Kamis, 21 Februari 2019

Helikopter Transport Medium / Medium Transport Helicopter - Mi-8


Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 21 Februari 2019

Bisa jadi helikopter ini memiliki falsafah yang sangat disukai oleh banyak negara, terutama negara-negara yang mengandalkan helikopter sebagai tulang punggung mobilisasi pasukan maupun kargo.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Kuat dan bandel, mudah serta murah dalam hal operasional dan juga perawatan, dan falsafah inilah yang membuat helikopter ini memiliki jumlah populasi yang luar biasa, serta diadopsi oleh banyak negara (tercatat, lebih dari 50 negara di dunia mengoperasikan helikopter ini). Helikopter Mi-8 (kode identifikasi dari NATO “Hip”) telah diproduksi dalam jumlah yang lebih besar dari semua helikopter dari berbagai jenis, dan telah dioperasikan oleh lebih dari 50 negara di dunia. 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Lebih dari 11.000 helikopter ini telah dibuat, termasuk varian Mi-17 (yang juga dimiliki oleh Indonesia) dan telah dioperasikan dalam berbagai versi dan peran, mulai dari angkut personel, heli tempur, heli untuk Search & rescue, hingga pos komando. Sebagai perbandingan untuk jumlah produksi, Sikorski Sea Kings hanya dapat mencapai angka 1.500 unit saja, jelas kalah jauh dibandingkan dengan helikopter ini.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Pada saat helikopter ini diperlihatkan pertama kali kepada publik pada tahun 1961, banyak pengamat yang “terkejut” dengan penampilan dan performanya. Helikopter ini terlihat lebih besar dan terlihat lebih kokoh layaknya seperti helikopter buatan Blok Barat. Kemunculan helikopter ini sekaligus menghapus stigma negatif bin sinis yang saat itu berkembang, bahwa Uni Soviet hanya mampu menjiplak rancangan barat, termasuk helikopter.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Kommando LDP / Rhuzi)

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Helikopter ini semula ditujukan untuk meneruskan kesuksesan sang kakak, yaitu Mi-4. Rancangan awal dari helikopter ini semula hanyalah helikopter dengan mesin tunggal, yang kemudian terus menerus disempurnakan sehingga berevolusi menjadi Mi-8. 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Namun, baik Aeroflot (dinas penerbangan Uni Soviet) maupun pihak militer lalu mengajukan syarat untuk meningkatkan kemampuan dan performa, juga untuk masalah keamanan dengan konfigurasi dua mesin, bukan lagi mesin tunggal. Mil kemudian merubah rancangannya, dan memproduksi sebuah versi bermesin ganda dari V-8 dengan dua mesin turboshaft dipasang di atas kabin (seperti helikopter yang cukup terkenal, yang juga pernah dimiliki oleh Indonesia, Mil Mi-6). 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Pada saat uji terbang perdana, pada tanggal 17 September 1962, didapatkan hasil yang sangat menggembirakan, tetapi kesuksesan ini tak lantas menghentikan usaha peningkatan. Rancangan Mil Mi-8 terus menerus diperbaiki dan ditingkatkan sehingga Mi-8 siap untuk masuk jalur produksi pada tahun 1965.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Helikopter Mil Mi-8 hasil produksi ini lalu dioperasikan oleh Ungkatan Udara Uni Soviet untuk berbagai tugas dan peran pada tahun 1967. Dan kesuksesan secara internasional diperoleh, pada saat helikopter ini menunjukkan performanya yang sangat mengagumkan saat didemonstrasikan di event Paris Air Show tahun 1965. Setelah itu, pesanan mulai berdatangan.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Helikopter Mil Mi-8 telah dibuat dalam berbagai varian militer. Dari berbagai varian tersebut, yang paling banyak diproduksi adalah varian serang taktis yang mencapai angka produksi 9.000 unit. Versi lainnya adalah helikopter multi peran, peperangan elektronik, dan helikopter untuk patroli perbatasan dengan dilengkapi dengan berbagai instrumen sensor yang khusus untuk menunjang tugas ini. 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Khusus untuk versi tempur, helikopter ini dipersenjatai dengan senjata yang ditempatkan di bagian moncong, roket, dan rudal anti tank yang digantungkan di pylon pada sayap kecil dekat roda pendarat. Versi militer lainnya telah diproduksi dengan spesialisasi peran menyebar ranjau atau pembersihan ranjau, CASEVAC, dan pengintaian taktis, tugas fotografis, dan juga tugas spesifik untuk mencari dan evakuasi modul pesawat luar angkasa.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Helikopter Mi-8 telah diterjunkan dalam kondisi perang yang sesungguhnya, dalam lokasi yang berbeda serta kondisi alam yang spesifik di berbagai belahan dunia. Varian transport atau angkut pasukan banyak digunakan untuk memobilisasi pasukan pada banyak pertempuran yang dialami oleh pasukan infantri Uni Soviet saat misi militer di Afghanistan tahun 1979 sampai 1989. 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Menurut catatan resmi, sebanyak 40 unit Mi-8 yang ditembak jatuh oleh gerilyawan Afghanistan selama periode perang tersebut. Mi-8 juga tercatat digunakan secara ekstensif oleh pasukan Rusia di Kenya-Afrika.Mi-8 juga digunakan dalam peperangan Indo Pakistan di awal 1970. Dan pada saat perang Arab Israel tahun 1973-1974, helikopter ini juga mencatat peran yang cukup signifikan dan memperoleh reputasi yang sangat mengesankan. 

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Angkatan Udara Mesir menggunakan helikopter ini secara maksimal untuk mendaratkan pasukan khusus dan serbu taktis, mendrop persediaan logistik dan amunisi untuk pasukan di garis depan, dan juga untuk misi SAR. 

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1))

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Bahkan menurut banyak laporan, helikopter ini juga digunakan untuk peran pendukung serangan udara untuk pasukan infantri, dimana helikopter Mi-8 ini yang dipersenjatai dengan roket, setelah menurunkan pasukan, lalu menghantam posisi pasukan musuh sambil melindungi manuver pasukan infantri yang tadi diturunkan. Mi-8 juga dioperasikan oleh militer Irak saat perang Iran Irak yang berkepanjangan, dan selama perang teluk tahun 1991.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Antara bulan April dan Mei tahun 1986, sejumlah besar Mi-8 digunakan untuk menjatuhkan material penetral radiasi di atas area reaktor di pembangkit listrik Chernobyl yang hancur. Sebagian besar dari helikopter yang melakukan misi ini lalu ditinggalkan di dekat area terdampak karena terlalu banyak terkontaminasi debu radio aktif, sehingga sangat berbahaya jika digunakan lagi.Versi peningkatan dari helikopter ini adalah tipe Mi-17, dengan peningkatan pada mesin yang digunakan, dan dapat diidentifikasi dengan mudah dari rotor ekor yang berada pada sisi kiri ekor, sebuah pintu tambahan di sisi kanan dipasang dan pintu clamshell di bagian belakang diganti. 

Helikopter Mi-17 dapat mengangkut 36 personel pasukan dengan perlengkapan penuh, yang dapat dengan mudah keluar dari helikopter dengan cepat melalui pintu samping kiri dan kanan serta belakang. Dengan konfigurasi seperti ini, proses ekstraksi pasukan bisa berlangsung dengan cepat dan efesien.

Banyak versi militer dan sipil tetap digunakan di seluruh dunia hingga saat ini. Produksi besar-besaran dan umur pemakaian yang panjang dari helikopter ini membuat Mi-8 sebagai salah satu helikopter terbaik di dunia.

Helikopter Transport Medium Mi-8
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Medium Transport Helicopter / Helikopter Transport Medium Mil Mi-8


Terbang Perdana: 17 September 1962
Kru: 3 orang (pilot, kopilot, Flight Engineer)
Bobot: 7.160 kg (Kosong), MTOW : 12.000 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 21,29m 
Panjang: 25,24 m
Tinggi: 5,65 m

Persenjataan:

Opsional tergantung pada misi yang harus dijalankan

Mesin: 2 X klimov (Isotov) TV-2-117A turboshaft

Performa  

Kecepatan maksimum: 250 km/jam
Ketinggian maksimum: 4.500 m (Operasional)
Jarak jelajah maksimum: 500 km

Demikianlah artikel tentang Helikopter Transport Medium / Medium Transport Helicopter - Mi-8, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar