Minggu, 25 Agustus 2024

Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)


Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 25 Agustus 2024

Tank perusak atau tank destroyer milik Jerman ini memang tidak terlalu terkenal kiprahnya, tidak seperti PzKpfw V (Panther) atau PzKpfw VI (Tiger) yang memang sangat kesohor pada masa itu. Tetapi tidak bisa dipungkiri, kehadiran tank destroyer ini cukup untuk membuat barisan lapis baja pihak lawan pusing tujuh keliling karena keganasannya. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kedua)", silahkan disimak:

Jerman meramalkan bahwa, di masa depan, senjata yang lebih canggih dengan kinerja antitank yang lebih unggul akan dibutuhkan. Dengan pengembangan proyek tank Panther, senjata anti tank yang baru berupa Meriam kaliber 7,5 cm L/70, akan tersedia. Upaya untuk memasang senjata ini awalnya akan diuji menggunakan sasis Leopard VK16.02. Mengingat sasis yang agak kecil, ruang yang tidak cukup untuk memasang senjata besar, dan pembatalan kendaraan ini, proyek tersebut tidak akhirnya terhenti di meja gambar dan tidak pernah masuk ke jalur produksi.

Alkett, produsen utama seri StuG III, mulai bekerja untuk mencari cara untuk memadukan meriam 7,5 cm L/70 pada kendaraan StuG III. Pada akhir tahun 1942, model dari kayu selesai dibuat. Model ini memiliki superstruktur atas yang jauh lebih besar, profilnya agak menyerupai Jagdpanzer 38, untuk mengakomodasi meriam baru. Segera menjadi jelas bahwa pemasangan seperti itu pada sasis Panzer III tidak mungkin dilakukan, jadi solusi lain diperlukan.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Fiat B.R.20 Cicogna)

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Sasis Panzer IV dianggap sebagai solusi yang jauh lebih baik, mengingat dimensinya yang lebih besar dan pemasangan superstruktur dan senjata baru dapat dilakukan. Alkett sekali lagi mempresentasikan proyek kendaraan semacam itu berdasarkan sasis Panzer IV yang dapat dipersenjatai dengan Meriam kaliber 7,5 cm L/70 (Gerät No.822) atau kaliber 10,5 cm (Gerät No.823). Pada akhir Oktober 1942, model skala penuh bahkan dipresentasikan kepada Adolf Hitler, tetapi tidak ada hasilnya.

Vogtlandische Maschinenfabrik AG (Vomag) mengajukan versi tank hunter barunya sendiri yang berbasis Panzer IV kepada Adolf Hitler pada tanggal 2 Oktober 1942. Hitler terkesan dengan apa yang dilihatnya dan memberikan lampu hijau untuk proyek tersebut. Mock-up kayu tersebut selesai pada bulan Mei 1943, saat dipresentasikan kepada Hitler. Mock-up kayu ini berbeda dari kendaraan yang dibangun kemudian, karena didasarkan pada sasis tank Panzer IV Ausf.F yang tidak berubah. Setelah presentasi kendaraan baru tersebut, Hitler merasa puas dan memerintahkan produksi purwarupa pertama sesegera mungkin. 

Pada bulan September 1943, Vomag memulai perakitan dua kendaraan seri 0 dari baja tuang. Prototipe ini mirip dengan mock-up kayu, memiliki sudut depan membulat, tetapi lambung depan Panzer IV dimodifikasi secara besar-besaran dengan pelat baja bersudut baru. Selain itu, pada sisi superstruktur Jagdpanzer IV, ditempatkan lubang atau tingkap penembakan untuk pistol mitraliur kaliber 9 mm MP-38/40. Kedua fitur ini dihilangkan dari kendaraan produksi demi desain lapis baja yang lebih sederhana dan penghapusan lubang penembakan samping. Pada bulan Januari 1944, purwarupa kedua selesai dibuat. Setelah pemeriksaan singkat, purwarupa ini dipilih sebagai dasar untuk masuk dalam jalur produksi.

Pemberian nama

Tank perusak yang baru ini sebenarnya merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep tank serbu, tetapi lebih spesifik dan murni dirancang untuk peran anti tank. Tidak mengherankan bahwa tank ini awalnya disebut sebagai Sturmgeschütze Neue Art. Proyek ini dimulai beberapa bulan sebelum posisi General der Panzertruppe dibentuk. Keterlibatan erat divisi senapan serbu Angkatan Darat Jerman dalam proyek ini dapat dilihat dalam surat yang ditulis oleh General der Artillerie Fritz Lindemann kepada Heinz Guderian pada awal tahun 1944.

“.. Karena Sturmgeschütz menembakkan 25 persen amunisinya ke tank dan 75 persen ke jenis target lain, sebutan “Panzerjäger” hanya berlaku untuk sebagian tugas yang diberikan kepada Sturmgeschütz. Sebutan “Sturmgeschütz” adalah konsep yang dikenal baik oleh infanteri. Oleh karena itu, General der Infanterie bermaksud mempertahankan sebutan Sturmgeschütz.”

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank Type 80)

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Sejalan dengan pengembangan StuG III, Jerman juga menggunakan kendaraan antitank yang dikenal sebagai Panzerjäger. Istilah Panzerjäger berasal dari Perang Dunia Pertama. Penggunaan Jagdpanzer (bahasa Inggris: tank hunter) di beberapa sumber juga menarik. Saat ini, istilah Panzerjäger sering dikaitkan dengan kendaraan yang dilindungi dengan ringan, biasanya dengan atap terbuka, sementara Jagdpanzer dikaitkan dengan kendaraan antitank yang tertutup sepenuhnya. Ini adalah penugasan baru-baru ini, karena kedua istilah tersebut, menurut terminologi dan konsep militer Jerman, pada dasarnya adalah satu dan sama.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga). Artikel ini bersambung ke bagian keempat dengan judul “Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang_Dunia_II
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar