Senin, 22 Juli 2019

Tank Tempur Ringan / Light Tank A10 Cruiser Tank Mark IIA


Tank Tempur Ringan
A10 Cruiser Tank Mark IIA
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 22 Juli 2019

Sebenarnya, tank ini dapat dikatakan sebagai versi perbaikan dari TANK TEMPUR RINGAN - A9 CRUISER TANK MARK I. Banyak fitur dari tank A10 ini yang mencomot langsung dari tank A9, karena memang perancangnya adalah orang yang sama, yaitu Sir John Carden. 

Tank ini memiliki turet dasar dan bentuk badan yang sama dengan tank A9, tetapi dua turet sekundernya dilepas. Lapisan baja pada tank ini dipertebal dengan cara memasang plat baja tambahan di luar badan dan juga di sekeliling turet. Konfigurasi ini menjadikan tank A10 menjadi tank Inggris pertama yang dibuat dengan konfigurasi model komposit seperti ini.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Izmash PP-19 Bizon)

Menurut catatan resmi, sebanyak 175 unit tank ini yang selesai diproduksi pada bulan September 1940. A10 diserahkan kepada 1st Armoured Division, dan turut bertempur di Prancis pada tahun 1940 dan front Afrika Utara pada akhir tahun 1941. Pada kedua front tersebut, tank ini terbukti tidak mencatatkan reputasi yang menggembirakan.

Sama seperti tank pendahulunya, tank ini tak memiliki peluang yang cukup untuk bertarung dengan imbang melawan tank Jerman. Selain karena kecepatannya yang rendah, tank ini juga tidak memiliki proteksi yang memadai. Akibatnya, di kedua front tersebut, tank ini banyak yang dihancurkan oleh tank-tank Jerman seperti PzKpfw III dan PzKpfw IV (apalagi kalau berhadapan dengan Panther atau Tiger, untungnya, tank ini tak sejaman dengan kedua monster baja tersebut).

Tank Tempur Ringan
A10 Cruiser Tank Mark IIA
militerbanget.blogspot.com

Evolusi dan varian

A10 Cruiser Mark II versi orisinil dipersenjatai dengan dua senapan mesinVickers kaliber .303 (7,62 mm) berpendingin cairan. Senapan mesin ini dapat diandalkan, tetapi rumit dan tidak akurat. Karena pengurangan jumlah turret dari desain Mark I, maka kapasitas angkut tank ini meningkat, lebih banyak amunisi yang dapat dibawa (3000 peluru vs 4050 di Mark II). Kodefikasi tank ini di inventori militer Inggris adalah Tank, Cruiser A10 Mk.I. Belakangan, senapan mesin Besa diadopsi untuk menjadi senjata sekunder.

Lebih ringan, lebih ringkas dan akurat, menjadi ciri dari Cruiser Mark IIA (Tank penunjukan tentara, Cruiser A10 Mk.II) yang baru, tank ini juga dilengkapi dengan fitur kompartment radio yang diproteksi dengan lapis baja.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank KV-2)

Varian utama dari jenis ini adalah Mark IIA CS (untuk close support pasukan infantry, diproduksi sebanyak 30 unit), dipersenjatai kembali dengan howitzer kaliber 3,7 in (94 mm). Senjata itu berasal dari senjata lapangan, dimaksudkan untuk memberikan perlindungan berupa tabir asap untuk pasukan infanteri. 40 amunisi asap dapat dibawa oleh tank ini, juga ada beberapa butir amunisi HE untuk menghancurkan posisi lawan yang dilindungi.

Mark II terlalu lambat untuk menjadi tank cruiser sejati. Mark III berikutnya, dengan penangguhan Christie, dinilai lebih tinggi. Namun, sasis Mark II yang kokoh dipilih sebagai dasar untuk tank Infanteri baru, Valentine, tank perang Inggris yang paling banyak diproduksi

Tank Tempur Ringan
A10 Cruiser Tank Mark IIA
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur ringan / Light Tank A10 Cruiser Tank Mark IIA


Asal Negara: Inggris
Mulai bertugas: 1940
Awak: 5 orang (komandan, pengemudi, juru tembak, pengisi amunisi (loader), juru tembak senapan mesin))

Bobot: 

13.970 kg/13,97 ton 

Dimensi  

Panjang: 5,51 m  
Tinggi: (over turret hutch) 2,59 m 
Lebar: 2,54 m

Persenjataan  

Senjata utama: 
Meriam kaliber 2pdr (setara dengan kaliber 40mm) QFSA (Quick Firing Semi Automatic) L/52 gun
Senjata sekunder: 
2 x 7.92mm Besa (one coaxial and one hull)

Armor: Maksimum 22-30mm

Mesin:  AEC Type A179 6-cylinder Petrol 111.9 kW/150 bhp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 26 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 161 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank A10 Cruiser Tank Mark IIA, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar