Minggu, 19 April 2020

Roket Berawak Luftwaffe Jerman, Bachem Viper Natter, Simbol Keputusasaan Jerman di Akhir Perang



Ciledug, Kota Tangerang, Banten, Minggu, 19 April 2020

Pada kenyataannya, hanya satu pesawat pencegat lepas landas vertikal eksperimental ini yang terwujud pada tahun 1944. Proyek inovatif sederhana ini dinamai Bachem Projekt 20, yang diterima oleh Kementerian Udara dan menerima penunjukan RLM resmi Ba 349, yang diberi kode bernama Natter (Viper). Pesawat ini diproduksi dalam jumlah kecil sebelum perang berakhir. Desain kedua dengan kemampuan lepas landas vertikal, He P 1077, gagal terwujud kecuali beberapa glider yang mungkin telah selesai sebelum akhir perang.

Bachem Werke GmbH didirikan pada tanggal 10 Februari 1942, oleh Dipl.-Ing. Erich Bachem, sebelumnya Technischer Direktor dari perusahaan Fieseler. Perusahaan memproduksi suku cadang untuk pesawat tempur bermesin-piston dan peralatan pesawat lainnya sebelum proyek Natter dibuat.


BP 20 diproyeksikan sebagai pesawat pencegat kecil dan ringan, sekali pakai, yang murah dan dapat diproduksi massal secara cepat, yang mampu menghancurkan setiap pesawat pembom musuh menggunakan sistem amunisi dan persenjataan sesedikit mungkin. Untuk mencapai tujuan ini, proyek ambisius ini menerapkan sistem lepas landas roket vertikal yang diikuti oleh sistem pendaratan terpisah dan pendaratan pilot dan pesawat oleh parasut yang terpisah. Pihak perancang meyakini, bahwa pilot yang hanya memiliki sedikit atau tidak memiliki pengalaman hanya akan membutuhkan sedikit waktu pelatihan saja untuk mampu menguasai pesawat ini, dimana hal ini sangatlah penting pada periode akhir perang, dimana sumber daya, baik itu mesin, manusia, bahan bakar, dan sebagainya, sudah sangat menipis. 


Erich Bachem berasumsi, bahwa penempatan pesawat ini pada area-area yang vital, dalam jumlah yang memadai, dapat mengurangi bahkan menangkal gelombang serangan pesawat pembom yang semakin menggila di akhir perang. 


Kelebihan pesawat Natter lainnya termasuk penghematan dalam jumlah penggunaan baja dan bahan bakar untuk produksi dan juga operasional serta kemampuan untuk dimobilisasi dengan cepat dari lokasi kecil yang disamarkan. Kelebihan lain dari pesawat ini adalah motor roket yang digunakan dapat dengan mudah diperbaiki dan digunakan Kembali. Secara umum, pesawat ini dapat dikatakan sebagai roket berawak.


BP 20 terbuat dari konstruksi kayu dan akan diproduksi tanpa menggunakan rekayasa pres kayu yang rumit. Sebagian besar bagian dari pesawat ini dapat dibuat di bengkel kayu kecil yang banyak tersebar di Jerman, tanpa mengganggu kebutuhan industri pesawat terbang yang ada. Menurut Erich Bachem, hanya diperlukan 600 orang-jam untuk memproduksi satu badan pesawat, tidak termasuk motor roket HWK 509 A-2, yang relatif mudah dibuat jika dibandingkan dengan mesin turbojet canggih.


Kapasitas bahan bakar terdiri dari 119 US galon (setara dengan 450 liter) T-Stoff dan 66 US galon (setara dengan 250 liter) C-Stoff, yang ditempatkan  dalam tangki terpisah. Bahan bakar yang tersedia cukup untuk penerbangan selama 80 detik pada kekuatan penuh, menghasilkan daya dorong sekitar 3.750 lb (1.700 kg). Untuk membantu proses lepas landas terdapat empat roket bahan bakar padat SR 34 yang menghasilkan daya dorong tambahan sebesar 2.200 lb (1.000 kg) selama dua belas detik.


Di atas kertas,sistem senjata yang diusung pesawat Natter tergolong sederhana tetapi memiliki kemampuan menghancurkan yang tinggi. Senjata-senjata itu terdiri dari roket udara-ke-udara kaliber 73mm F6hn yang ditembakkan secara elektrik, 73 mm, atau rudal udara ke udara 32 R40 yang terletak di belakang penutup yang bisa dibuka di bagian hidung. Alternatifnya, Rheinmetall SG 119 terdiri dari enam kluster, masing-masing kluster berisi tujuh barel MK108 yang dikelompokkan bersama dalam satu silinder dengan kluster yang diatur untuk menembak secara berputar seperti pada revolver.


Bachem menyerahkan proyek Natter-nya ke OKL dan sekaligus ke SS-F6hrungshaptamt (SS Planning Office), pada Agustus 1944. Satu bulan kemudian, sebuah kontrak untuk lima belas unit pesawat BP 20 eksperimental diberikan, dan beberapa minggu kemudian, Natter dimasukkan dalam program J5gerNot (Program Tempur Darurat). Pesawat eksperimental pertama, Ba 349 M1 dan M2, sedang dibangun pada Oktober 1944, pada saat RLM percaya bahwa Natter dapat berhasil digunakan melawan pembom berat Sekutu, termasuk Boeing B-29.


30 unit dari batch pertama dari lima puluh Ba 349 dipesan untuk pengiriman antara Oktober 1944, dan Januari 1945. Ukuran pentingnya yang melekat pada program ini adalah dalam urutan substansial 200 Viper pada awal produksi massal.


Pemasangan parasut mengakibatkan tertundanya uji terbang prototipe target pertahanan pertama, Ba 349 M1, hingga November 1944. Ba 349 M2 selesai segera sesudahnya dan lepas landas pertama di bawah derek prototipe ketiga, Ba 349 M3, dibuat di Neuburg pada Danube pada 14 Desember 1944. Penerbangan kedua di belakang He 111 oleh DFS, diikuti delapan hari kemudian. Setelah berhasil menyelesaikan uji darat di dekat Bad Waldsee pada 18 Desember 1944, peluncuran vertikal pertama dari pelontar telah dijadwalkan. Sayangnya, proses ini menjadi bencana ketika Viper yang diuji coba terbakar karena kesalahan teknis. 


Upaya berikutnya dilakukan empat hari kemudian di Heuberg Hill dekat Stetten am kalten Markt. Pesawat diderek ke ketinggian 2.460 kaki (750 m) dan parasut digunakan untuk mendaratkan Viper dan pilotnya yang mendarat dengan aman ke darat. Lepas landas kedua terjadi pada tanggal 29 Desember 1944, tanpa insiden serius sementara secara bersamaan, wiper lainnya diluncurkan ke udara untuk pengujian lebih lanjut.


Sayangnya, pasukan lapis baja Perancis melaju ke Waldsee pada April 1945 dan sejumlah besar pesawat ini termasuk komponen dan mesin berhasil dirampas. Hanya beberapa hari sebelum pasukan lapis baja Perancis itu tiba, lima belas unit mesin roket yang ditujukan untuk Viper telah dikirim ke Danau Waldsee untuk mencegah penangkapan mereka. Namun rahasia itu tidak disimpan dengan baik dan kemudian dapat dirampas.

Rencana untuk produksi massal Ba 349 A-1 disahkan pada tanggal 1 Maret 1945, tetapi hanya beberapa yang benar-benar selesai. Ini diikuti oleh pencegat Ba 349 B-1 (Entwurf 2) yang ditingkatkan yang akan diproduksi di Waldsee, tetapi hanya sedikit yang benar-benar selesai.

Salah satu varian ditenagai oleh roket berbahan bakar padat untuk mengevaluasi karakteristik lepas landas. Tes praktis dilakukan di Peenemunde, di mana tes pertama dilakukan selama Februari 1945, terbukti tidak berhasil. Willy A. Fiedler, seorang insinyur pengujian yang bekerja untuk RLM, dikirim ke Bukit Heuberg untuk mengawasi program yang dikutip oleh Erich Bachem setelah perang, dengan mengatakan bahwa sekitar dua puluh Ular telah digunakan untuk tes praktis. Lima belas berasal dari A-series, dan empat pesawat B-series. Semua dibangun di Waldsee. Yang lain dirakit oleh pabrik peluncur Wolf Hirth. Empat Ba 349 tambahan, kemungkinan seri-B, ditangkap pada akhir perang oleh pasukan Sekutu dekat St. Leonhard, Austria


Spesifikasi Pesawat Berpendorong Roket  Bachem Viper Natter

Asal: Jerman Bachem-Werke GmbH, Waldsee
Jenis: Pesawat pencegat/penyergap

Mesin: 2.000 kg thrust Walter HWK 109-509C-1 roket bi-propellant (peluncuran vertikal didorong oleh empat 500 kg atau dua motor solid 1.000 kg

Persenjataan: 24 unit roket Föhn 73mm roket dengan sirip penstabil lintasan, atau 33 roket dengan sirip penstabil lintasan, 33 R4M 55mm, atau (masih tahap direncanakan) dua meriam kaliber 30mm MK 108 masing-masing dengan 30 peluru

Kecepatan: 
kecepatan maksimum (permukaan laut) 800 km/jam, (pada ketinggian tinggi) 1.000 km / jam
Kecepatan menanjak: 11.100 m/menit
Jarak jelajah maksimum: 32-48 km
Berat kosong: 880 kg, penuh: 2.232 kg


Dimensi
Bentang sayap: 3,6 m
Panjang: 6,02 m
Tinggi: 2.25m
Awak: satu orang


Sumber Wikipedia

Spesifikasi (Ba 349B-1)
Ba 349
Karakteristik umum
Awak: 1


Panjang: 6 m (19 kaki 8 in)
Lebar sayap: 4 m (13 kaki 1 in)
Tinggi: 2,25 m (7 kaki 5 in) (tanpa sirip)
Area sayap: 4,7 m2 (51 sq ft)
Berat kosong: 880 kg (1.940 lb) bahan bakar dikeluarkan

Berat kotor: 2.232 kg (4.921 lb)
Penambah berat badan kotor yang dibuang: 1,769 kg (3,900 lb)

Kapasitas bahan bakar: 650 kg

Mesin: 1 × Walter HWK 109-509C-1 motor roket bi-fuel, 11,2 kN (2.500 lbf) mendorong ruang utama Hauptofen
2,9 kN (652 lbf) ruang bantu Marschofen
Mesin: 4 × Schmidding SG 34 roket pendorong bahan bakar padat, 4,9 kN (1.100 lbf) masing-masing dorong
atau roket pendorong bahan bakar padat 2 x 9,8 kN (2.203 lbf)

Performa
Kecepatan maksimum: 1.000 km / jam (621 mph; 540 kn) pada 5.000 m (16.404 kaki)
Kecepatan jelajah: 800 km / jam (497 mph; 432 kn)
Jarak jelajah maksimum: 60 km (37 mi; 32 nmi) setelah mendaki pada 3.000 m (9.843 kaki)
55 km (34 mi) setelah mendaki pada 6.000 m (19.685 kaki)
42 km (26 mi) setelah naik pada ketinggian 9.000 m (29.528 kaki)
40 km (25 mi) setelah naik 10.000 m (32.808 kaki)

Daya Tahan terbang: 4,36 menit pada 6.000 m (19.685 kaki)
3,15 menit pada 9.000 m (29.528 kaki)

Elevasi maksimum: 12.000 m (39.000 kaki)
Tingkat pendakian: 190 m / s (37.000 kaki / mnt)
Waktu ke ketinggian: 62 detik hingga 12 km (7,5 mi)

Persenjataan
24 × 73 mm (2,874 in) Pod/tandan roket Henschel Hs 297 Föhn
atau roket roket R4M 33 × 55 mm (2,165 in.)
atau 2 × 30 mm (1,181 in) meriam MK 108 dengan 30 rpg (diusulkan)

Sumber : 
2. Wikipedia

tag: 
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #Corona, Covid-19, #Covid, #Virus Corona, #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #sobat ambyar,  #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle

Tidak ada komentar:

Posting Komentar