Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 18 Okober 2020
Lanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul "Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 3"
Bagian 4
Mesin
Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuG III) menggunakan dapur pacu mesin berbahan bakar bensin Maybach HL 120 TRM V-12 yang diproduksi secara massal dan dapat diandalkan, menghasilkan daya sekitar 300 PS (296 hp atau 221 kW) dan rasio daya / berat 12,6 hp / ton, terhubung dengan transmisi enam percepatan. Wheeltrain terdiri dari enam roadwheel berpasir berpasangan yang dipadankan dengan peredam model lengan puntir, dan tiga rol gulung ganda per sisi. Sprocket drive ada di depan, sedangkan idler di belakang. Trek dibuat dari baja ringan dan identik dengan model pada Panzer III.
Uji tempur, fakta dan angka
Berikut adalah spesifikasi yang diperluas untuk Ausf.D (1941).
Kecepatan tertinggi: 40 km / jam (25 mph)
Kecepatan maksimum berkelanjutan maksimum di jalan: 24 km / jam (15 mph)
Kecepatan lintas negara: 10-12 km / jam (6-7 mph)
Jarak jelajah maksimum (jalan raya): 155 km (96 mi)
Jarak jelajah off road (lintas negara): 95 km (60 mi)
Halangan parit: 2,5 m (8 kaki)
Genangan air: 0,8 m (2ft7in)
Halangan vertikal: 0,6 m (1ft11in)
Tanjakan: 30 derajat
Ground clearance: 0,39 m (1ft3in)
Tekanan tanah: 0,9 kg / cm2
Rasio daya terhadap berat: 13,5 metrik hp / ton
Berat tempur: 20,7 metrik ton
Dimensi (laras pendek): 5,40 x 2,92 x 1,95 m (17ft8 x 9ft6 x 6ft4)
Seri "short barrel", Ausf.A hingga E
Versi-versi ini dikenal oleh Waffenamt sebagai Sd.Kfz.142.
-Hanya 36 Ausf.As diproduksi oleh Daimler-Benz AG antara Januari dan Mei 1940. Yang pertama dikirim pada September 1939 dan seluruh seri selesai pada April 1940. Enam terakhir didasarkan pada sasis Panzer III Ausf.G. Namun, karena banyak kesalahan produksi, hanya empat baterai (15 kendaraan) yang dikirim ke Perancis pada Mei 1940.
-The Ausf.B diproduksi dengan jumlah yang jauh lebih besar (300), kali ini oleh Alkett, antara Juni 1940 dan Mei 1941. Varian ini hampir identik dengan Ausf.A, jika bukan untuk trek yang sedikit lebih besar (380 mm bukannya 360 mm ). Roadwheels standar saling bertautan dengan roadwheels eksternal berdimensi 520x95mm dan keduanya dapat dipertukarkan.
Awalnya varian ini menggunakan transmisi 10 kecepatan, yang terbukti tidak praktis dan malah merepotkan, kemudian digantikan oleh transmisi 6-kecepatan. Untuk mengurangi kemungkinan track mengalami slip selama belokan tajam, rol guling depan diposisikan kembali lebih jauh ke depan.
-The Ausf.C hanya diproduksi selama satu bulan, pada bulan April 1941, dengan 50 kendaraan keluar dari pabrik. Hampir identik dengan versi sebelumnya, pada varian ini tingkap atau celah untuk melihat ke arah depan untuk penembak utama dihilangkan (fitur ini dilihat sebagai titik lemah dan menjadi target tembakan lawan) dan digantikan oleh periskop yang dipindahkan di bagian kiri depan body. Sistem peredam guncangannya juga baru. Pada kampanye di Perancis telah menunjukkan nilai StuG varian ini ternyata lebih dapat diandaalkan, dan 150 Ausf.Ds diperintahkan untuk diproduksi, diikuti oleh 500 Ausf.Es.
-The Ausf.D sebenarnya identik, hanya ada tambahan fitur interkom on-board. 150 dikirimkan antara Mei dan September 1941. Itu hanyalah peningkatan C pada jalur produksi. Namun, ada penurunan dalam pengiriman efektif karena kekurangan pasokan mesin Maybach HL 120 TRM, yang dikirim sebagai pengganti ke depo depan Timur.
-The Ausf.E mengganti versi sebelumnya pada jalur produksi, dengan 284 unit dikirim hingga Februari 1942. Superstruktur samping diberi tambahan kotak lapis baja persegi panjang untuk peralatan radio tambahan dan mampu menyimpan enam amunisi lagi (total kapasitas amunisinya menjadi 50 amunisi), sementara MG 34 dengan 7 magasen tipe drum dipasang di sisi kanan body untuk pertahanan jarak dekat. Kendaraan komandan diberi tambahan fitur periskop stereoscopic model gunting SF14Z.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar