Kamis, 09 Mei 2019

Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran Mil Mi-14


Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 09 Mei 2019

Helikopter tipe Mi-14 (diberi kode identifikasi NATO sebagai “Haze) adalah helikopter yang dikembangkan berdasarkan kesuksesan helikopter Mil Mi-8, sebagai helikopter maritim yang digunakan di Uni Soviet, baik oleh pihak militer maupun non militer. Khusus untuk kemiliteran, helikopter ini direncanakan untuk versi anti kapal selam, helikopter anti ranjau laut, dan juga versi SAR. 

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Helikopter Mil Mi-14 ini terbang perdana pada bulan September 1969 dan setelah program pengembangan yang berkesinambungan, helikopter ini mulai operasional dalam skala penuh pada pertengahan 1970-an. Helikopter ini muncul untuk menggantikan helikopter Mil Mi-4 yang sudah menua dan secara operasional tidak lagi efesien dan efektif. Helikopter Mil Mi-14 awalnya dikonfigurasikan sebagai helikopter yang berpangkalan di darat, karena dimensi helikopter ini terlalu besar untuk dapat beroperasi di kapal induk kelas Kiev yang digunakan oleh Angkatan Laut Uni Soviet.


Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Salah satu perbedaan yang cukup signifikan antara helikopter Mi-14 dengan Mi-8 adalah bentuk profil dari body helikopter. Bentuk lambung helikopter Mi-14 dirancang degan bentuk mirip dengan lambung kapal laut sehingga cocok untuk beroperasi di perairan. Pelampung dipasang di belakang badan helikopter untuk menjaga kestabilan helikopter pada saat helikopter berada di air. Sebuah pelampung tambahan dipasang di bagian bawah ekor untuk menjaga rotor ekor agar tidak terkena air. Benda berbentuk kotak yang terpasang di bagian bawah ekor adalah scanner radar navigasi Doppler. 

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Mil Mi-14 varian Mi-14PL adalah sebuah versi helikopter anti kapal selam dan dilengkapi dengan scanner radar, sonar penyelaman, dan sebuah Magnetic Anomaly Detection (MAD) bernama APM-60 untuk mendeteksi aktifitas kapal selam musuh yang berada di kedalaman laut. Ketika alat ini tidak digunakan, komponen MAD diangkat dan ditempatkan di samping kabin utama.

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Kompartment persenjataan di lambung dapat mengakomodir OKA-2 sonobuoy yang berguna untuk membantu mendeteksi kapal selam dan dapat disinergikan dengan radar pencari. Mil Mi-14 juga dapat membawa persenjataan berupa torpedo dan bom dalam (deep charge). Pada saat perang dingin sedang berkecamuk, Uni Soviet mengembangkan persenjataan yang sangat mematikan berupa bom bawah laut dengan hulu ledak nuklir, dan senjata ini menjadi salah satu senjata andalan yang menjadi kelengkapan helikopter ini. 

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Helikopter Mil Mi-14PL juga dapat dipersenjatai dengan misil udara ke permukaan (air to surface) untuk digunakan melibas kapal musuh yang ada di permukaan. Pada saat operasional di militer Polandia, helikopter ini diberi nama Mi-14PW, dan hanya versi SAR nya saja yang tersedia untuk pasar ekspor. Untuk  varian versi helikopter ASW (Anti Submarine Warfare) yang telah ditingkatkan dan dikembangkan, adalah Mi-14PLM. Helikopter ini berbeda karena dapur pacunya diganti dengan mesin yang lebih kuat dan juga perlengkapan detektor yang lebih ditingkatkan dan juga lebih modern.

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Varian Mi-14PS adalah versi yang dikhususkan untuk fungsi SAR yang dibangun berdasarkan pada versi Mi-14PL, tetapi diberikan sentuhan modifikasi berupa pintu kabin yang dimensinya diperbesar dan dilengkapi denga fitur katrol untuk fungsi penyelamatan di laut. Tambahan lain berupa fitur lampu dengan intensitas yang kuat serta berukuran besar yang sangat berguna paada apabila proses penyelamatan harus dilakukan pada saat malam hari atau pada saat cuaca sedang buruk seperti saat berkabur dan lain-lain. Mi-14PS juga dapat membawa sepuluh perahu karet penyelamat yang masing-masing berkapasitas 20 orang. Apabila keadaan darurat, helikopter ini dapat membawa sepuluh orang di dalam helikopter dan perahu karet penyelamat diderek di belakang helikopter.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - M4 "SHERMAN")

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Untuk operasi pembersihan ranjau, Mi-14BT dimodifikasi untuk mampu menderek sebuah alat penyapu ranjau untuk membersihkan perairan dari ranjau akustik, ranjau magnetik, dan juga ranjau dengan pemicu kontak (benturan). Helikopter penyapu ranjau ini sangat berguna untuk membersihkan perairan dan memuluskan jalan bagi operasi pendaratan amphibi. Operator alat derek tersebut ditempatkan pada kursi di sebelah samping badan helikopter. Kerekannya dipasang disamping badan helikopter di dalam sebuah fairing aerodinamis. Versi Mi-14 juga dapat berfungsi untuk menebarkan ranjau dan ranjau tersebut ditempatkan di kompartmen senjata di badan helikopter.

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Sampai dengan tahun 1991, 230 unit helikopter Mil Mi-14 telah diproduksi, dan selain dipasok untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut Uni Soviet, banyak juga yang diekspor ke negara-negara Pakta Warsawa, termasuk Angkatan Laut Bulgaria, Angkatan Udara Jerman Timur, Angkatan Laut Polandia, dan Angkatan Udara Yugoslavia. Helikopter ini juga dioperasikan oleh Angkatan Laut Kuba, Angkatan Udara Etiopia, Angkatan Udara Georgia, Angkatan Udara Libya, Angkatan Udara Korea Utara, Syrian Naval Aviation, Ukrainian Naval Aviation, dan Yaman. Banyak dari helikopter ini yang juga beroperasi bersama-sama dengan pendahulunya Mil Mi-8.

Helikopter Multiperan
Multirole Helicopter Mil Mi-14
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Multirole Helicopter Helicopter / Helikopter Multi Peran Mil Mi-14


Asal Negara: Uni Soviet
Terbang Perdana: 12 Maret 1969
Awak: 4

Dimensi

Panjang: 18,38 m (60 kaki 3 in)
Diameter rotor: 21,29 m (69 kaki 10 in)
Tinggi: 6,93 m (22 kaki 9 in)
Luas Area Rotor (berputar): 356 m² (3.832 kaki²)
Berat kosong: 11.750 kg (25.900 lb)
Maks. Take Off Weight: 14.000 kg (30.865 lb)
Mesin: 2 × Klimov TV3-117MT turboshafts, masing-masing 1,454 kW (1,950 shp)

Performa

Kecepatan maksimum: 230 km / jam (124 kt)
Jarak terbang maksimum: 1.135 km (705 mi)
Ketinggian terbang operasional: 3,500 m (11,500 kaki)
Daya tahan terbang dengan bahan bakar maksimal: 4 jam 

Persenjataan:
torpedo, bom, dan muatan dalam. depth charge

Demikianlah artikel tentang Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran Mil Mi-14, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. Wikipedia
2. ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar