Selasa, 08 Mei 2018

Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43 (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42)


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin 8 Mei 2018

Sahabat pecinta dunia militer, apa kabar? 

Ditengah kelesuan Rupiah terhadap Dollar,  ijinkan saya kembali menulis artikel tentang alutsista militer, artikel kali ini akan mengulas tentang pistol mitraliur besutan dari Rusia. Sepintas, pistol mitraliur ini dirancang dengan berpatokan alias menitikberatkan pada faktor kemudahan dalam produksi, murah, dan cepat. Sehingga faktor-faktor lain kemudian dikesampingkan. Pistol mitraliur ini dirancang sebagai pistol mitraliur alternatif untuk mengisi kekosongan yang tak bisa diakomodir oleh pistol mitraliur PPSh-41


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Walaupun PPSh-41 dianggap sudah dapat memenuhi kebutuhan militer Rusia (Soviet), tetap saja para petinggi militer Rusia terus mencari alternatif lain untuk menyuplai sebanyak mungkin senjata ke garis depan, demi mengatasi kekurangan kronis akan senjata di tubuh Angkatan Darat Soviet. Pistol mitraliur ini mulai dirancang di Leningrad yang pada saat itu dalam kondisi terjepit dari dua arah oleh keganasan pasukan Nazi Jerman dan Finlandia, Pistolet Pulemyot Sudayeva hasil rancangan dari I. Sudayev dianggap mampu menjawab tuntutan akibat kondisi darurat tersebut. 

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Pistol mitralliur ini seluruhnya diproduksi dengan menggunakan metode stamping (baja pres alias cetak), pistol mitraliur yang punya tampilan sangat kaku dan jauh dari kesan ergonomis apalagi estetis ini ternyata banyak “menjiplak” rancang bangun dari pistol mitraliur terkenal lainnya. Popor dibuat model ayun seperti pada model MP-40, sementara model lubang laras dan muzzle brake (peredam tolak balik pada laras) mengadopsi model PPsh-41.


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Satu terobosan unik yang muncul dari efek keterbatasan adalah, salah satu fitur unik, muzzle brake (peredam laras) dibuat dari selembar lempengan baja yang dilubangi bagian tengahnya, memberikan kharakteristik efek peredam tolak balik yang mirip seperti muzzle brake pada laras meriam tank, sangat sederhana, tetapi efektif. Pasokan peluru menggunakan magasen dengan kapasitas 32 peluru yang kalibernya sama sekali baru, dimana tidak sama atau berbeda dengan kaliber yang diusung oleh PPsh-41 maupun MP-40. 


Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Pada tahun berikutnya, dimunculkan lagi varian yang lebih sederhana dari pistol mitraliur ini, diberi kode nama PPS-43. Setelah Perang Dunia II usai, PPS-42/43 banyak diserahkan atau dilungsurkan ke negara-negara sahabat Pakta Warsawa, sementara Uni Soviet sendiri tidak lagi mau mengoperasikan pistol mitraliur ini, karena sudah mengadopsi Senapan Serbu AK-47 sebagai senjata organik pada keseluruhan pasukan. 

Posisi PPS-42/43 menjadi sangat penting, karena pistol mitraliur ini menjadi dasar bagi pengembangan banyak pistol mitraliur lain seperti DUX-53, M/44, dan type 54 buatan RRC yang masih digunakan hingga saat ini.

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43  (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42)


Asal: Rusia (Uni Soviet)
Tahun: 1942
Kaliber: 7,62x35mm TT
Sistem operasi: Blowback

Pistol Mitraliur/Submachine Gun
PPS-42/43
(Pistolet Pulemyot Sudayeva-42/43)
militerbanget.blogspot.com

Panjang keseluruhan 

Popor terentang: 907mm
popor terlipat: 641mm
Panjang Laras: 273mm

Bobot kosong: 2,95 kg
Vo meninggalkan laras: 1.247 fps
Jarak tembak efektif: 200 m
Rate of fire: 500 ppm

Demikianlah artikel yang berjudul "Pistol Mitraliur / Submachine Gun PPS-42/43  (Pistolet Pulemyot Sudayeva-42)", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. COMMANDO-War Machine series, SUB MACHINE GUN, KECIL RINGKAS DAN MEMATIKAN
2. Wikipedia
4. Berbagai sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar