Senin, 20 Mei 2019

Pesawat Latih/Pembom Ringan/Serang BAC Strikemaster


Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 20 Mei 2019

Pesawat racikan Inggris BAC 167 Strikemaster ini berawal dari pesawat latih awal yang berkonfigurasi mesin piston Hunting/Percival Provost yang terbang perdana pada tahun 1950. Hunting segera ditawarkan sebagai pesawat jet pengganti provost, Jet Provost, sebagai pesawat latih dasar untuk RAF. Pesawat ini masih memiliki “warisan” sayap dan ekor versi yang bermesin piston, Jet Provost memiliki konfigurasi tiga kaki roda pendarat (tricycle undercarriage), dimana doa roda utama dibawah sayap, dan satu roda pengendali di bawah hidung. Mulai dari pertengahan tahun 1950, Jet Provost ini merupakan pesawat latih dasar yang standar bagi RAF sampai pesawat ini pensiun alias dinonaktifkan pada tahun 1993, dan kemudian posisinya digantikan oleh Tucano.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Versi produksi akhir dari pesawat Jet Provost adalah Mk. 5 yang memiliki kabin dengan tekanan udara. Setelah versi Mk. 5 ini diekspor, versi ini lalu diambil alih oleh pabrikan BAC (lalu pabrikan Hunting menjadi bagian dari British Aircraft Corporation – BAC pada tahun 1961) untuk dikembangkan lagi menjadi pesawat dengan kemampuan serang, dan diberi nama baru Strikemaster. Pesawat ini masih mempertahankan konfigurasi kursi ganda, tujuannya adalah agar pesawat ini tetap mampu menjalankan fungsi awalnya sebagai pesawat latih.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - MITSUBISHI A6M ZERO)

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Pesawat Strikemaster terbang pertama kali pada bulan Oktober tahun 1967. Pesawat ini tergolong modern, dilengkapi dengan fasilitas keselamatan kursi lontar, dan pesawat ini mampu membawa muatan atau senjata maksimum seberat 1,3 ton. Persenjataan yang dapat dibawa oleh pesawat ini meliputi bom konvensional tanpa pemandu (jatuh bebas), gun pack, rocket pod, atau napalm. Selain itu dapat pula membawa pod berisi peralatan pengintaian, tangki bahan bakar cadangan, atau pod kamera.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini unggul dan disukai karena pengoperasiannya tergolong sederhana (seperti pesawat bermesin piston), memiliki manuver yang cenderung ringan, mudah dan murah dalam pengoperasiannya, dan yang utama adalah, pesawat ini memiliki kestabilan terbang seperti layaknya pesawat pembom, dan keunggulan-keunggulan tersebut yang menarik minat pembeli dari luar negeri. Apalagi, pesawat dengan dapur pacu mesin turbojet Rolls Royce ini tergolong bandel, dan memang dirancang untuk mampu beroperasi dengan baik bahkan pada landasan yang kasar dan sederhana sekalipun.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Negara-negara lain yang membeli pesawat ini adalah: Oman (seri Mk. 82 dan Mk. 82A), Singapura (seri Mk. 84), Kuwait (serie Mk. 83), Selandia Baru (Serie Mk. 88), Arab Saudi (Serie Mk. 80 dan 80A), Sudan (Serie Mk. 55), dan Yaman Selatan.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Selain sebagai pesawat latih, pesawat Strikemaster juga berperan sangat baik untuk fungsi serang darat, bantuan/pendukung tembakan bagi pasukan darat, dan juga anti gerilya. Pesawat milik Ekuador, Oman, dan Yaman Selatan sering digunakan untuk tugas serang dan bantuan tembakan. Bahkan seluruh pesawat Strikemaster yang dimiliki oleh Oman (sekitar 20 unit) seluruhnya pernah terkena tembakan musuh.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Pada periode tahun 1968 sampai dengan tahun 1977, Royal Saudi Arabia Air Force menerima 47 unit pesawat Strikemaster dalam tiga sortie pemesanan. Seluruh pesawat ini digunakan sebagai pesawat latih di King Faisal Air Academy di Riyadh sampai tahun 1997 dan menjadikan pesawat Strikemaster ini sebagai salah satu pesawat yang paling lama yang operasional dalam RSAF.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Dari 16 unit Strikemaster yang dimiliki oleh Royal New Zealand Air Force (di Selandia Baru, pesawat ini mendapat julukan “Blunty”) pada tahun 1972, penggunaannya dibatasi sampai tahun 1981 karena ternyata ditemukan retakan  (crack) pada pesawat ini, yaitu pada struktur sayap dan ekor. Penyebab crack ini utamanya karena pesawat terlalu sering digunakan atau beroperasi pada elevasi rendah, dimana tingkat turbulensinya tergolong masif, serta kerapatan udara yang lebih tinggi.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - T-34/76A)

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Ada beberapa opsi untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya adalah mengganti struktur sayap dan ekor, namun opsi ini dikesampingkan oleh RNZAF karena biayanya terlalu mahal sehingga tidak efesien (jauh lebih efesien jika menggantinya dengan pesawat baru), akhirnya seluruh Strikemaster ini dipensiunkan pada tahun 1992. Hal yang sama dialami oleh pesawat Strikemaster milik Ekuador, dan terpaksa pesawat ini dilarang terbang hingga beberapa bulan sampai ditemukan solusinya.

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Pengiriman pesawat strikemaster ini adalah ke Sudan pada tahun 19+84, total ada 146 unit pesawat yang dijual ke luar negeri, banyak dari sisa atau bekas pakai pesawat ini yang diremajakan untuk digunakan pada ranah non militer, menjadi koleksi “warbird” di Inggris, Amerika Serikat, dan Australia. 

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Latih/Pembom Ringan/Serang BAC Strikemaster


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Latih/Serang Jet
Terbang Perdana: 26 Oktober 1967
Crew: Dua orang (pilot, copilot)

Dimensi

Panjang: 33 ft 8½ in (10.27 m)
Lebar: 36 ft 10 in (11.23 m)
Tinggi: 10 ft 11½ in (3.34 m)
Luas sayap: 213.7 ft² (19.85 m²)
Airfoil: NACA 23015 (modified) at root, NACA 4412 (modified) at tip
Bobot Kosong: 6,195 lb (2,810 kg)
Loaded weight: 9,303 lb (4,219 kg) (pilot training)

Max. takeoff weight: 11,500 lb (5,215 kg)

Mesin: 1 × Rolls-Royce Viper Mk.535 turbojet, 3,140 lbf (15.2 kN)

Pesawat latih/Pembom Ringan/Serang
BAC Strikemaster
militerbanget.blogspot.com

Performa

Batas kecepatan tertinggi: 518 mph (450 knots, 834 km/h)
Kecepatan maksimum: 481 mph (418 knots, 774 km/h) at 18,000 ft (5,485 m)
Kecepatan Stall: 98 mph (85.5 knots, 158 km/h) (flaps down)
Jarak terbang maksimum: 1,382 mi (1,200 nmi, 2,224 km) (at max take-off weight)
Radius tempur: 145 mi (126 nmi, 233 km) with 3,000 lb (1,360 kg) weapons, lo-lo-lo profile
Ketinggian operasional maksimum: 40,000 ft (12,200 m)
Kecepatan menanjak: 5,250 ft/min (26.7 m/s)

Persenjataan

Senjata: 
2 × senapan mesin kaliber 7.62mm (standar NATO) dengan kapasitas 550 peluru masing-masing.
Pylon/Hardpoints: 
4 (2 per wing) with a capacity of 3,000 lb (1,364 kg) of bombs, machine gun pods, air-to-ground rocket pods, fuel drop tanks, and napalm tanks.

Demikianlah artikel tentang Pesawat Latih/Pembom Ringan/Serang BAC Strikemaster, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar