Rabu, 22 Mei 2019

PISTOL MITRALIUR/SUBMACHINE GUN SR-2 Veresk


Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019

Pabrikan Precision Mechanical Engineering Institute (TSNIITOCH-MASH) sebenarnya telah menyelesaikan purwarupa SR (Spetsialnaya Razrabotka atau “diIndonesiakan” sebagai Pengembangan Khusus) Veresk pada tahun 1976. Akan tetapi pihak petinggi militer Uni Soviet pada saat itu tidak tertarik dengan konsep pistol mitraliur karena bertentangan dengan doktrin militer yang dianut pada saat itu. alhasil, purwarupa pistol mitraliur ini langsung masuk ke gudang dan tidak pernah masuk ke dalam jalur produksi definitif.

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

Tetapi keadaan ini berubah 180 derajat ketika Uni Soviet pecah, Badan Keamanan Rusia (FSB) mengajukan suatu senjata organik standar yang mampu mendukung kinerja mereka yang telah berubah kharakteristiknya (dan juga berubah “front”). Melihat peluang ini, Vereskpun keluar dari “pertapaannya” lalu diperbaiki atau dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu memenuhi tuntutan tersebut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T-34/85

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

Sejumlah sentuhan modernisasi ditambahkan pada pistol mitraliur ini. Sebagian komponen dari SMG ini yang masih terbuat dari kayu kemudian disingkirkan, dan diganti dengan material yang lebih modern seperti polymer. Pada dasarnya SMG SR-2 Veresk memiliki tampilan receiver yang mirip dengan receiver senapan serbu AK-74, lengkap dengan berbagai posisi upper receiver dan rusuk-rusuk penguatnya. Bahkan untuk tuas selektornya juga dibuat dalam bentuk yang sama, walaupun ada perbedaan dalam fungsionalnya. Pada SMG SR-2, tuas tersebut ambidextrous dan memiliki fungsi yang berbeda. Tuas pada sisi kanan berfungsi sebagai pengatur mode penembakan (S-1-A), sementara tuas pada sisi kiri berfungsi sebagai pengunci bolt.

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

"Veresk" dan pelurunya diciptakan sebagai senjata yang ringkas namun kompak yang mampu mengeliminir musuh yang mengenakan rompi pelindung tubuh kelas-II Rusia (rompi kelas ini mampu menahan terjangan peluru pistol biasa, seperti Parabellum 9x19mm dan Tokarev 7,62x25mm), dan kendaraan tanpa proteksi baja (berkulit tipis), pada jarak hingga 200 meter.

Sistem pengoperasian SMG ini merupakan adaptasi langsung dari sistem penembakan SR-3 Vikhr, menggunakan radial lug dengan enam lug. Pengoperasian rotating bolt ini digerakkan dengan piston yang didorong oleh sebagian gas hasil ledakan mesiu dari proses penembakan, dan model seperti ini sangat mirip dengan piston AK-47 atau AK-74

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

Bentuk dari pistol mitraliur ini memiliki kemiripan dengan konfigurasi pistol mitraliur Uzi, dengan konfigurasi magasen yang diakomodir ke dalam pegangan yang berbentuk seperti pistol grip (gagang pistol). Kelebihan lain dari SMG ini adalah, popor SR-2 Veresk ini menerapkan model popor ayun, yang dapat dilipat ke bagian atas apabila tidak digunakan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Figter Aircraft JET-MESSERCHMITT ME-262 (Bagian 1)

Varian terakhir dari SMG ini adalah SR-2M (Modifikat/Modernisasi) yang menambahkan gagang pegangan depan dan perancangan ulang pada popor ayunnya agar tetap dapat dilipat walaupun pada sisi atas receiver ditambahkan dengan berbagai asesoris pembidik seperti collimator/ red dot sight tipe open seperti J-Point. 

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

SR-2 Veresk juga memiliki kecepatan tembakan yang tinggi, sehingga kemampuannya setara dengan PDW Barat seperti P-90 dan HK MP7A1.

Versi modifikasi SR-2M juga memiliki pegangan pistol di depan di bawah handguard, dengan tonjolan untuk melindungi tangan penembak dari semburan gas panas akibat tembakan (mirip dengan pegangan pada MP5K). Popor SR-2M tetap dapat dilipat penuh tanpa mengganggu pembidik red dot yang terpasang pada sisi atas receiver.

Pistol Mitraliur SR-2 Veresk
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi pistol Mitraliur / Submachine Gun SR-2 Veresk


Asal: Rusia
Tahun: 1976 (versi purwarupa awal, sebelum modernisasi)
Kaliber: 9x21mm SP-10/SP-11
Sistem operasi: gas operated

Panjang keseluruhan: 

603mm (popor terentang)
363mm (popor terlipat)
Panjang Laras: 172mm

Bobot kosong: 3,0 kg
Vo meninggalkan laras: 900 m/s
Jarak tembak efektif: 100 m
Rate of fire: 900 ppm
Kapasitas magasen: 20/30 peluru

Demikianlah artikel tentang PISTOL MITRALIUR/SUBMACHINE GUN SR-2 Veresk, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
2. COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar