Senin, 29 April 2019

Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Fiat B.R.20 Cicogna


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 29 April 2019

Pesawat pembom medium ini produksi pabrikan Rosatelli asal Italia. Pabrikan ini mulai membuat pesawat pembom semenjak tahun 1919 dengan kode registrasi B.R. atau Bombardamento Rosatelli. Pesawat B.R. 20 dirancang dan masuk ke jalur produksi dalam tempo yang terbilang cepat, purwarupanya terbang pertama kali pada bulan Februari tahun 1936.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Yang luar biasa lagi, pesawat Cicogna (atau "Stork" dalam bahasa Inggris atau "Bangau" dalam bahasa Indonesia) mulai memperkuat skuadron pesawat pembom Italia pada akhir tahun yang sama. B.R. 20 adalah pesawat canggih yang terbuat dari logam seluruhnya (terbilang modern untuk ukuran saat itu) dan digunakan oleh Aviazione Legionaria untuk mendukung pihak Nasionalis saat Perang Sipil Spanyol

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Pesawat pembom ini, bersama-sama dengan pesawat pembom Heinkel He 111 asal Jerman mencatatkan prestasi yang sangat tinggi dan efektif, karena mampu menghadapi pesawat tempur pihak lawan di siang hari. Atas reputasi tersebut, pihak Spanyol tertarik dan membeli 25 unit dan berusaha untuk membeli lisensinya agar dapat diproduksi sendiri di dalam negeri, tetapi tak pernah terwujud.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Kendaraan Lapis Baja / Panzer - Schwerer Panzerspahwagen SdKfz 231 (8-rad))

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Pesawat pembom ini diekspor ke Venezuela dan juga Jepang. Angkatan bersenjata Jepang menggunakan pesawat pembom ini saat invasi ke Tiongkok dan memberinya registrasi baru, yaitu Type 1 Model 100. 

Saat negara Italia ikut terlibat dalam Perang Dunia ke II pada tahun 1940, ternyata pesawat ini tak mampu mengimbangi kekuatan udara Sekutu, terutama ketika harus menghadapi pesawat-pesawat tempur Sekutu.

Versi peningkatan dari pesawat ini adalah B.R.20M (Kode M adalah singkatan dari Modificato atau modifikasi). Versi peningkatan ini memiliki perbaikan dalam hal aerodinamis dan juga proteksi. Diproduksi setengah dari total 602 unit yang berhasil diproduksi, pesawat hasil peningkatan ini memiliki persenjataan defensif yang lebih baik serta proteksi yang lebih kuat.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Berat / Heavy Bomber - Focke-Wulf Fw-200 "Condor")

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini dikenal karena terlibat dalam Kampanye di Balkan dan Western Desert, jarang diketahui oleh pengamat sejarah bahwa pesawat pembom buatan Italia ini sempat dioperasikan untuk menyerang daratan Inggris. Untuk mempromosikan kerjasama militer Italia dengan Jerman, sekaligus percaya terhadap propaganda dari Jerman bahwa kekuatan RAF itu lemah dan mudah dihancurkan, Bennito Mussolini lalu mengirimkan armada B.R.20 dengan dikawal oleh pesawat tempur Italia. Gugus tugas ini lalu ditempatkan di pantai Channel untuk persiapan menyerang daratan Inggris.

Pada tanggal 1 November 1940, formasi sekitar 10 unit pesawat B.R.20 yang dikawal oleh 40 pesawat tempur CF42 menyerang pelabuhan di Harwich. Hasilnya sangat tragis, delapan dari 10 pesawat B.R.20 tersebut ditembak jatuh oleh pesawat tempur RAF. Mendapatkan hasil yang sangat menyedihkan tersebut, ditambah lagi dengan kenyataan bahwa RAF ternyata tidak selemah yang diberitakan oleh propaganda Jerman, Italia memutuskan untuk menarik armada pesawat pembomnya beberapa minggu kemudian.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Fiat B.R.20 Cicogna
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Fiat B.R.20 Cicogna


Asal Negara: Italia
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Medium
Terbang Perdana: 10 Februari 1936
Kru: 5 Orang
Bobot: 6.500 kg (Kosong), MTOW: 10.340 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 16,68 m 
Bentangan sayap: 21,56 m
Tinggi: 4.75 m
Wing Area: 74.00m2

Persenjataan:

3x12.7mm Senapan mesin berat,  masing-masing di hidung, dorsal, dan ventral turet.
Bom sampai dengan berat 1.600 kg.

Mesin: 2 X Renault 70hp Cylinder piston engine

Performa  

Kecepatan maksimum: 440 km/jam
Ketinggian maksimum: 8.000 m
Kecepatan menanjak: 250m/menit
Jarak maksimum: 2.750 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber Fiat B.R.20 Cicogna, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
1. Wikipedia
2. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar