Kamis, 28 Februari 2019

Multirole Fighter Aircraft/Pesawat Serang Tempur AMX International


Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Kamis, 28 Februari 2019

Pesawat Serang Tempur AMX International awalnya dirancang untuk memenuhi keinginan Angkatan Udara Italia, yang ingin mencari pesawat Serang Tempur yang akan menggantikan posisi pesawat G91 dan F-104 yang sudah mulai menua, dan pada saat yang bersamaan, Angkatan Udara Brasil juga sedang mencari pesawat untuk menggantikan posisi dari pesawat latih/serang/tempur MB-326.

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, dibentuklah konsorsium khusus untuk memproduksi pesawat yang andal ini di kedua negara, Italia dan Brasil. Perusahaan asal Italia, Alenia dan Aermacchi mendapat porsi untuk membuat sekitar 70 persen dari bagian pesawat, sedangkan sisanya merupakan bagian dari Embraer asal Brasil. Alenia mendapat porsi untuk membuat bagian tengah badan, radom, aileron, spoiler, dan tail surface.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Multiperan / Multirole Fighter Jet - S.E.P.E.C.A.T JAGUAR BAGIAN 1)

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Pabrikan Aermacchi bertanggungjawab dalam membuat bagian depan badan, integrasi senjata meriamnya (satu pucuk meriam kaliber 20mm pada AMX versi Italia, dan dua pucuk meriam kaliber 30mm untuk AMX versi Brasil), avionik, kanopi, dan struktur ekor. Embraer bertugas untuk membuat air intake, sayap, leading edgeslat, slat, flap, wing pylon, dan tangki bahan bakar cadangan atau tangki bahan bakar eksternal.

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Pesawat AMX ini dirakit di fasilitas perakitan akhir yang ada di masing-masing negara, dengan sistem saling mengirimkan komponen. Dapur pacu pesawat ini dipercayakan pada Rolls Royce Spey 807 turbofan tanpa afterburner, yang kemudian dibuat di kedua negara tersebut dengan mekanisme lisensi.

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa pesawat ini lepas landas pada tahun 1984, dan pesanan pertama diserahkan ke Angkatan Udara Italia pada bulan Januari 1989, sedangkan Angkatan Udara Brasil menerima pada tahun 1990. Tercatat total produksi pesawat AMX International mencapai 192 unit, dengan perincian, 155 unit AMX berkursi tunggal dan 37 unit AMX-T yang berkonfigurasi tempat duduk ganda, yang juga berfungsi sebagai pesawat latih. 

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Seluruh unit pesawat ini telah didistribusikan dan masuk dinas atau operasional di Italia dan Brasil. Pada bulan Desember 2002, Angkatan Udara Venezuela telah menandatangani kontrak pembelian pesawat ini sebanyak 12 unit.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Multiperan / Multirole Fighter Jet - S.E.P.E.C.A.T JAGUAR BAGIAN 2)

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Walaupun fungsi utama pesawat ini adalah sebagai pesawat serang darat dan close support, pesawat ini juga mampu melaksanakan tugas pertahanan udara atau tempur, sehingga pada tahun 1999, pesawat AMX milik Angkatan Udara Italia dilibatkan ke dalam kekuatan NATO untuk melancarkan operasi militer Allied Force terhadap Serbia.

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

AMX Advanched Trainer Attack (AMX-ATA) adalah pesawat AMX yang berkonfigurasi kursi ganda, pesawat serang multi misi yang dapat berperan sebagai pesawat tempur maupun pesawat latih lanjut. Pesawat AMX-ATA diperlengkapi dengan sensor baru seperti forward looking infrared, helmet mounted display, multi mode radar terbaru untuk bertempur di udara dan laut, dan berbagai sistem persenjataan canggih lainnya, meliputi misil anti kapal dan misil jarak menengah. Angkatan Udara Venezuela memesan delapan unit AMX seri ATA pada tahun 1999 sebagai pesawat latih lanjut dan serang darat atau close support.

Pesawat Tempur AMX International
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Multirole Fighter Aircraft/Pesawat Serang Tempur AMX International


Asal Negara: Italia, Brasil
Tipe Pesawat: Pesawat Serang/Tempur
Terbang Perdana: 15 Mei 1984
Kru: 1-2 orang 
Bobot: 6.700 kg (Kosong), MTOW: 13.000 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 13,23 m 
Bentangan sayap: 8,87 m
Tinggi: 4.55 m
Wing Area: 21.00m2

Persenjataan:

1 X meriam kaliber 20mm (versi Italia)
2 X meriam kaliber 30mm (versi Brasil)
Muatan bom sampai dengan 3.800 kg, terdiri dari bom, roket, dan juga rudal untuk fungsi tempur (udara ke udara)

Mesin: 1 X Rolls Royce 5.008kg non afterburning thrust Spey 807 turbofan

Performa  

Kecepatan maksimum: 915 km/jam
Elevasi maksimum: 13.008 m
Kecepatan menanjak: 3.126 m/menit
Radius maksimum: 1.852 km

Demikianlah artikel tentang Multirole Fighter Aircraft/Pesawat Serang Tempur AMX International, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino

1 komentar: