Jumat, 22 Februari 2019

Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Curtiss B-2 Condor


Pesawat Pembom Berat
Curtiss B-2 Condor
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 21 Februari 2019

Artikel kali ini akan mengulas tentang satu pesawat pembom berat (pada masa itu pesawat ini memang dapat digolongkan ke dalam pesawat pembom berat) era sebelum Perang Dunia ke II. Pesawat pembom berat itu adalah Curtiss B-2 Condor, hasil dari kerja insinyur-insinyur aeronotika negeri Paman Sam (Amerika Serikat).

Pesawat Pembom Berat
Curtiss B-2 Condor
militerbanget.blogspot.com

Pesawat pembom berat bersayap susun, Curtiss XB-2 adalah pengembangan langsung dari pesawat pembom Martin MB-2 (NBS-1) buatan pabrikan Curtiss. Pesawat Condor ini menerapkan rancangan yang revolusioner pada masanya, karena menerapkan konstruksi badan dari tabung baja, bukan lagi menerapkan konstruksi kayu seperti yang umum digunakan pada saat itu.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank - Strv 103 S (Bagian 1))

Pesawat Pembom Berat
Curtiss B-2 Condor
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa dari pesawat Condor (diberi kode registrasi  XB-2) dipesan oleh US Army (Angkatan Darat Amerika Serikat) pada tahun 1926 dan terbang pertama kali pada bulan Juli tahun 1927. Pesawat ini memiliki ciri khas yang sangat unik, ciri tersebut adalah radiator yang mencuat di atas engine nacelle.

Pesawat ini juga memiliki senjata pertahanan diri yang terbilang “nyeleneh” alias sangat tidak umum, di setiap nacelle ditempatkan penembak. Konfigurasi ini diyakini oleh perancangnya, jauh lebih baik dibanding konfigurasi penembak yang konservatif. Karena pada posisi ini, penembak lebih leluasa menembak ketimbang posisi di belakang badan.

Pesawat Pembom Berat
Curtiss B-2 Condor
militerbanget.blogspot.com

Pesawat B-2 Condor memiliki sepasang rudder dan dua bilah horizontal stabilizer, yang mana model seperti pada masa itu dianggap sudah ketinggalan jaman. Sebanyak 12 unit pesawat ini dipesan, dengan harga per unitnya mencapai 76.373 US$, suatu harga yang sangat mahal untuk ukuran saat itu. Belum lagi pesawat Curtiss B-2 Condor ini memiliki dimensi yang sangat besar, sehingga tak dapat dimasukan ke dalam hanggar.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Multiperan / Multirole Fighter Jet - S.E.P.E.C.A.T JAGUAR BAGIAN 1

Walaupun demikian, pada tahun 1929, pesawat Curtiss B-2 Condor ini memperkuat 11th bombardment squadron, dan menjadi satu-satunya pesawat pembom berat yang dimiliki Amerika Serikat pada masa itu. Ironisnya, B-2 dengan cepat menjadi usang oleh kemajuan teknologi tahun 1930-an, dan hanya operasional dalam waktu yang singkat pada Korps Udara Angkatan Darat, kemudian pesawat ini dipensiunkan pada tahun 1934 . Setelah produksi B-2, pabrikan Curtiss Aircraft tak lagi berkonsentrasi pada pesawat pembom, dan lebih memilih untuk berkonsentrasi pada pesawat tempur seri Hawk pada 1930-an.

Pesawat Pembom Berat
Curtiss B-2 Condor
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Curtiss B-2 Condor


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Berat 2 Mesin
Terbang Perdana: Juli 1927  
Kru: 4 orang 
Bobot: 4.222 kg (Kosong), MTOW: 7.078 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 14,43 m 
Bentangan sayap: 27,43 m
Tinggi: 4.95 m
Wing Area: 138.97m2

Persenjataan:

6 X senapan mesin 7,62mm di nacelle (belakang mesin).
Muatan bom sampai dengan 1.138 kg

Mesin: 2 × Curtiss GV-1570-7 Conqueror V-12 mesin piston berpendingin air, masing-masing 600 hp (450 kW)

Performa  

Kecepatan maksimum: 212 km/jam
Ketinggian maksimum: 5.215 m
Kecepatan menanjak: 260 m/menit
Jarak terbang maksimum: 1.296 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber Curtiss B-2 Condor, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar