Rabu, 30 Mei 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Izmash PP-19 Bizon


Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 30 Mei 2018

Kembali pada artikel tentang dunia militer, artikel kali ini akan membahas satu senjata dari golongan Pistol Mitraliur atau Submachine Gun produksi dari negara Rusia. Pistol mitraliur ini memiliki rancang bangun yang sangat konvensional, lebih mirip kedalam bentuk senapan serbu ketimbang pistol mitraliur, tetapi diberi sentuhan modernitas dengan bentuk magasen yang unik.

Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Pistol mitraliur ini semula digadang-gadang akan mampu memenuhi keinginan dari para pengguna, dan semula diprediksi akan meraih sukses di pasaran. sayangnya, Angkatan Bersenjata Rusia sendiri tidak terlalu antusias terhadap pistol mitraliur ini. Minimnya antusias dari angkatan bersenjata Rusia, mengakibatkan penjualannya di luar Rusia, juga tidak terlalu menggembirakan. Alhasil, pistol mitraliur ini menjadi salah satu kandidat dalam klasifikasi "forgoten weapon", senjata yang bagus, dan handal, tetapi tak laku dan terlupakan.

Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Untuk lebih jelasnya tentang pistol mitraliur PP-19 Byzon, ada baiknya jika kita simak ulasan dibawah ini:


Rusia yang sempat kehilangan tradisi penggunaan pistol mitraliur pasca Perang Dunia ke II, akhirnya kembali mengadopsi penggunaannya  disaat Uni Soviet sudah bubar. Walaupun dimasa Perang Dunia ke II, Rusia sempat menelurkan pistol mitraliur yang fenomenal karena kehandalannya, seperti PPSh-41 dan PPS-42/43, walaupun karena kebijakan petinggi militer, kemudian menggantinya dengan AK-47 sebagai senjata organik untuk seluruh pasukan.


Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Keputusan untuk kembali mengadopsi pistol mitraliur sebagai salah satu senjata organik didasari pada pertimbangan trend pertempuran, yang tak lagi berpusat pada model pertempuran klasik atau konvensional, tetapi telah bergeser kearah pertempuran variable, dimana perang urban dan perang jarak dekat menjadi lebih dominan.


Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Atas pertimbangan tersebut, desainer Viktor Kalashnikov berduet dengan Alexey Dragunev untuk menciptakan pistol mitraliur berbasis pada senapan serbu keluarga AK-100. Dibangun dengan kesamaan komponen sebesar 60% dengan AK-100, tidak heran bila akhirnya pistol mitraliur yang dinamai Bizon ini punya kesamaan bentuk dengan senjata legendaris asal Rusia tersebut, lengkap sampai ke popor lipat model skeleton seperti AK-74S. bahkan selector pilihan penembakan juga masih mempertahankan model tuas layaknya AK-47 atau AK-74 dengan setingan OD (Odinocny/semi otomatis) di sisi paling bawah, dan AB (Avtomatichesky-full auto) di atasnya.


Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Perbedaannya adalah, pistol mitraliur Bizon dioperasikan berdasarkan prinsip blowback yang tentunya menyederhanakan jumlah komponen. Akurasi Bizon juga sangat tertolong berkat desainnya yang ditembakkan dari system closed bolt. Selain itu, sistem magasen Bizon menganut model tabung berbahan plastik, dimana peluru tersusun secara helical, sehingga menghasilkan efesiensi dan kapasitas peluru yang tinggi dalam ruang magasen yang berdimensi kecil. Jumlah peluru yang besar ini tentu sesuai dengan tujuan pembuatan Bizon, yaitu senjata yang akurat, berkecepatan tembak tinggi, dan mudah dikendalikan saat ditembakkan pada mode tembakan runtut atau otomatis. 

Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Sebagai sarana untuk memperkirakan sisa peluru dalam magasen, magasen Bizon memiliki empat lubang dilengkapi marking pada sisi kanan magasen yang menunjukkan jumlah peluru tersisa sebanyak 4,24,44, atau 64 butir.

Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Untuk memenuhi kebutuhan (alias selera) konsumen, pistol mitraliur Byzon yang diberi sapuan dengan black phosphate finish, disediakan dalam tiga varian, yaitu: 

1. Byzon-1 dengan tiang pejera (pembidik) seperti SVD Dragunov.

2. Byzon-2 degan system pisir tangent seperti AK-47/74.

3. Byzon-3 dengan model pisir diaopter seperti pada pistol mitraliur racikan blok barat, dan popor lipat design baru yang melipat ke arah atas, yang semuanya tersedia untuk ekspor. 

Pilihan muatan untuk senjata ini juga beragam, termasuk proyektil 9X19mm Para yang diperuntukkan bagi negara pembeli yang menganut standar NATO. Sayang, Bizon tidak terlalu sukses di pasaran dan penggunaannya tersalip oleh pistol mitraliur Rusia yang lebih anyar.

Pistol Mitraliur / Submachine Gun
Izmash PP-19 Bizon
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun Izmash PP-19 Bizon


Asal Negara: Rusia
Tahun: 1993

Kaliber: 

9x18mm PM
9x18mm HIPM
7.62x25mm TT

Sistem operasi: Blowback

Panjang keseluruhan: 
660mm (popor terentang)
425mm (popor terlipat)

Panjang Laras: 115mm
Bobot kosong: 2,47 kg
Vo meninggalkan laras: - fps
Jarak tembak efektif: 150 m
Rate of fire: 600-700 ppm
Kapasitas magasen: 46/64 peluru

Demikianlah artikel tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Izmash PP-19 Bizon, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar