Sabtu, 17 Oktober 2020

Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 3



Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jum'at, 16 Oktober 2020

Lanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul "Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 2"

Bagian 3

Persenjataan

Senjata utama dari Stug III ini adalah Kanone L / 24 Krupp 7,5 cm (dengan panjang laras 24 kaliber). Meriam ini pada dasarnya adalah meriam dengan laras pendek yang dirancang untuk menembakkan amunisi tipe HE di benteng dan posisi musuh. Meriam ini adalah modifikasi dari meriam tank 7,5 / KwK L / 24 cm yang awalnya dirancang untuk digunakan pada Panzer IV (PzKpfw IV). Amunisi dari meriam ini mampu menghancurkan blockhauses dan pillboxes pada jarak pendek, menengah atau bahkan jarak jauh ketika berada di elevasi maksimal. Kampfwagenkanone 7,5 cm-37 L / 24 itu dilengkapi dengan berbagai jenis amunisi selama perang. 


K.Gr.rot.Pz. adalah tipe amunisi yang mampu menembus lapisan proteksi dari baja, Kt.Kw.K. adalah amunisi tabung (canister), amunisi anti personel, Nbgr.Kw.K. adalah amunisi asap, Gr.38 Hl / A adalah amunisi High Explosive Anti-Tank, serta model / B dan / C. Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya adalah amunisi HE standar, Sprgr 7,5 cm.34, yang merupakan yang terberat dari semua tipe amunisi tersebut (7-8 kg).


Amunisi tipe HEAT, yang dipadankan dengan Meriam dengan velocity rendah (385 m/s), masih mampu menunjukkan kinerja yang baik, karena dapat menembus lapisan pelindung tank dengan ketebalan antara 39 dan 41 mm (1,54-1,61 in) dari jarak tembak antara 100 dan 500 m (110-550 yd), sedangkan pada jarak 2000 m (1,24 mi) kemampuan penetrasinya turun menjadi 30 mm (1,18 in) dengan tingkat akurasi yang rendah. Area penyimpanan amunisi pada tank perusak ini mampu menampung hingga 54 butir amunisi.

Dengan munculnya varian Stu.K. L / 40, kemampuan dan kinerja amunisi menjadi meningkat, dan serangkaian tes diikuti. Akibatnya, total kapasitas angkut amunisi dikurangi menjadi 44, dan komposisi tipe amunisi yang dibawa juga ikut berubah. 12% dari amunisi adalah tipe K.Gr.rot. Pz (tipe penembus baja, dengan tracer dan inti berisi peledak daya tinggi), 65% adalah amunisi tipe HE, atau Sprenggranaten, dan 23% amunisi asap, atau Nebelgranaten. Akhirnya, tipe keempat diperkenalkan, dengan peningkatan efisiensi terhadap sistem proteksi (melalui bentuknya yang bersudut tajam). Amunisi baru ini adalah amunisi HEAT atau Gr.38 HL. amunisi ini dirancang untuk kinerja fragmentasi yang sangat baik, tetapi masih sangat efektif terhadap target dengan permukaan lunak. 


Desain awal kurang berhasil daripada K.Gr.rot. Tapi, setelah pengenalan HL / A & B, jumlah yang dipasok ke unit garis depan terus bertambah. Sebagai indikasi, Ausf.D yang berhasil dirampas di Afrika Utara dijejali dengan 88 butir amunisi, termasuk 20 amunisi tipe HL / As dan 35 K.Gr.rot., Menandakan peningkatan penggunaan untuk pertempuran antar tank.

Pada versi awal, tidak ada senapan mesin sekunder, tank mengandalkan perlindungan hanya pada pasukan infanteri yang menyertai untuk pertahanan jarak dekat, yang masuk akal ketika penggunaan taktis pertama kali dibayangkan. Namun, pada saat versi G mulai operasional, (Desember 1942), satu Maschinengewehr 34 yang dilindungi oleh perisai dipasang di di bagian atas. 


Senjata bawaan personel termasuk, umumnya, senapan mesin ringan MP 38 dan beberapa pistol otomatis P 38. Untuk memaksimalkan tingkat akurasi, penargetan atau penembakan melambung tidak langsung digunakan, tetapi dengan mengorbankan akurasi. Akurasi yang lebih baik dicapai pada jarak pendek (kurang dari 500 m atau sekitar 550 yard), karena kecepatan proyektil yang rendah dan kemungkinan kesalahan saat menyesuaikan busur yang tepat.

Dalam hal akurasi penembakan ini, kualitas instrumentasi optik adalah yang terpenting. Pada varian Ausf.C, D dan E, sistem pembidik ZF1 baru diperkenalkan, dengan pola reticle termasuk tujuh segitiga yang dipisahkan oleh empat mil. Jarak antara segitiga digunakan untuk membidik sasaran bergerak. Pemisahan dan tinggi mereka membantu penembak untuk memperkirakan jarak, ditandai dengan interval 100 m dari kisaran 1.500 m, dengan skala sekunder untuk rentang 6.000 m. Karena busur senjata utama sangat terbatas, total gerakan meriam ke kanan dan ke kiri hanya sekitar 24 ° (12 ° di setiap sisi), Tank harus sering berubah arah untuk berurusan dengan target bergerak yang relatif dekat.


Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Sumber : 
1. Tank Encyclopedia.com
2. Wikipedia 
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana,
#Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar