Kamis, 23 Mei 2019

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Handley Page Hampden


Pesawat Pembom Medium
Handley Page Hampden
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019

Masih bertutur tentang alutsista, kali ini yang akan kita bahas adalah tentang satu jenis pesawat pembom buatan Inggris, yang pernah berkiprah dalam Perang Dunia ke II. Pesawat ini memang tidak terlalu terdengar prestasinya, namun kehadirannya tetap menjadi salah satu faktor penentu dalam perang tersebut.

Purwarupa pesawat Handley Page Hampden, yang diberi kode H.P.52 terbang pertama kali pada bulan Juni 1936, dan setelah melalui berbagai pengujian juga banyak mengalami modifikasi dan perubahan, tipe ini memperkuat No. 5 Group RAF pada musim panas tahun 1938. Pesawat pembom medium berawak lima orang ini memiliki kecepatan terbang yang tergolong tinggi dan juga manuvernya sangat lincah sehingga pabrikan Handley Page pada awalnya memperkenalkan pesawat ini kepada RAF sebagai pesawat pembom tempur.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1))

Pesawat Pembom Medium
Handley Page Hampden
militerbanget.blogspot.com

Pada pesawat ini, pilot dapat menembakkan satu senapan mesin yang mengarah ke depan, serta tiga senapan mesin Lewis yang dioperasikan secara manual untuk sistem pertahanan diri (defensif). Sistem pertahanan diri model ini dinilai lebih baik karena dudukan senapan mesin tidak berbentuk turet besar yang dapat menimbulkan daya hambat yang berlebih seperti pada pesawat buatan Inggris yang lain. 

Fakta lain dari pesawat ini adalah, pesawat ini mampu membawa muatan bom dengan bobot yang hampir setara dengan Whitley dan Wellington yang ukurannya lebih besar, sekaligus kecepatannya hampir mendekati kecepatan pesawat pembom medium Bleinheim.

Pesawat Pembom Medium
Handley Page Hampden
militerbanget.blogspot.com

Pada awal Perang Dunia ke II. Delapan skuadron Hampden milik RAF resmi operasional penuh dan terlibat serangan melawan instalasi pangkalan laut milik Jerman di Laut Utara. Walaupun demikian, taktik formasi penyerangan siang hari ini segera mendapat hambatan yang luar biasa dari pesawat tempur bermesin tunggal milik Jerman yang cepat dan lincah, dan yang mengerikan, pesawat tempur Jerman rata-rata dilengkapi dengan persenjataan yang mematikan, efeknya, banyak pesawat pembom Hampden yang ditembak jatuh.

Melihat fakta ini, dimana banyak pesawat Hampden yang ditembak jatuh, Hampden segera ditarik dari operasional sampai pesawat ini diperlengkapi dengan sistem perlindungan dan persenjataan defensif yang memadai dan lebih baik.

Pesawat Pembom Medium
Handley Page Hampden
militerbanget.blogspot.com

Keputusan terakhir dari RAF Bomber Command adalah mengerahkan Hampden khusus untuk misi pemboman malam hari yang tentu saja dapat meminimalisir kerugian jatuhnya pesawat ini akibat ditembak musuh, dan tentu saja, menyelamatkan kru atau awak yang sangat berharga.


Pesawat ini diberi julukan “Flying Suitcase” (koper terbang) karena posisi kru yang terkungkung di dalam badan pesawat yang sangat sempit. Pesawat pembom medium Hampden memiliki karir operasional yang sukses saat dioperasikan oleh No. 5 Group, melaksanakan penyerangan pada musim panas tahun 1940 di atas Jerman, menyebar ranjau, dan menjatuhkan bom di atas pasukan Jerman di sepanjang Channel. Hampden juga terbilang sukses saat dioperasikan sebagai pesawat pembom torpedo jarak jauh oleh RAF Coastal Command sampai akhir tahun 1943.

Menurut beberapa catatan resmi, pesawat pembom medium Hampden telah diproduksi sebanyak 1.430 unit, sebelum produksinya dihentikan dan posisi pesawat ini digantikan dengan Avro Manchester pada tahun 1941.

Pesawat Pembom Medium
Handley Page Hampden
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Handley Page Hampden Mk II


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Medium dua mesin
Terbang Perdana: 21 juni 1936
Kru: 5 orang (pilot, kopilot, navigator/bom aimer, radio operator/dorsal gunner, ventral gunner) 
Bobot: 5.348 kg (Kosong), MTOW: 8.515 kg

Dimensi

Panjang Pesawat: 16,33 m 
Bentangan sayap: 21,08 m
Tinggi: 4.55 m
Wing Area: 62.06m2

Persenjataan 

1 X Senapan mesin kaliber 7,7mm (in port side of forward fuselage)
1 X Senapan mesin kaliber 7,7mm in nose position
2 X Senapan mesin (at dorsal position)
2 X Senapan mesin (at ventral position)
Muatan bom sampai dengan 1.816 kg, 

Mesin: 2 X Bristol 1.000hp Pegasus XVIII 9 cylinder radial engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 409 km/jam
Ketinggian maksimum: 5.795 m
Kecepatan menanjak: 300 m/menit
Jarak terbang maksimum: 3.034 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Handley Page Hampden, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar