Jumat, 03 Mei 2019

Tank Tempur Ringan / Light Tank Renault FT-17


Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 3 Mei 2019

Renault FT-17 adalah tank ringan yang dikembangkan oleh Prancis pada saat Perang Dunia I berkecamuk. Tank ringan ini adalah tank operasional pertama yang dilengkapi dengan turret yang dapat berputar 360 derajat (suatu terobosan maju pada masa itu). Desain tank ini berbeda dengan tank lainnya dalam Perang Dunia I dan sering disebut tank modern pertama dalam sejarah. Renault FT-17 diproduksi lebih dari 3.000 unit dan dioperasikan oleh militer di lebih dari 20 negara.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Tank ini tidak bernama Renault FT17 selama Perang Dunia I

Tank ini memiliki nama yang berbeda pada waktu yang berbeda. Di pabrik pembuatannya (renault), Tank ini hanya disebut 'FT Char.' Kata 'Char' berarti “tank” dalam bahasa Prancis. Huruf ‘FT’ adalah kode produksi proyek dan bukan singkatan. Proyek selanjutnya akan disebut sebagai FU, kemudian FV, dan lain lain. Di dalam Pabrik tank ini tidak disebut 'Renault FT' karena semua orang di dalam pabrik Renault tahu bahwa tank ini dibuat oleh pabrikan Renault.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Renault FT char d'assault

Ketika tank ini mulai operasional dalam militer Prancis, tank ini disebut dengan 'Renault Char d’assaut 18 chevaux' (tank serbu Renault 18 hp) atau hanya 'le Char Renault' (The Renault Tank). Hanya ketika Renault mulai mengembangkan beberapa kendaraan tempur lapis baja yang berbeda, ada kebutuhan untuk membedakannya dari produk yang berbeda ini dalam laporan dan dokumen lainnya. Kode pabrik digunakan dan inilah awal mulanya tank ini disebut sebagai 'Le Char Renault FT.' 'Renault FT' adalah istilah modern yang diterima untuk tank ini.


Dalam dokumen resmi rahasia militer Prancis saat Perang Dunia I,  tertanggal 14 Juli 1918, buklet berjudul 'Instruction sur lemployment des char d'assaut', tank Renault FT hanya disebut sebagai 'les Chars Légers' (tank ringan). Tank nirkabel Renault TSF hanya disebut sebagai Char T.S.F.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Nama-nama seperti Renault "FT-17", "Renault FT17", 'Renault FT 17/18", "Renault FT M17" dan Char léger Renault FT 17 (tank ringan Renault FT 17) baru disematkan pada tank ini setelah Perang Dunia I.

Pada tahun 1916 Inggris menjadi negara yang menggunakan tank dalam Perang Dunia I. Namun tank pada masa-masa awal tersebut berukuran besar, berat, dan lamban. Sementara itu para pimpinan militer Prancis lebih memilih membuat tank ringan dalam jumlah besar, yang mampu bergerak lebih lincah untuk mendukung gerak maju pasukan infantri. Purwarupa Tank Renault FT sendiri berhasil diwujudkan pada pertengahan tahun 1917 dan mulai memasuki tahap produksi pada akhir tahun 1917.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Tank ringan ini memiliki kru dua orang, juru mudi dan komandan (yang juga bertugas sebagai loader dan gunner). Tank ini memiliki bobot tempur sekitar 7 ton dan dapur pacunya adalah mesin berkekuatan 35 tenaga kuda, Renault FT-17 hanya memiliki kecepatan sekitar 7 km per jam dengan jarak tempuh maksimum dikisaran 35 km. Tank ini dibuat dengan dua versi persenjataan utama, senapan mesin Hotchkiss M1914 kaliber 8mm atau meriam Puteaux SA 18 kaliber 37mm.

Renault FT-17 mulai digunakan dalam pertempuran pada awal tahun 1918. Selain oleh pasukan Prancis, tank ini juga digunakan oleh pasukan tank Amerika Serikat dalam Perang Dunia I yang dipimpin oleh George Patton. Setelah Perang Dunia I berakhir, tank ini banyak diekspor ke beberapa negara dan terlibat dalam sejumlah konflik bersenjata seperti Perang Saudara Rusia, Perang Saudara Spanyol, Perang Saudara Cina, dan Perang Polandia – Rusia.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Ketika pecah Perang Dunia II, Renault FT-17 ternyata masih digunakan oleh pasukan Prancis, Polandia, dan Yugoslavia untuk melawan pasukan tank Jerman. Finlandia juga masih menggunakan FT-17 untuk menghadapi pasukan Rusia pada saat Rusia mencaplok Finlandia. Setelah Prancis dikuasai Jerman pada tahun 1940, Jerman merebut lebih dari 1.000 unit Renault FT-17. 

Renault FT-17 hasil rampasan tersebut kemudian digunakan oleh Jerman untuk tugas-tugas non tempur antar tank, seperti pengamanan lapangan udara, keamanan dalam negeri, dan juga untuk keperluan latihan awak tank. Pertempuran terakhir yang melibatkan Renault FT-17 dalam Perang Dunia II terjadi pada tahun 1944, ketika tank ini ikut digunakan Jerman untuk menghadapi pasukan Sekutu setelah pendaratan Normandia (memang terlihat sangat menyedihkan, ketika Jerman ditengah keterbatasan persenjataan, terpaksa menggunakan segala macam alut sista yang dimilikinya, bahkan alut sista yang absolete sekalipun!).

Setelah Perang Dunia II berakhir, tank ini masih digunakan dalam perang Arab – Israel di tahun 1948.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Catatan Operasional


Dalam militer Prancis

FT-31 adalah modernisasi skala besar dari semua model FT yang ada, ditingkatkan dengan pemasangan senapan mesin Reibel kaliber 7,5mm (0,29 in.) yang baru dan bentuk/profil yang disempurnakan. Sekitar 1.560 unit ambil bagian dalam berbagai pertempuran Prancis pada medio Mei-Juni 1940. Beberapa unit menjadi bagian dari pasukan pertahanan pangkalan udara regional. Sebagian besar tank ini berhasil dirampas dan kemudian diambil alih oleh pasukan Vichy dan Wehrmacht. Lainnya masih terus dioperasikan di Koloni Afrika Utara, Indo-Cina, dan Suriah dan banyak yang terus dioperasikan sampai tahun 1945.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Dalam militer Jerman

Setelah jatuhnya Prancis, Wehrmacht merampas sebanyak 1.700  unit FT, yang kemudian dimodifikasi, dicat dalam pola kamuflase feldgrau dengan Balkenkreuz. Tank ini semua dilengkapi dengan senapan mesin sebagai persenjataan utama. Semua tank FT 31 yang dirampas yang tidak dialokasikan untuk pasukan keamanan Vichy diambil alih oleh Wehrmacht.

Polandia

Polandia menandatangani kontrak untuk pengadaan 23 unit “FT” untuk pertahanan negara mereka yang baru merdeka. Tetapi tank ini tidak pernah terlibat dalam pertempuran yang sebenarnya sampai akhir Perang Soviet-Polandia tahun 1920. Sebagian besar dari tank ini yang terlibat dalam pertempuran Warsawa dan pertempuran-pertempuran lainnya adalah FT Prancis yang diawaki oleh personil Prancis atau Polandia. Belakangan, banyak lagi yang didatangkan ke Polandia, hingga mencapai maksimum 174 unit tank.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur Propeller / Fighter Aircraft - FOCKE WULF Ta-152)

Beberapa unit kemudian dibuat oleh CWS (artinya "Centralne Warsztaty Samochodowe" - Central Car Workshop) yang memproduksi 26 atau 27 unit tank dari suku cadang Prancis antara tahun 1925 hingga 1927, ditambah beberapa dengan tambahan komponen (plat baja) rekayasa dari Polandia dan bagian lainnya. Model produksi lokal menggunakan besi tuang bukan baja, dan dipertahankan untuk pelatihan karena proteksi baja tidak layak untuk penggunaan non tempur. Mungkin 30 hingga 60 unit tank FT Polandia kemudian dijual ke Uruguay (yang kemudian menjualnya ke Spanyol, kemudian dalam Perang Sipil), yang lain dibeli oleh Yugoslavia dan Cina. Insinyur Polandia melakukan modifikasi dan perbaikan, seperti purwarupa yang lebih cepat dilengkapi dengan trek lateral yang fleksibel atau varian dirancang seperti tank ringan Czolg dymotworczy.

Tank Tempur Ringan / Light Tank
renault FT-17
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tempur Ringan / Light Tank Renault FT-17


Type: Tank Tempur Ringan
Kru: 2 Orang (commander/gunner, driver)

Persenjataan  

Female: Hotchkiss 7.9 mm (0.32 in) machine gun
Male: Puteaux SA 18 37 mm (1.45 in) gun 

Dimensi

Panjang: 5.00 m (dengan tambahan ekor)
Lebar: 1.74 m
Tinggi: 2.14 m
Bobot Tempur: 7,000kg

Ketebalan baja: Maksimum 22mm
Mesin: 35 hp Renault four-cylinder petrol engine

Performa

Kecepatan maksimum pada jalan aspal: 7 km/h
Jarak jelajah maksimum: 35 km
Total produksi: 3.700 unit (hanya di Prancis)

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Ringan / Light Tank Renault FT-17, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar