![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Kemayoran, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018
Pada tahun 1951, Stalin (Pemimpin Uni Soviet kala itu) meminta “Kemajuan progresif yang cepat dalam bidang helikopter Uni Soviet”, setelah melihat kesuksesan dalam penggunaan helikopter oleh militer Amerika Serikat selama Perang Korea. Tim design Mil mungkin telah menelaah secara mendalam helikopter Sikorsky S-55 sebagai sumber inspirasi dalam rancangannya, namun memproduksi helikopter yang, walaupun dapat dikatakan serupa atau mirip dalam hal bentuk, konfigurasinya, serta penampilannya. Tetapi, helikopter Mil Mi-4 ini memiliki dimensi yang lebih besar dan memiliki kapasitas angkut yang jauh lebih baik. Mil Mi-4 (kode identifikasi NATO “Hound") dikembangkan dalam rentang waktu yang sangat singkat dan terbang untuk pertama kalinya pada bulan mei tahun 1952.
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Helikopter ini pertama kali ditampilkan kepada publik pada event Tushino Aviation Day tahun 1953 di Moskow. Pada tahun 1954, Mil Mi-4 digunakan secara aktif dalam militer, dan mampu memenuhi harapan para petinggi Uni Soviet akan kemajuan dalam bidang teknologi helikopter yang diminta.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Tank Tempur Berat / Heavy Tank - Panzerkampfwagen V (PzKpfw V) - "PANTHER")
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Layout dari Mil Mi-4 dapat dikatakan sama seperti Sikorsky S-55, dirancang agar mudah dan murah dalam hal operasional dan perawatannya. Dapur pacunya, mesin radial piston Shvetsov Ash-62V (yang merupakan pengembangan dari mesin Cyclone Wright buatan Amerika Serikat), dipasang pada sudut kemiringan dalam moncong di belakang pintu besar untuk memudahkan kru dalam mengaksesnya.
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Rotornya memiliki empat bilah yang digerakkan dari gearbox melalui draft shaft yang melewati bangku kru ke hub rotor. Tidak seperti Sikorsky S-55, Mil Mi-4 memiliki pintu samping yang berbentuk Clamshell yang tidak hanya membuat proses bongkar muat cargo menjadi lebih mudah, namun juga dapat dilepas dengan mudah, memungkinkan pasukan infantry (hingga paling banyak sekitar 14 tentara berperlengkapan penuh dapat diakomodir oleh helikopter ini) untuk dapat keluar secepat mungkin saat penyerangan lintas udara. Di kompartment tentara, kargo hingga sebanyak 1.600 kg atau 3.530 lb dapat dibawa dalam kabin, terkadang termasuk kendaraan kecil atau artileri kaliber kecil.
(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - PPSh-41 (Papasha))
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Pada masa-masa awal, masalah yang cukup serius dengan rotornya membuat Mil Mi-4 tidak layak untuk operasional. Bilahnya yang terbuat dari kayu dan Bakelite (plastic pada masa itu) umur atau masa pakainya sangat singkat, yaitu 100 jam terbang sebelum akhirnya harus diganti.
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Pada tahun 1954, peningkatan pada rancangannya dan material komponen tersebut telah memungkinkan peningkatan masa pakai rotor tersebut hingga menjadi 300 jam terbang, dan pada tahun 1957, masa pakai tersebut meningkat menjadi 600 jam. Pada tahun 1960, ketika material bilah tersebut diganti sepenuhnya dengan material logam, masa pakai rotor tersebut melonjak signifikan menjadi 1.500 jam terbang.
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Versi dasar dari Mil Mi-4 adalah varian transport militer berkapasitas 12 sampai dengan 14 penumpang. Diantara berbagai varian yang diproduksi, salah satunya adalah Mi-4PLO, sebuah versi helikopter anti kapal selam yang dilengkapi dengan sebuah radome di bawah moncongnya, komponen pelacak/pengamatan, sonar penyelaman, depth charges, sonobuoy dan perlengkapan pelacak anomaly magnetic atau Magnetic Anomali Detection (MAD).
Mil Mi-4A adalah helikopter militer versi serang dengan sebuah senjata terletak di bagian bawah badan helikopter yang merupakan sebuah senapan mesin berat kaliber 12.7mm dengan 200 butir amunisi, Mi-4KP adalah helikopter untuk pos komando udara atau pengendali pertempuran yang mobile, dan Mi-4M adalah versi serang dengan turret di moncong dan pod roket eksternal.
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Mil Mi-4 telah digunakan secara luas oleh angkatan bersenjata Uni Soviet (Angkatan Darat, Laut, dan Udara), dan juga diekspor ke negara negara Pakta Warsawa atau negara negara sahabat Uni Soviet. Albania, yang memiliki tipe ini pada tahun 2005, merupakan negara dengan militer pengguna terakhir dari Mi-4.
Pengguna lainnya antara lain, Angkatan Udara Afghanistan, Angkatan Udara Aljazair, Angkatan Pertahanan Udara Rakyat Angola, Angkatan Udara Bangladesh, Angkatan Udara dan Angkatan laut Bulgaria, Burkina Faso, Angkatan Udara Kamboja, Angkatan Udara Kamerun, Republik Rakyat Cina, dan Fuerza Aerea Revolucionaria di Kuba, serta beberapa negara lainnya. Indonesia juga tercatat pernah menggunakan helikopter ini di era pemerintahan Presiden Sukarno. Salah satu helikopter ini dijadikan obyek di Museum Satria Mandala (Wisma Yasoo) di Jakarta.
(Baca juga artikel yang sangat menarik berjudul: SPOT FOTOGRAFI-MUSEUM SATRIA MANDALA (WISMA YASOO) SATU SEJARAH KELAM TENTANG SAAT-SAAT TERAKHIR PROKLAMATOR & PRESIDEN PERTAMA REPUBLIK INDONESIA - IR. SOEKARNO)
![]() |
Helikopter Transport & Multiperan Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4 militerbanget.blogspot.com |
Ketika Uni Soviet menghentikan produksi helikopter ini pada tahun 1964, kurang lebih 3.200 unit versi militer dan sipil dari tipe ini telah diproduksi. Dari tahun 1959 hingga tahun 1965 di Cina, Harbin telah membuat sebanyak 545 unit dibawah lisensi, dan diberi kode Z-5, ditenagai oleh mesin radial piston HS7. Purwarupa dari helikopter Z-5 diterbangkan pertama kali pada tanggal 14 Desember 1958.

Helikopter Transport & Multiperan
Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com
Spesifikasi Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4

Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com
Terbang Perdana: Mei 1962
Kru: 1-2 Orang
Angkut maksimum: 14 orang.
Bobot: 6.626 kg (Kosong), MTOW: 7.534 kg
Dimensi
Diameter rotor: 21,00 m
Panjang: 25,02 m
Tinggi: 5,18 m
Persenjataan:
1 x Senapan mesin kaliber 12.7mm machine gun
Mesin: 1 X Shvetsov Ash-82V piston engine
Performa
Kecepatan maksimum: 200 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 5.486 m
Jarak jelajah maksimum: 500 km
Demikianlah artikel tentang Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.
Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com
Tag:
#Uni_Soviet
#Helikopter
#Helikopter_Multiperan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar