Selasa, 28 Mei 2019

Helikopter Multiperan/Serbaguna UH-1H Iroquois “Huey” Helicopter


Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 28 Mei 2019

Banyak jenis pesawat dan helikopter yang berkiprah dalam Perang Vietnam, tetapi helikopter yang paling mampu bahkan menjadi ikon dalam perang tersebut adalah Huey. Helikopter ini menjalankan berbagai jenis peran, seperti  dukungan umum, MEDEVAC, helikopter perang, serangan udara, transportasi kargo, pencarian dan penyelamatan (SAR), peperangan elektronik, dan kemudian, serangan darat, Huey adalah “kuda beban” yang melayani banyak peran. Sebagai hasil dari Perang Vietnam, Huey telah menjadi helikopter paling dikenal di dunia. Lebih dari 16.000 Hueys diproduksi di seluruh dunia, di mana sekitar 7.000 memainkan peran di Perang Vietnam.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Penunjukan awal UH-1A (helikopter serbaguna) menyebabkan helikopter ini dijuluki, "Huey." Huey dikembangkan dari Model 201 yang merupakan helikopter Model 47 (XH-13F) yang dimodifikasi menggunakan mesin turboshaft Continental CAE XT51-T-3, menggantikan mesin piston 6-silinder 280 hp (210 kW) yang masih dalam pengembangan. Bell Model 204, yang diberi kode XH-40, yang nantinya akan menjadi "Huey" yang dirancang untuk memenuhi persyaratan yang diajukan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1952 untuk pengadaan helikopter evakuasi medis dan helikopter serbaguna. 

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Proses rancang bangun dimulai pada tahun 1955 dan helikopter ini berhasil melakukan penerbangan perdananya pada tanggal 2 Oktober 1956. Huey pertama kali digunakan oleh militer untuk diujicoba pada tahun 1959 dan pada bulan Maret 1960, Angkatan Darat memberikan Bell kontrak untuk pengadaan 100 unit helikopter. Pada tahun 1962, helikopter Huey masuk ke dalam jalur produksi massal di bawah wewenang terpadu Departemen Pertahanan dan diberi kode sebagai UH-1.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Huey adalah helikopter yang relatif sederhana, tanpa sistem kompleks atau rumit, yang terdiri dari mesin, sistem rotor, dan sebuah helikopter. Purwarupa XH-40 ini ditenagai oleh mesin dengan kekuatan 700 tenaga kuda (shp) (520 kW) Lycoming T53-L-1A engine. 14 model produksi pertama ditenagai oleh mesin yang sama, tetapi ada keluhan bahwa helikopter kurang bertenaga. Untuk produksi selanjutnya, ditingkatkan menjadi mesin dengan daya 960 shp (720 kW) T53-L-5 turun menjadi 770 shp (570 kW).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Aircraft JET MiG-21 (Fishbed) Bagian 1)

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Tenaga mesin UH-1B Lycoming T53-L-5 ditingkatkan menjadi 960 shp (720 kW) dan model-model selanjutnya ditenagai oleh mesin T53-L-11 dengan daya 1.100 shp (820 kW). Model B juga memiliki kabin yang lebih panjang yang dapat menampung delapan personel atau tiga tandu dan petugas medis. Helikopter ini juga dilengkapi dengan titik (hardpoint) untuk penempatan persenjataan. Varian UH-1B yang pertama tiba di Vietnam Selatan pada Mei 1963.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Pengembangan pada UH-1C dimulai pada tahun 1960 sebagai usaha untuk membuat helikopter yang cukup besar untuk dapat mengakomodir semua senjata yang digunakan saat itu, atau yang masih dalam pengembangan. UH-1D Hueys dapat dipersenjatai dengan senapan mesin otomatis (senjata yang diletakkan di pintu) M60D, quad M60C pada subsistem persenjataan pesawat M6, meriam kaliber 20mm, peluncur roket kaliber 2,75 inci, pelontar granat kaliber 40mm dalam helikopter chin-turret helikopter M5, dan hingga enam AGM-22B standard NATO (sebelumnya merupakan rudal anti-tank berpandu SS-11B pada peluncur rudal berpemandu M11 atau M22. UH-1D juga dapat dipersenjatai dengan senapan mesin M60D kaliber 7.62mm atau senapan mesin berat M213 kaliber .50 pintle-mount doorgun pada subsistem persenjataan M59.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

UH-1C ditenagai oleh mesin T53-L-11 yang sama dengan yang digunakan pada model akhir UH-1B. Sistem rotor baru dikembangkan untuk meningkatkan kecepatan dan juga untuk meningkatkan kemampuan manuver. Boom ekor diperpanjang dengan sirip akor yang lebih lebar dan elevator tersinkronisasi yang lebih besar. Sistem hidrolik juga diperkenalkan untuk tujuan redundansi dan sistem filter saluran masuk engine ditingkatkan untuk mampu beradaptasi dengan kondisi berdebu. Kapasitas bahan bakar ditingkatkan menjadi 242 galon (920 liter) dan berat kotor meningkat menjadi 9.500 lb (4.310 kg).

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

UH-1D didasarkan pada Bell's komersial Model 405. Varian ini dihela oleh mesin T53-L-11 yang sama dengan UH-1C dan memiliki kabin yang lebih besar yang dapat menampung awak dua belas atau enam tandu. Purwarupa YUH-1D pertama kali terbang pada Agustus 1961 dan model produksi mulai dikirim ke Angkatan Darat Amerika Serikat pada Agustus 1963.

UH-1E adalah model B yang dimodifikasi yang dibuat untuk Korps Marinir Amerika Serikat (USMC). 

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Perubahan utama adalah material tahan korosi diterapkan pada seluruh bagian yang vital, radio yang kompatibel dengan frekuensi USMC, rotor-rem untuk penggunaan kapal dan hoist penyelamat yang dipasang di atap. Model pertama ditenagai dengan mesin Lycoming T53-L-11 1.100 shp (820 kW) dan model-model selanjutnya ditingkatkan menjadi 1.400 shp (1.000 kW) Lycoming T53-L-13 engine.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

UH-1F adalah versi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat yang ditenagai oleh mesin turboshaft T58 General Electric 1.250 hp (932 kW). USAF memiliki persediaan besar dari mesin-mesin ini untuk helikopter Sikorsky HH-3 Jolly Green Giant-nya dan ingin membakukan mesin untuk kedua helikopter. UH-1F memiliki kabin yang lebih pendek daripada model B, tetapi boom ekor lebih panjang, rotor, dan transmisi UH-1D. Satu-satunya perbedaan eksternal adalah knalpot mesin keluar ke kanan, bukan buritan seperti pada Hueys didukung oleh T53s.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Model 205, UH-1H, adalah versi peregangan (strecth)dari UH-1B dan dapat menampung hingga 15 penumpang atau enam tandu dan seorang petugas medis. Pintu geser pada model sebelumnya diganti dengan pintu yang lebih besar dengan dua jendela. Pintu-pintu dapat dengan mudah dilepas dalam konfigurasi "pintu mati". Rotor asli adalah 44 kaki (13,4 m) dan ditingkatkan menjadi 48 kaki (14,6) dengan akord yang lebih lebar 21 in (53 cm). 

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Ekor juga diperpanjang untuk mengakomodasi rotor utama yang lebih panjang. Tabung pitot dipindahkan dari hidung ke atap kokpit untuk mencegah kerusakan saat mendarat. Varian ini ditenagai oleh mesin Lycoming T53-L-9 1.100 shp (820 kW) dan pada tahun 1966 mesin ditingkatkan menjadi mesin Lycoming T53-L-13 yang memiliki daya sekitar 1.400 shp (1.000 kW). Berat kotor tetap pada 9.500 lb (4.310 kg).

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Bell Model 212, UH-1N Twin Huey pertama kali dipesan oleh Pasukan Kanada dan melakukan penerbangan perdananya pada bulan April 1969. Varian ini memiliki kapasitas untuk empat belas penumpang dan satu pilot. Varian ini menggunakan mesin PT6T-3 / T400 Turbo Twin Pac yang terdiri dari dua mesin turboshaft Kanada PT6 Pratt & Whitney Canada. Twin Pac menghasilkan 1.800 shp (1.342 kW) dan 900 shp (671 kW) pada satu mesin selama 30 menit dengan beban penuh.

Komponen paling khas dari rotor Huey adalah "Stabilisasi Bar" giroskopik di atas rotor utama. Batang penstabil adalah unit berbobot yang dipasang di rotor utama. Komponen ini memberikan aksi peredam untuk memberikan ukuran stabilitas. USMC memodifikasi sejumlah besar UH-1Ns mereka dengan Stability Control Augmentation System (SCAS) yang memberikan input servo ke kepala rotor untuk membantu menstabilkan helikopter selama penerbangan. Modifikasi ini menggantikan "Stabilisasi Bar" giroskopik di atas kepala rotor utama dengan sistem komputer untuk stabilitas.

Hueys terakhir diproduksi pada tahun 1976 dan memberikan pengabdian yang luar biasa bagi Angkatan Darat Amerika Serikat selama hampir tiga puluh tahun. Akhirnya pensiun, posisinya digantikan oleh Sikorsky UH-60 Blackhawk.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan


Persenjataan utama: 

Persenjataan yang khas dari helikopter ini adalah dua senapan mesin M-60D pada dudukan tetap di pintu yang diawaki oleh Kepala Kru (Crew Chief) di sebelah kiri dan seorang Penembak Pintu (door gunner) di sebelah kanan. M-60D adalah senjata kaliber 7,62mm standar NATO dengan kecepatan tembakan sekitar 600 hingga 700 tembakan per menit. Magasen besar di bawah M-60 mampu menampung sekitar 2.000 butir amunisi 7.62mm yang terhubung dan merupakan modifikasi lapangan khas menggantikan magasen standar yang hanya berkapasitas 500 butir.

Persenjataan Sekunder:

Setiap Crew Chief dan Door Gunner juga membawa senjata sekunder, biasanya senapan M-16 tetapi terkadang senjata lain yang bukan standar. Karena pilot tidak diberikan M-16, mereka sering membawa senjata non standar lainnya. Senjata itu digantung di kursi lapis baja mereka untuk perlindungan pribadi. Chief Crews dan Door Gunners selalu membawa granat asap berwarna, dan biasanya diletakkan di tiang kursi. Granat asap ini digunakan untuk menandai target untuk Gunships ketika menerima tembakan musuh atau untuk menandai zona pendaratan (LZ).

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Pelindung Awak

Semua awak helikopter dilengkapi dengan sistem proteksi berupa lempengan besi. Jika Ketua Kru atau Penembak Pintu memilih untuk tidak memakainya, pelindung ini sering disimpan di bawah kursinya untuk perlindungan dari tembakan senjata musuh dari bawah.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Kru

Di Vietnam, UH-1 memiliki empat kru: Komandan Pesawat (A / C), Co-pilot atau "Peter Pilot," Kepala Kru (C / E) dan Door Gunner.

Komandan Pesawat, seperti namanya, berada di komando helikopter setiap saat dalam misi. Co-pilot membantu Komandan Pesawat di udara dan menerbangkan pesawat sesuai kebutuhan. 

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Kebanyakan pilot memulai misi mereka di Vietnam sebagai Co-pilot dan maju ke Komandan helikopter saat mereka mendapatkan pengalaman. Di banyak unit, Komandan helikopter dan Kepala Kru ditugaskan pada helikopter tertentu dan pilot bersama umumnya diputar di antara unit helikopter yang ada pada squadron tersebut. Selain itu, Kepala Kru adalah satu-satunya anggota kru yang secara pribadi bertanggung jawab untuk memelihara helikopternya. Chief Crew dan Door Gunner-nya akan bekerja berjam-jam sebelum dan sesudah setiap misi memelihara helikopter mereka. Selain membantu Kepala Kru di darat, Door Gunner juga membantu memuat dan menurunkan pesawat dan mengawaki senapan pintu kanan saat terbang. Seperti dengan Co-pilot, mereka biasanya berputar di antara unit helikopter.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Senapan Serbu Semi Otomatis / Semi Automatic Rifle M1 GARRAND (BAGIAN 1))

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Misi dan kapasitas muatan

Misi utama The Huey slick adalah membawa infantri ke dalam pertempuran, yang biasa disebut "serangan tempur" yang melibatkan "paket" hingga 8 atau 10 slick yang membawa infantri, didukung oleh dua atau tiga kapal tempur dan dipantau oleh Command and Control slick (Charlie) / Charlie) mengorbit di atas kepala. Selama serangan tempur, tergantung pada ketinggian kerapatan dan kekuatan pesawat tertentu, UH-1 dapat membawa 6 hingga 8 prajurit infanteri Amerika atau 10 atau lebih Vietnam (karena ukuran dan beratnya yang lebih kecil). Misi lain termasuk memasok personel pengganti, makanan, air, amunisi, dan keperluan untuk unit-unit infantri di lapangan atau di pangkalan-pangkalan depan. Kwik juga sering digunakan sebagai helikopter Medevac, mengangkut tentara yang terluka ke tempat yang aman dan berobat.

Helikopter Multiperan
UH-1 Iroquois "Huey"
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helikopter Multiperan/Serbaguna UH-1D Iroquois “Huey” Helicopter


Karakteristik umum

Kru: 1-4 orang (tergantung pada fungsi dan misi)
Kapasitas: 14 tentara, atau 6 tandu, atau kargo

Dimensi

Panjang: 57 ft 1 in (17,40 m) dengan rotor
Lebar: 8 kaki 7 (2,62 m) (Pesawat)
Tinggi: 14 ft 5 in (4,39 m)
Berat kosong: 5.215 lbs (2.365 kg)
Berat kotor: 9.040 lbs (4.100 kg)
Max berat lepas landas: 9.500 lbs (4.309 kg)
Mesin: 1 × Lycoming T53 -L-11 turboshaft, 1.100 shp (820 kW)
Diameter rotor utama: 48 ft 0 in (14,63 m)

Performa

Kecepatan maksimum: 135 mph (217 km / h, 117 kn)
Kecepatan jelajah: 125 mph (109 kn, 201 km / h)
Jarak terbang maksimum: 315 mil (274 nm, 507 km)
Ketinggian operasional: 19.390 ft (5.910 m) (Tergantung pada faktor-faktor lingkungan seperti berat helikopter, suhu di luar, dll.)

Kecepatan menanjak: 1.755 ft/min (8.92 m/s)
Rasio Daya/massa: 0,15 hp/lb (0,25 kW/kg)

Persenjataan

Variabel, tetapi mungkin termasuk kombinasi dari:

2 x Senapan mesin kaliber 7,62mm M60, atau 2 senapan mesin kaliber 7,62mm GAU-17 / A (Minigun)

2 x 7-tabung atau 19-tabung roket 2,75 in (70 mm)

2 x 7,62 mm Rheinmetall Mg3 (pada varian yang dioperasikan oleh Angkatan Darat dan Angkatan Udara Jerman)

2 x 303 Mk II Browning (Rhodesia, senapan mesin kembar dipasang di sisi port).

Demikianlah artikel tentang Helikopter Multiperan/Serbaguna UH-1H Iroquois “Huey” Helicopter, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
1. Wikipedia
2. ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar