![]() |
Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter De Havilland Vampire militerbanget.blogspot.com |
Beraban, Tabanan, Bali, Jum'at, 13 Juni 2025
Sambungan dari Bagian 2
Meskipun Vampire tidak terlibat dalam perang, sejak awal kemunculannya pesawat ini langsung didapuk menjadi jet tempur operasional garis depan Inggris dan meraih banyak keberhasilan dalam peran ini. Varian latih T55 merupakan pesawat latih jet tempur pertama yang menempatkan pilot dan siswanya di samping satu sama lain. Kokpit versi awal secara menarik menyerupai Mosquito, karena seluruh kokpitnya sama.
![]() |
Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter De Havilland Vampire militerbanget.blogspot.com |
Berbagai varian yang merupakan turunan dari pesawat Vampire bertugas di Royal Air Force selama 20 tahun, dan akhirnya pensiun pada tahun 1966. Pada tahun 1948, Vampire juga memperoleh kehormatan sebagai pesawat jet operasional pertama di Royal Canadian Air Force. Pesawat ini diterbangkan selama delapan tahun ketika pesawat skuadron terakhir digantikan dengan Sabre. Blue Devils menjadi tim akrobat jet Angkatan Udara Kanada pertama pada tahun 1949. Tim akrobatik udara ini menerbangkan pesawat Vampire dan mampu menggetarkan khalayak ramai di seluruh negeri dengan berbagai aksi aerobatiknya yang cantik dan memukau. Vampire juga memegang kehormatan sebagai pesawat buatan Inggris terakhir yang dibeli oleh RCAF.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Main Battle Tank / Tank Tempur Utama - EE-T2 Osorio")

Pesawat Jet Tempur/Jet Fighter
De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
Varian

De Havilland Vampire
militerbanget.blogspot.com
Pesawat tempur/pembom tempur kursi tunggal DH.100 Vampire
F.1 (atau F.Mk 1 atau Mk.1)
Versi pesawat tempur satu kursi untuk RAF; Tiga unit purwarupa (diberi nama ”Spider Crab”) dibangun untuk spesifikasi E.6/41. Jumlah produksi varian ini sebanyak 228 unit pesawat, termasuk 70 unit untuk Swedia (dikenal sebagai J 28A) untuk pengenalan. 30 unit ex-RAF F.1 ditransfer ke Armee de l'Air pada tahun 1948 dengan fungsi pelatihan bagi awak. TG431 dipasok ke Angkatan Udara Kerajaan Australia (RAAF) sebagai A78-1 pada bulan Mei 1947. TG278 dimodifikasi dengan sayap diperpanjang dan didukung dengan mesin Ghost 2.
F.2
Purwarupa dengan dapur pacu mesin Nene. Dua unit diproduksi secara menyeluruh dan tiga unit merupakan hasil konversi. TX807 dipasok ke RAAF (dikenal sebagai A78-2) pada bulan Agustus 1948 untuk pelatihan dan pengembangan teknis.
F.3
Varian pesawat tempur konfigurasi kursi tunggal untuk RAF. Dua purwarupa merupakan pesawat konversi dari varian F.1, sedangkan produksi menyeluruh total sebanyak 224 unit, 20 unit diekspor ke Norwegia, dan 150 unit ke Kanada untuk Angkatan Udara Kerajaan Kanada.
F.4
Merupakan proyek eksperimental dengan mesin Nene, tidak pernah terealisasi.
FB.5
Varian pesawat pembom tempur dengan dapur pacu mesin Goblin 2 dan fitur sayap yang bisa dilipat. Total produksi sekitar 1.123 unit, termasuk 930 unit untuk RAF. 94 unit FB.5 ex-RAF ditransfer ke Armee de l'Air pada tahun 1949 untuk skuadron operasional. VV465 dipasok ke RAAF sebagai A78-3 pada bulan Mei 1949 untuk pelatihan.
FB.6
Varian pesawat jet tempur pembom berkursi tunggal ditenagai dengan mesin Goblin 3. 175 unit diproduksi di Inggris ditambah dengan 310 unit diproduksi di Swedia (dikenal sebagai J 28B) dan 103 unit dibuat di Swiss, termasuk tiga unit cadangan.
(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: "Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja Amfibi / Amphibious Armored Personnel Carrier - BT-3F")
F.8
Konversi F.1 bertenaga mesihn Goblin digunakan sebagai purwarupa untuk de Havilland Venom; Satu unit diproduksi.
FB.9
Pesawat tempur-pembom F.5 bertenaga mesin Goblin-3 dengan konfigurasi tropis (kokpit dilengkapi dengan AC). 348 unit diproduksi, sebagian besar oleh de Havilland, dan beberapa unit oleh Fairey.
Bersambung ke Bagian 4
Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu
Sumber:
1. World Fighter Jet
2. Quora
3. Beberapa sumber lain
Tag:
#Alutsista
#Inggris
#Pesawat
#Pesawat_Tempur
#Pesawat_Tempur_Jet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar