai Avro 19, berdasarkan Mk XI tetapi dengan lima jendela oval di setiap sisi badan pesawat dan interior berperabot lengkap. Ia memasuki layanan RAF sebagai Anson Mk C.19. 20 pesawat awalnya Mk XII tetapi dikonversi ke C19 selama produksi.

Anson Mk.T20

Diproduksi sebanyak 60 unit. The T.20 adalah pengembangan pasca perang Anson, dibangun sebagai pesawat pelatihan untuk Rhodesia Selatan.
Anson Mk.T21
Diproduksi sebanyak 252 unit. Ditujukan untuk pelatihan navigasi yang diproduksi untuk Flying Training Command. T.21 adalah Anson terakhir yang harus diselesaikan.

Anson Mk.T22

Diproduksi sebanyak 54 unit
Varian terakhir – untuk pelatih radio.

Anson 18

Diproduksi sebanyak 12 unit. Dikembangkan dari Avro Nineteen untuk Angkatan Udara Royal Afghanistan sebagai komunikasi, patroli polisi dan pesawat survei.

Anson 18C

Diproduksi sebanyak 13 unit untuk Pemerintah India sebagai Pelatih Awak Udara Sipil.

Avro Nineteen

Diproduksi sebanyak 56 unit, varian Transportasi Sipil, juga dikenal sebagai Anson XIX.

Anson AT-20

Diproduksi sebanyak 50 unit, Kanada memproduksi Anson II dengan tujuan militer AS.

Pesawat Pembom Ringan
Avro Anson
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Avro Anson Mk I


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Ringan 2 Mesin
Terbang Perdana: 24 Maret 1935  
Kru: 3 Orang
Bobot: 2.440 kg (Kosong), MTOW: 3.632 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 12,87 m 
Bentangan sayap: 17,22 m
Tinggi: 3.99 m
Wing Area: 43.01m2

Persenjataan 

1 X Senapan mesin Lewis kaliber 7,7mm di hidung dan 1 pucuk di turet dorsal
Muatan bom sampai dengan 163 kg
Mesin: 2 X Amstrong Siddeley 335hp Cheetah IX radials

Performa  

Kecepatan maksimum: 302 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 5.790 m
Kecepatan menanjak: 293 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 1.062km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Ringan / Light Bomber Avro Anson, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar