Kamis, 02 Mei 2019

Pesawat Angkut / Cargo Medium Antonov An-70


Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019

kembali pada artikel yang mengulas secara singkat tentang alutsista, yang kali akan kita ulas adalah pesawat angkut menengah produksi dari Uni Soviet (kemudian menjadi produksi dari Ukraina setelah Uni Soviet bubar). Pesawat angkut ini terlihat lebih istimewa dibandingkan dengan pesawat-pesawat sejenis dari negara blok barat. Selain dari bentuknya yang memang "gemuk", keistimewaannya adalah dari model propeller kontra yang menjadi penggeraknya. Memang, propeller kontra ini seakan menjadi trade mark bagi beberapa pesawat "bongsor" lansiran dari Uni Soviet (atau negara-negara eks Uni Soviet), namun, untuk pesawat An-70 ini, ada sedikit perbedaan, dimana bentuk maupun jumlah dari bilahnya, berbeda dengan pesawat lain. 

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Supaya tidak lagi bertele-tele, ini adalah artikel singkatnya:

Antonov An-70 adalah pesawat angkut jarak menengah generasi baru buatan Ukraina. Pengembangan pesawat angkut dengan kemampuan membawa muatan berat dan lepas landas serta mendarat pada landasan pendek ini dimulai pada awal tahun 90-an. An-70 dikembangkan bersama oleh perusahaan-perusahaan Ukraina dan Rusia. Setelah runtuhnya Uni Soviet, Biro Desain Antonov mengalami masalah keuangan yang parah (seperti halnya yang dialami oleh banyak negara eks Uni Soviet lainnya), serta banyak pabrik militer lainnya, dan proyek An-70 hampir gagal.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - Junkers Ju-52

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Meskipun mengalami berbagai kesulitan, dua unit purwarupa pesawat ini berhasil direalisasikan dan An-70 melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1994. Pesawat kargo ini dimaksudkan untuk menggantikan posisi pesawat An-12 yang telah menua. Secara umum pesawat An-70 ini mirip dalam hal kinerja dan kemampuan dengan pesawat Airbus A400M. 

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Pada suatu waktu An-70 bahkan diusulkan untuk menggantikan posisi pesawat A400M yang saat itu bermasalah. Pesawat An-70 ini juga diyakini sebagai pesaing utama untuk pesawat Rusia Il-76MF yang versi modernisasi.

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1999 selama salah satu penerbangan uji coba, An-70 bertabrakan dengan pesawat An-72, yang menyertainya. An-72 berhasil melakukan pendaratan darurat, tetapi An-70 jatuh dan hancur total. Semua anggota kru yang berada pada An-70 tewas. Investigasi yang dilakukan kemudian menemukan fakta, bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan pilot, sehingga fakta ini tidak mempengaruhi proyek yang sama buruknya dengan yang kedua. Pada tahun 2001, 20-30 detik setelah pilot lepas landas harus melakukan pendaratan darurat di luar lapangan terbang. Akibatnya pesawat itu rusak parah.

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 2002, Rusia dan Ukraina menyepakati produksi bersama pesawat kargo militer ini. Pemerintah Rusia menunjukkan minat untuk memperoleh 160 pesawat ini untuk militernya. Namun pada tahun 2006 karena masalah ekonomi dan hubungan politik yang sulit antara Rusia dan Ukraina, Rusia memutuskan untuk keluar dari proyek kerja sama ini dan fokus pada pengembangan pesawat Il-76MF dan Il-476.

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Selama beberapa tahun masa depan proyek ini tidak pasti karena kurangnya dana dan juga kurangnya pesanan dari negara lain.

Pada tahun 2008, versi yang lebih besar dan dapur pacu mesin turboprop yang baru, An-70-600, dikembangkan bersama dengan China. Hasil akhirnya adalah pesawat transportasi militer Y-20, yang kemudian diadopsi oleh angkatan udara RRC pada tahun 2016.

Pada tahun 2009, Rusia menandatangani perjanjian dengan Ukraina untuk memperbarui pengembangan An-70. Rusia dilaporkan memulai kembali pendanaan proyek ini. Direncanakan produksi akan dilakukan di pabrik pesawat terbang Kazan. Selama tahun yang sama diumumkan, bahwa 2 pesawat akan selesai di Ukraina untuk Angkatan Udara Ukraina. Pengiriman pertama diharapkan pada tahun 2011. Pesawat kedua dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2012. 

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 2015, An-70 secara resmi diadopsi oleh angkatan udara Ukraina. An-70 juga diusulkan untuk pasar NATO dan Eropa, serta operator sipil, namun tidak berhasil. Pesawat angkut militer ini gagal mendapatkan pesanan. Sudah jelas dari awal bahwa pesawat ini tidak mungkin mencapai kesuksesan yang cukup untuk mempertahankan laju produksinya.

An-70 memiliki tata letak airlifter yang khas dengan empat mesin turboprop. Ini adalah pertama kalinya, ketika sebuah pesawat kargo besar ditenagai jenis penggerak seperti itu. 

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Setiap mesin Progress D-27 memiliki baling-baling ganda kontra-berputar (seperti pada pembom strategis Tu-95 yang terkenal dan pesawat angkut berat An-22 Antei, silahkan baca artikel untuk kedua pesawat tersebut pada blog ini) dan mesin ini menghasilkan daya sebesar 14.000hp masing-masing. An-70 memiliki kelebihan pada konsumsi bahan bakar yang lebih efesien sekitar 20-30%, dibandingkan dengan pesawat turbojet modern. 

Pada tahun 2003 selama pertunjukan udara MAKS pesawat ini menarik perhatian pengunjung dengan suara yang sangat khas mesin turboprop rotor kontra (seperti Tu-95, dan juga An-22). Perancang sekaligus produsen pesawat ini menjelaskan bahwa suara yang timbul ini sebagai hasil dari bentuk baling-baling kontra dengan bentuk bilah yang tidak umum (non konvensional). 

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Namun selama uji coba penerbangan, kinerja mesin pada pesawat ini tidak pernah menjadi obyek pengujian, sehingga keandalan mesin tersebut juga tidak pernah dicatat secara resmi. Sampai tahun 2002 masing-masing dari empat mesin telah mengalami kegagalan sebanyak 22 kali.

Pesawat ini dapat dioperasikan di berbagai jenis lapangan terbang. An-70 mampu mendarat di tanah lunak dan bahkan salju. An-70 dapat beroperasi dari lapangan terbang yang tidak dilengkapi dengan baik tanpa fasilitas darat khusus. Pesawat ini juga telah diuji dan dikonfirmasi mampu melakukan lepas landas dan pendaratan pada landasan sepanjang 600 m dengan berat beban yang dikurangi.

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Pesawat kargo militer ini dimensinya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Airbus A400M, tetapi jauh lebih kecil dari Boeing C-17 Globemaster III. Cengkeraman bertekanan An-70 memiliki sistem penanganan kargo bawaan. Ruang kargonya dapat dilengkapi dengan kursi untuk 300 tentara atau rak untuk 206 liter sebagai alternatif untuk kargo, kendaraan dan bahkan helikopter. An-70 dapat mengirimkan kargo individual hingga batas bobot 20.000 kg. Pesawat angkut ini dapat mengangkut 20 ton kargo dengan jarak terbang hingga 3.000 km, dan jarak terbang maksimum dengan muatan terbatas adalah 8.000 km.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank - JS-3)

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Karena tindakan manuver militer Rusia di Ukraina dan aneksasi Krimea, proyek bersama dengan Rusia akhirnya dihentikan dan An-70 tidak pernah mencapai produksi massal. Pada 2018 purwarupa An-77 baru terungkap. Ini adalah versi yang diusulkan Ukraina dari An-70, yang direncanakan untuk menggunakan banyak komponen dari blok Barat, bukan Rusia. Dan pesawat ini juga rencananya akan menggunakan mesin turbojet dari blok Barat.

Pesawat Angkut Medium
Antonov An-70
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Angkut / Cargo Medium Antonov An-70 


Kru: 4 orang (Dua pilot, navigator dan insinyur penerbangan)

Kapasitas muatan: 

300 tentara atau 206 kasus tandu 
47,000 kg (103.620 lb) kargo

Dimensi

Panjang: 40,7 m (133 ft 6 in)
Lebar sayap: 44.06 m (144 ft 7 in)
Tinggi: 16.38 m (53 ft 9 in)
Berat kosong: 66.230 kg (146,000 lbs)
MTOW: 145.000 kg (319.670 lbs)

Mesin: 4 × Progress D-27 propfans, 10.350 kW (13.880 hp) masing-masing

Performa 

Kecepatan maksimum: 780 km/h (421 knot, 485 mph)
Kecepatan Jelajah: 750 km/h (405 knot, 466 mph)
Kecepatan Stall: 113 km/jam (61 knot, 70 mph)
Jarak jelajah maksimum: 6.600 km atau 5.000 km (3.564 nm atau 2.700 nm) dengan 20 atau 35 ton kargo
Elevasi operasional: 12.000 m (39.370 kaki)
Kecepatan menanjak: 24,9 m/s (81,7 ft/s)

Demikianlah artikel tentang Pesawat Angkut / Cargo Medium Antonov An-70, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
3. Berbagai Sumber Lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar