Senin, 26 Agustus 2024

Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat)


Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Senin, 26 Agustus 2024

Tank perusak atau tank destroyer milik Jerman ini memang tidak terlalu terkenal kiprahnya, tidak seperti PzKpfw V (Panther) atau PzKpfw VI (Tiger) yang memang sangat kesohor pada masa itu. Tetapi tidak bisa dipungkiri, kehadiran tank destroyer ini cukup untuk membuat barisan lapis baja pihak lawan pusing tujuh keliling karena keganasannya. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Ketiga)", silahkan disimak:

Sepanjang pengembangan dan masa penggunaannya, tank perusak yang baru ini menyandang beberapa sebutan berbeda, yang cukup umum bagi Jerman selama perang. Salah satu sebutan sebelumnya adalah Kleine Panzerjäger der Firma Vomag (Eng. Small Tank Hunter dari Vomag Company), tertanggal Mei 1943. Sebutan lainnya termasuk: Panzerjäger auf Fahrgestell Panzer IV (Eng. Tank Destroyer pada Chassis Panzer IV) pada bulan Agustus 1943, Stu.Gesch.nA auf Pz.IV (Eng. New Type Assault Gun pada Panzer IV Chassis) November 194 3, dan Leichter Panzerjäger auf Fgst.Pz.Kpf.Wg.IV mit 7,5 cm Pak 39 L/48 (Eng. Light Tank Destroyer pada Sasis Panzer IV) pada bulan Desember 1943. Sejak tahun 1944 dan seterusnya, sebutan yang jauh lebih pendek digunakan: Panzerjäger IV 7,5 cm Pak 39 L/48 (Maret 1944), Jagdpanzer IV Ausf.F (September 1944), dan Jagdpanzer IV – Panzerjäger IV (November 1944). Menariknya, meskipun dialokasikan untuk unit Panzer, sebutan Sturmgeschütze Neue Art mit 7,5 cm Pak 39 L/48 auf Fgst.Pz.Kpfw digunakan selama periode Februari hingga Oktober 1944. Mengingat bahwa kendaraan ini secara umum dikenal saat ini hanya sebagai Jagdpanzer IV, selanjutnya dalam artikel ini akan menggunakan nama tersebut dan bukan nama yang lain.

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Produksi

Setelah kekalahan Jerman pada tahun 1942, Heinz Guderian dipanggil kembali dari masa pensiunnya oleh Hitler, yang berharap bahwa Guderian dapat membangun kembali divisi Panzer yang hancur. Guderian segera mulai membangun kembali formasi ini. Pada saat itu, industri Jerman sedang dalam proses mengembangkan berbagai tank baru dan proyek alutsista lapis baja lainnya, bahkan lebih dari yang secara realistis dapat diproduksi secara massal. Dengan dukungan Albert Speer, Menteri Persenjataan dan Produksi Perang, Guderian ingin memperkenalkan program rasionalisasi dan membuang proyek-proyek yang tidak dapat segera diproduksi. Jadgpanzer IV dianggap sebagai salah satu proyek tersebut. Baik Guderian maupun Speer tidak antusias dengan kendaraan ini, karena mereka menganggap bahwa itu hanya akan menyebabkan keterlambatan dalam produksi Panzer IV. Selain itu, kendaraan StuG III melakukan peran ini dengan sangat baik dan mereka percaya produksinya harus ditingkatkan sebagai gantinya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank Type 80)

Di sisi lain, Hitler, berdasarkan laporan dari berbagai sumber di lapangan mengenai kinerja StuG III saat digunakan dalam peran anti tank, memiliki pandangan yang sangat antusias terhadap Jagdpanzer IV yang baru. Ia mendesak agar produksi massalnya dimulai sesegera mungkin dan kendaraan ini akan sepenuhnya menggantikan tank Panzer IV. Meskipun tidak diragukan lagi merupakan alutsista yang efektif, tidak adanya turet pada Jagdpanzer IV berarti bahwa, jika digunakan dalam operasi ofensif sebagai pengganti tank, efektivitas tempurnya akan sangat berkurang. Baik Guderian maupun Albert Speer tidak dapat berbuat banyak untuk meyakinkan Hitler tentang hal sebaliknya. Namun, berkat desakan mereka, hanya Vomag yang dipilih untuk produksi Jagdpanzer IV untuk menghindari keterlambatan dalam produksi tank yang lain.

Produksi Jagdpanzer IV seharusnya dimulai dengan 10 unit pertama yang rampung pada bulan September 1943. Pada bulan-bulan berikutnya, laju produksi diprediksi akan meningkat 10 unit setiap bulan. Ini berarti bahwa, pada tahun 1943, produksi seharusnya sebagai berikut: 20 unit pada bulan Oktober, 30 unit pada bulan November, dan 40 unit pada akhir Desember. Sayangnya rencana ini tidak terealisasi dan Vomag hanya mampu menyelesaikan 10 unit selama tahun itu. Masalah dengan pengiriman dudukan senjata dalam jumlah yang cukup, selain kualitas pelat baja yang buruk, menyebabkan keterlambatan produksi. Hingga Mei 1944, Vomag terlibat dalam produksi Panzer IV, setelah itu hanya berfokus pada produksi Jagdpanzer IV.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran Eurocopter UH-72 Lakota)

Pada saat produksi Jagdpanzer IV dihentikan pada bulan November 1944, sekitar 750 unit telah dibuat oleh Vomag. Produksi alutsista ini sempat anjlok drastis pada bulan September, yang disebabkan oleh pengeboman pabrik Vomag oleh pesawat pembom Sekutu.

Tank Perusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Rancang Bangun Jagdpanzer IV


Lambung Jagdpanzer

Jagdpanzer IV diproduksi dengan menggunakan sasis tank Panzer IV Ausf.H, yang sebagian besar tidak mengalami perubahan. Tank ini terdiri dari transmisi depan, kompartement kru pada bagian tengah, dan kompartemen mesin pada bagian belakang. Perubahan yang paling mencolok adalah superstruktur baru yang bersudut dan lambung depan bawah yang didesain ulang dengan sudut tajam. Hal ini dilakukan untuk memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dengan menggunakan pelat baja tebal bersudut yang saling bertautan. Selain itu, beberapa desain ulang internal diperlukan untuk mengakomodasi superstruktur yang baru dan dudukan senjata. Salah satu contohnya adalah perubahan posisi pintu darurat bawah. Awalnya, pintu darurat terletak di bawah operator radio pada Panzer IV, tetapi pada Jagdpanzer IV, pintu darurat dipindahkan dekat dengan juru tembak.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kelima)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang_Dunia_II
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar