Senin, 15 Oktober 2018

Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4


Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 15 Oktober 2018

Pada tahun 1951, Stalin (Pemimpin Uni Soviet kala itu) meminta “Kemajuan progresif yang cepat dalam bidang helikopter Uni Soviet”, setelah melihat kesuksesan dalam penggunaan helikopter oleh militer Amerika Serikat selama Perang Korea. Tim design Mil mungkin telah menelaah secara mendalam helikopter Sikorsky S-55 sebagai sumber inspirasi dalam rancangannya, namun memproduksi helikopter yang, walaupun dapat dikatakan serupa atau mirip dalam hal bentuk, konfigurasinya, serta penampilannya. Tetapi, helikopter Mil Mi-4 ini memiliki dimensi yang lebih besar dan memiliki kapasitas angkut yang jauh lebih baik. Mil Mi-4 (kode identifikasi NATO “Hound") dikembangkan dalam rentang waktu yang sangat singkat dan terbang untuk pertama kalinya pada bulan mei tahun 1952.

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Helikopter ini pertama kali ditampilkan kepada publik pada event Tushino Aviation Day tahun 1953 di Moskow. Pada tahun 1954, Mil Mi-4 digunakan secara aktif dalam militer, dan mampu memenuhi harapan para petinggi Uni Soviet akan kemajuan dalam bidang teknologi helikopter yang diminta.


Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Layout dari Mil Mi-4 dapat dikatakan sama seperti Sikorsky S-55, dirancang agar mudah dan murah dalam hal operasional dan perawatannya. Dapur pacunya, mesin radial piston Shvetsov Ash-62V (yang merupakan pengembangan dari mesin Cyclone Wright buatan Amerika Serikat), dipasang pada sudut kemiringan dalam moncong di belakang pintu besar untuk memudahkan kru dalam mengaksesnya. 

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Rotornya memiliki empat bilah yang digerakkan dari gearbox melalui draft shaft yang melewati bangku kru ke hub rotor. Tidak seperti Sikorsky S-55, Mil Mi-4 memiliki pintu samping yang berbentuk Clamshell yang tidak hanya membuat proses bongkar muat cargo menjadi lebih mudah, namun juga dapat dilepas dengan mudah, memungkinkan pasukan infantry (hingga paling banyak sekitar 14 tentara berperlengkapan penuh dapat diakomodir oleh helikopter ini) untuk dapat keluar secepat mungkin saat penyerangan lintas udara. Di kompartment tentara, kargo hingga sebanyak 1.600 kg atau 3.530 lb dapat dibawa dalam kabin, terkadang termasuk kendaraan kecil atau artileri kaliber kecil.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pistol Mitraliur / Submachine Gun - PPSh-41 (Papasha))

Pada masa-masa awal, masalah yang cukup serius dengan rotornya membuat Mil Mi-4 tidak layak untuk operasional. Bilahnya yang terbuat dari kayu dan Bakelite (plastic pada masa itu) umur atau masa pakainya sangat singkat, yaitu 100 jam terbang sebelum akhirnya harus diganti. 

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun 1954, peningkatan pada rancangannya dan material komponen tersebut telah memungkinkan peningkatan masa pakai rotor tersebut hingga menjadi 300 jam terbang, dan pada tahun 1957, masa pakai tersebut meningkat menjadi 600 jam. Pada tahun 1960, ketika material bilah tersebut diganti sepenuhnya dengan material logam, masa pakai rotor tersebut melonjak signifikan menjadi 1.500 jam terbang.

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Versi dasar dari Mil Mi-4 adalah varian transport militer berkapasitas 12 – 14 penumpang. Diantara berbagai varian yang diproduksi, salah satunya adalah Mi-4PLO, sebuah versi helikopter anti kapal selam yang dilengkapi dengan sebuah radome di bawah moncongnya, komponen pelacak/pengamatan, sonar penyelaman, depth charges, sonobuoy dan perlengkapan pelacak anomaly magnetic atau Magnetic Anomali Detection (MAD). 

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Mil Mi-4A adalah helikopter militer versi serang dengan sebuah senjata terletak di bagian bawah badan helikopter yang merupakan sebuah senapan mesin berat kaliber 12.7mm dengan 200 butir amunisi, Mi-4KP adalah helikopter untuk pos komando udara atau pengendali pertempuran yang mobile, dan Mi-4M adalah versi serang dengan turret di moncong dan pod roket eksternal.

Mil Mi-4 telah digunakan secara luas oleh angkatan bersenjata Uni Soviet (Angkatan Darat, Laut, dan Udara), dan juga diekspor ke negara negara Pakta Warsawa atau negara negara sahabat Uni Soviet. Albania, yang memiliki tipe ini pada tahun 2005, merupakan negara dengan militer pengguna terakhir dari Mi-4. 

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Pengguna lainnya antara lain, Angkatan Udara Afghanistan, Angkatan Udara Aljazair, Angkatan Pertahanan Udara Rakyat Angola, Angkatan Udara Bangladesh, Angkatan Udara dan Angkatan laut Bulgaria, Burkina Faso, Angkatan Udara Kamboja, Angkatan Udara Kamerun, Republik Rakyat Cina, dan Fuerza Aerea Revolucionaria di Kuba, serta beberapa negara lainnya. Indonesia juga tercatat pernah menggunakan helikopter ini di era pemerintahan Presiden Sukarno. Salah satu helikopter ini dijadikan obyek di Museum Satria Mandala (Wisma Yasoo) di Jakarta.


Ketika Uni Soviet menghentikan produksi helikopter ini pada tahun 1964, kurang lebih 3.200 unit versi militer dan sipil dari tipe ini telah diproduksi. Dari tahun 1959 hingga tahun 1965 di Cina, Harbin telah membuat sebanyak 545 unit dibawah lisensi, dan diberi kode Z-5, ditenagai oleh mesin radial piston HS7. Purwarupa dari helikopter Z-5 diterbangkan pertama kali pada tanggal 14 Desember 1958.

Helikopter Multiperan Mil Mi-4
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4


Terbang Perdana: Mei 1962
Kru: 1-2 Orang 
Angkut maksimum: 14 orang.
Bobot: 6.626 kg (Kosong), MTOW: 7.534 kg

Dimensi 

Diameter rotor: 21,00 m 
Panjang: 25,02 m
Tinggi: 5,18 m

Persenjataan: 

1 x Senapan mesin kaliber 12.7mm machine gun
Mesin: 1 X Shvetsov Ash-82V piston engine

Performa  

Kecepatan maksimum: 200 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 5.486 m
Jarak jelajah maksimum: 500 km

Demikianlah artikel tentang Helikopter Transport & Multiperan / Transport & Utility Helicopter Mil Mi-4, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “HELIKOPTER MILITER” – FRANCIS CROSSBY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar