Selasa, 23 Juli 2019

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Avro Manchester


Pesawat Pembom Medium
Avro Manchester
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa 23 Juli 2019

Purwarupa dari pesawat pembom milik Inggris bermesin dua Avro 679 Manchester terbang pertama kali dari Ringway (Sekarang Bandara Internasional Manchester), diterbangkan oleh pimpinan test Pilot Avro, Sam Brown pada tanggal 25 Juli 1939. Pesawat pembom ini dirancang oleh pimpinan designer Avro, Roy Chadwick untuk menjawab proposal spesifikasi yang diterbitkan oleh Air Ministry Specification nomor P. 13/36, pembom bermesin dua tipe Rolls Royce Vulture. Handley Page juga ikut dalam kompetisi ini lewat proyek H.P.56, tetapi karena pengembangan Vulture terlalu lambat, diputuskan untuk merancang pembom bermesin empat tipe Rolls Royce Merlin V-12. Proyek ini nantinya sukses dan diberi nama Hallifax.

Walaupun pengembangan Vulture terus tertunda akibat banyak permasalahan, Chadwick masih mempercayai mesin yang baru ini. Pada bulan Januari 1940 Air Ministry memesan 1.200 unit Manchester Mk. 1 dan mulai dioperasikan oleh 5 Group Bomber Command pada bulan November 1940 untuk menggantikan pembom lama Handley Page Hampden.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank KV-2)

Badan Manchester sangat kokoh dan menjadi pembom terbaik milik Bomber Command. Pesawat ini dapat membawa bom lebih banyak dari pesawat sebelumnya, memiliki jarak terbang yang lebih jauh, dan memiliki sistem persenjataan perlindungan diri yang lebih banyak. 

Pesawat Pembom Medium
Avro Manchester
militerbanget.blogspot.com

Tetapi sayangnya, pesawat ini memiliki kekurangan yang sangat vital. Dapur pacu yang digunakan, mesin Rolls Royce Vulture yang digunakan, tidak bisa diandalkan, dan tenaga yang dihasilkan tidak bisa mencapai spesifikasi yang direncanakan. Alhasil, prosentase pesawat Manchester yang mengalami kerusakan atau jatuh, masih sangat tinggi. Tercatat, 5,8 persen loss di setiap sorti operasional dan banyak sekali kru berpengalaman yang tewas saat berlatih terbang dengan pesawat ini. Hasilnya, proyek pengembangan mesin Rolls Royce dibatalkan, dan hanya 209 unit Avro Manchester yang dikirim ke RAF. Dari jumlah tersebut, 64 unit jatuh saat beroperasi dan 12 unit saat latihan terbang. Efeknya, manchester ditarik dari garis depan dan sama sekali dilarang untuk terbang. 

Pesawat Pembom Medium
Avro Manchester
militerbanget.blogspot.com

Sejarah operasional  Avro Manchester, MK IA

Pada tanggal 5 Agustus 1940, produksi pertama Avro Manchester, L7276, dikirim ke RAF Boscombe Down untuk diuji coba sebelum operasional secara aktif. Pada bulan November 1940, Manchester secara resmi operasional dan berada dalam Skuadron RAF Bomber No. 207 yang baru direformasi. Pesawat ini dinyatakan lolos uji kelaikan terbang pada 21 Desember 1940, dan Skuadron ke 207 memiliki setidaknya 80 unit pesawat Manchester pada akhir tahun 1940. Misi pertama Manchester dilakukan pada tanggal 24-25 Februari 1941 dalam serangan di pelabuhan Prancis di Brest. Pada tanggal 13 Maret 1941, L7319 menjadi pesawat Manchester pertama yang ditembak jatuh oleh tembakan lawan.

Pada tanggal 13 April 1941, semua Manchester untuk sementara digrounded karena jumlah pesawat yang jatuh  akibat kegagalan mesin semakin meningkat. Pada tanggal 16 Juni 1941, larangan terbang untuk pesawat ini diperluas karena masalah mesin yang berkelanjutan. Ketidakandalan mesin Vulture memaksa skuadron untuk kembali menggunakan pesawat pembom usang seperti Handley Page Hampden sebagai gantinya. 

Setelah memulai kembali operasi pada bulan Agustus 1941, masalah tambahan dengan pesawat ditemui; masalah termasuk ekor bergetar berlebihan (mengakibatkan ketidakstabilan saat penerbangan termasuk ekor berpotensi patah pada saat membawa beban maksimum), kegagalan sistem hidrolik, dan kontrol bilah propeller yang salah. Produksi Manchester dihentikan pada November 1941, saat itu total 209 unit pesawat telah dioperasikan oleh RAF. Sebanyak delapan skuadron bomber dilengkapi dengan pesawat jenis ini.

Sementara modifikasi dan perbaikan dilakukan oleh Avro untuk mengatasi beberapa masalah teknis yang terus dialami oleh pesawat ini, kekuatan Komando Bomber menjadi semakin timpang. Bahkan sering sekali Bomber Command tidak dapat meningkatkan jumlah pesawat yang signifikan untuk berpartisipasi dalam misi pemboman dalam skala besar. 

Pesawat Pembom Medium
Avro Manchester
militerbanget.blogspot.com

Terlihat pada tanggal 7 November 1941, semua pembom yang dapat operasional RAF telah dikirim untuk membom Berlin, dengan kekuatan lebih dari 400 unit pembom, hanya 15 unit Manchester yang ikut berpartisipasi dalam misi pemboman tersebut. Pada tanggal 3 Maret 1942, dari hampir 200 pembom yang dikirim untuk membom sebuah pabrik Renault di dekat Paris, 25 unit adalah Manchesters; sementara selama 1.000 serangan pembom pertama di Cologne pada 30 Mei 1942, hanya 35 unit Manchesters di antara 1.047 pembom yang dikirim untuk menyerang kota. 

Mk III Manchester (nomor seri BT308) yang pertama kali terbang pada tanggal 9 Januari 1941, pada dasarnya adalah Lancaster pertama, menampilkan sayap yang lebih panjang yang dilengkapi dengan empat mesin Rolls-Royce Merlin di nacelles unit-kekuatan yang baru - yang awalnya dikembangkan oleh Rolls-Royce untuk Beaufighter II bertenaga Merlin - meskipun pada awalnya mempertahankan tiga sirip dan kemudi tempel kembar (sirip tengah tidak memiliki permukaan kendali bergerak) dari Manchester I. BT308 menerima nama "Lancaster" segera setelah penerbangan pertamanya. Purwarupa kedua Lancaster DG595 menampilkan sirip kembar, pembesaran dan kemudi dari Manchester IA. Produksi Manchester berlanjut sampai November tahun itu tetapi beberapa pesawat yang masih dalam produksi malah diselesaikan sebagai Lancaster.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Transport Berat Jet / Heavy Transport Antonov AN-225 Mriya)

Total ada 193 unit Manchesters yang operasional dan menjalani 1.269 misi pengintai dengan Bomber Command, menjatuhkan sekitar 1.826 ton (1.657 ton) bom dan kehilangan 78 pesawat dalam misi tersebut. 45 unit lainnya jatuh akibat sebab-sebab teknis. Pesawat Manchester ditarik dari operasi pada pertengahan tahun 1942 demi pesawat yang lebih dapat diandalkan. Peran terakhirnya dalam layanan RAF adalah sebagai pelatih instruksional untuk mengubah awak kapal menjadi pembom Lancaster RAF yang baru; Manchester dan Lancaster berbagi posisi kru dan pesawat yang hampir identik. Jenis ini tetap digunakan untuk tujuan pelatihan hingga tahun 1943 sebelum dipensiunkan sepenuhnya.

Misi tempur terakhir yang dijalani oleh pesawat ini adalah penyerangan terhadap Bremen (Jerman) pada malam hari tanggal 25-26 Juni 1942 dengan hasil yang sangat mengecewakan.

Pesawat Pembom Medium
Avro Manchester
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Avro Manchester Mk I


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom medium 2 Mesin
Terbang Perdana: 25 Juli 1939  
Kru: 7 Orang
Bobot: 13.362 kg (Kosong), MTOW : 25.424 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 21,34 m 
Bentangan sayap: 27,46 m
Tinggi: 5.94 m
Wing Area: 105.63m2

Persenjataan 

2 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm di turet hidung
2 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm bagian atas-tengah badan
4 X senapan mesin Browning kaliber 7,7mm di turet ekor
Muatan bom sampai dengan 4.699 kg

Mesin: 2 X Rolls Royce 1760hp Vulture 24 cylinder piston engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 426 km/jam
Ketinggian maksimum: 5.795 m
Kecepatan menanjak: - m/menit
Radius maksimum: 2.623 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Avro Manchester, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar