Jumat, 12 Oktober 2018

Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Handley Page Victor


Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 12 Oktober 2018

Sulit dipercaya, bahwa pada saat pabrikan asal Inggris, Handley Page tengah mengembangkan pesawat pembom Halifax pada saat Perang Dunia ke II, pabrikan ini juga sedang mengembangkan metode untuk merancang dan menciptakan sebuah pesawat pembom jet berkonsep flying wing atau sayap terbang, tanpa ekor sama sekali. 

Menjelang akhir perang, ide futuristik tersebut menarik perhatian Air Ministry dan rancangannya dikembangkan menjadi pesawat pesawat yang masih memiliki badan dan ekor, tetapi dengan sayap inovatif berbentuk bulan sabit. Memakan waktu sampai lima tahun dari konsep di meja gambar sampai purwarupa berhasil diterbangkan, purwarupa HP80 Victor WB771 lepas landas dari Boscombe Down pada malam natal tahun 1952.

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Saat pengujian diteruskan, pesanan datang dari RAF (Angkatan Udara Inggris) dan awal 1956 pesawat Victor B.1 keluar dari pabrik. 

Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan supersonik saat terbang menukik, Victor mulai diserahkan ke RAF pada November 1957 dan Bomber Command secara resmi mengoperasikan pesawat ini pada bulan April 1958 di Squadron No. 10. 

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Produksi pesanan kedua memiliki tailcone (tonjolan di ekor dibawah sirip vertikal) yang lebih besar untuk mengakomodir tail warning radar dan perbaikan pada mesinnya, dan pesawat ini diberi kode registrasi B.1A, Victor adalah pembom nuklir dan menjadi anggota "V" Bomber bersama-sama dengan pesawat Vulcan dan Valiant. Tetapi dengan kemampuan membawa muatan bom hampir 16 ton, Victor dapat mengangkut bom lebih banyak dari "V" Bomber lainnya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber Aircraft - Avro Vulcan)

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Versi perbaikannya Mk 2 bermesin Rolls Royce Conway (sekaligus merancang ulang wing root dan air intake), sayap lebih besar, tailcone dimodifikasi, sistem elektronik baru, dan modifikasi lainnya. Mk 2 atau kode resminya B.2 ini terbang pada bulan February 1959.

(Baca juga artikel yang sangat menarik tentang Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Vickers Valiant) 

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Karena sistem pertahanan udara Uni Soviet semakin canggih, V-Bomber harus memodifikasi taktiknya agar tetap dapat memikul peran sebagai pesawat pembom pengantar nuklir yang efektif. B.2 menjadi pembom yang terbang cepat di elevasi rendah dan dapat membawa misil berkepala nuklir Blue Steel.

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Pesawat B.2 produksi terakhir diselesaikan pada bulan April 1963, tahun yang sama ketika Victor milik RAF ditempatkan di Singapura untuk menunjukkan kekuatan kepada Indonesia yang saat itu sedang bersitegang dengan negara persemakmuran Inggris, Malaysia. Saat B.2 menggantikan Mark versi lama, B.1 dan B.1A, keduanya lantas dikonversi menjadi pesawat tanker (BK.1 dan BK.1A)

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Victor versi tanker ini terbang pertama kali pada 28 April 1965. Versi pengintai khusus juga dibuat, Sembilan B.2 diproduksi sebagai B(SR).2 dan menjadi pesawat pengintai yang bagus, ruang bomnya diisi dengan instrument pengintai seperti kamera, termasuk lampu kilat berukuran besar. Handley Page Victor masih beroperasi sebagai pesawat pembom nuklir sampai tahun 1975.

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Konversi pembom Victor menjadi pesawat tanker berikutnya diberi kode registrasi K.2 yang mulai dioperasikan pada Mei 1974. Total 24 konversi dilakukan dan K.2 akan terus diterbangkan sampai tahun 1988.

Versi tanker inilah yang akhirnya benar-benar bertempur. Misi pemboman sangat jauh Black Buck Vulcan, menghancurkan target-target yang dikuasai Argentina di Falkland pada tahun 1982 hanya dapat terlaksana dengan menggunakan 11 unit pesawat tanker Victor, mengisi bahan bakar antar Victor dari pangkalan udara Ascension. Tidak banyak yang tahu bahwa saat kampanye Falkland (Perang Malvinas, antara Inggris dan Argentina) itu, Victor XH675 melaksanakan misi pengintaian sejauh 11.263 km dalam jangka waktu 14 jam 45 menit.

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Armada pesawat tanker victor yang telah berumur ini justru semakin penting pada awal 1991 saat pasukan koalisi mengusir pasukan Irak dari Kuwait (Perang Teluk Pertama). Delapan pesawat bertugas untuk mensuplai bahan bakar untuk pesawat tempur dan serang milik RAF dan Amerika Serikat dengan melaksanakan 299 sorti penerbangan. Victor akhirnya dipensiunkan dari RAF pada 15 Oktober 1993. Menurut catatan resmi, total telah diproduksi sebanyak 86 unit Victor.

Pesawat Pembom Strategis
Handley Page Victor
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Handley Page Victor handley Page Victor


Asal Negara: Inggris
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Strategis
Terbang Perdana: 24 Desember 1952 (Purwarupa)
Kru: sekitar 6 Orang
Bobot: 51.864 kg (Kosong), MTOW: 101.242 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 35,03 m 
Bentangan sayap: 36,57 m
Tinggi: 8.57 m
Wing Area: 241.3m2

Persenjataan 

Bom: Satu Blue Steel stand off missile or up to 15.890 kg conventional bomb

Mesin: 4 X Rolls Royce 9352 kg thrust Conway 201 turbofans

Performa  

Kecepatan maksimum: 1038 km/jam
Elevasi maksimum: 18.300 m
Kecepatan menanjak: - m/menit
Jarak terbang maksimum: 7.400 km 

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Strategis / Strategic Bomber - Handley Page Victor handley Page Victor, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar