Jumat, 31 Mei 2019

Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Cobb FA50(T)/FA50(T) Carbine



Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 31 Mei 2019

Apa yang akan tercipta jika senapan serbu AR-15 yang sangat populer di Amerika Serikat di”terjemahkan” ke dalam wujud senapan runduk berat kaliber .50? Hasilnya adalah senapan dengan kategori Fast Action (disingkat dengan SA) 50T yang dibuat oleh pabrikan Cobb. Pabrikan ini berusaha untuk mem”familiar”kan senapan runduk berat kaliber 12.7mm ini dengan cara membuat senapan runduk kelas berat yaang memiliki profil serta kharakteristik yang mirip dengan senapan serbu AR-15 yang sudah sangat dikenal oleh warga AS. 


Pendekatan tersebut ditempuh dengan tujuan supaya senapaan runduk berat ini dapat populer dan dapat diterima oleh calon konsumen (yang otomatis meningkatkan angka penjualan). Selain fitur “kekerabatan” atau “kemiripan” tersebut, hal lain yang ditawarkan adalah kompatibilitas antar bagian juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli yang sudah memiliki senaapan serbu AR-15 maupun variannya. 

Daftar kesamaan komponen mulai dari komponen pelatuk dan pegas penahannya, selektor moda penembakan, kunci pengaman mekanisme penembakan, pin-pin pada bagian receiver, pengaman pelatuk (trigger guard), pegas penahan komponen bolt carrier (buffer spring), tombol pengunci magasen, sampai pada bagian popor yang mengadopsi senapan serbu M16A2.


Kalau kita melihat secara sepintas dari “penampakan” senapan FA(50)T, maka akan terlihat jelas persamaannya. Walaupun pada bagian magwell terdapat perbedaan yang agak mencolok, karena memang harus dirancang dengan dimensi lebih besar untuk dapat mengakomodir magasen peluru kaliber .50 yang memang berdimensi bongsor. Bagian atas dari receiver yang terbuat dari aluminium T7-7075 terlihat sedikit berbeda, dengan gagang pengokang diletakkan di sebelah kiri untuk mempermudah proses pengokangan tanpa mengurangi kontrol bidik pada senapan. 

Tetapi, walaupun sepintas senapan ini mirip dengan senapan serbu M16 yang dioperasikan dengan gas, ternyata senapan FA(50)T adalah senapan yang doperasikan dengan sistem Bolt Action, alias setiap kali menembak, senapan ini harus dikokang untuk membuang selongsong, sekaligus memasukkan peluru ke dalam mekanisme penembakan. Hanya bedanya, bolt action pada senapan FA(50)T terasa lebih ringan. Hal ini disebabkan adanya buffer spring di dalamnya. Ketika bolt sudah ditarik penuh, dan peluru dari magasen naik ke atas, bolt tinggal dilepas dan akan terlontar ke depan dengan sendirinya. 

Secara sepintas, cara mengokang seperti ini sama dengan cara mengokang senapan serbu yang umum. Bolt dari senapan FA(50)T yang terbuat dari baja 4340 sengaja dibuat dengan bagian depan yang mirip dengan bolt M16, namun dimensinya diperbesar agar mampu melontarkan peluru kaliber .50. setelah selesai ditembakkan, tempat keluarnya selongsong masih sama dengan senapan M16, ada pada sisi kanan dan dilindungi dengan tonjolan (brass deflector) dengan bentuk yang sama dengan brass deflector milik M16.


Untuk bagian larasnya, pabrikan Cobb memilih untuk memasangkan match barrel racikan Lothar Walther sepanjang 30 inchi dengan rancangan free float yang menjamin tingkat akurasi yang tinggi. Untuk urusan recoil alias tolak balik, untuk meredam efek recoil yang besar pada senapan runduk kaliber .50, senapan ini menerapkan pemakaian muzzle brake rancangan tiga tingkat, yang uniknya, justru diproduksi oleh pabrikan Armalite. Jika konsumen tak keberatan dengan efek suara ledakan yang keras, dan recoil yang besar, konsumen juga disajikan alternatif berupa laras 22 inchi dari varian FA(50)T Carbine. Satu lagi fitur unik yang dimiliki oleh senapan runduk FA(50)T, yaitu adanya selubung laras (barrel shroud) dengan lubang-lubang pembuangan panas.


Dengan tambahan fitur-fitur tersebut, selain membuat tampilan senjata ini jadi mirip dengan senapan serbu, tambahan selubung laras membuat penembak mampu memegang bagian ini tanpa takut terluka oleh panas. Selain untuk melindungi penembak, selubung panas ini juga menjadi tempat menempelnya bipod yang mengadopsi model standar milik senapan otomatis M60. Pemasangan alat bantu bidik, optik maupun red dot, diakomodasi dengan baik oleh sebaris rel Picatinny di atas receiver. Bagi yang menginginkan pemasangan optik combo, bisa membeli asesoris optional berupa rel Picatinny sepanjang 28,5 inchi yang dihargai 250 dollar.


Sentuhan terakhir adalah, pabrikan Cobb melabur FA(50)T dengan dua macam finish. Bagian yang terbuat dari baja diberi perlakuan parkerized finish, sementara komponen yang terbuat dari aluminium dicoating dengan hard coated black anodized finish yang memenuhi kualifikasi mil spec. Bila konsumen menginginkan senapan FA(50)T dengan corak kamuflase, pengguna tidak perlu mencat ulang. Pabrikan Cobb menyediakan Duracoat Finish dalam puluhan macam pola kamuflase .


Spesifikasi Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat Cobb FA50(T)/FA50(T) Carbine

Asal : Amerika Serikat
Tahun : 2006
Kaliber : .50 BMG (12.7mm)
Sistem operasi : semi Bolt Action
Panjang keseluruhan  :  1.450mm / 1.250mm 
Panjang Laras : 750/550 mm
Bobot kosong : 14,50 kg 
Vo meninggalkan laras : 830 m/s
Jarak tembak efektif : 1.000 m
Tingkat Akurasi : 1.0 MOA
Kapasitas magasen : 10 peluru
Harga : - US$

Sumber : 
COMMANDO-War Machine series, 
.50 CAL – LONG RANGE SNIPER RIFLE (“That Goes The Distance)
-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar