Rabu, 28 Agustus 2024

Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kelima)


TankPerusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Rabu, 28 Agustus 2024

Tank perusak atau tank destroyer milik Jerman ini memang tidak terlalu terkenal kiprahnya, tidak seperti PzKpfw V (Panther) atau PzKpfw VI (Tiger) yang memang sangat kesohor pada masa itu. Tetapi tidak bisa dipungkiri, kehadiran tank destroyer ini cukup untuk membuat barisan lapis baja pihak lawan pusing tujuh keliling karena keganasannya. Supaya artikel ini dapat dipahami dengan baik, silahkan baca artikel sebelumnya yang berjudul "Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Keempat)", silahkan disimak:

Suspensi dan Roda penggerak

Suspensi dan roda gigi penggerak merupakan elemen lain yang digunakan kembali dari Panzer IV. Elemen-elemen tersebut terdiri dari delapan unit roda ganda kecil yang digantung dalam empat pasang oleh unit pegas daun di setiap sisinya. Terdapat dua sproket penggerak depan, dua idler belakang, dan delapan rol penahan track pada bagian atas. Rol penahan pada Panzer IV standar yang terbuat dari karet kemudian diganti dengan yang terbuat dari baja karena kurangnya karet di kemudian hari selama produksi. Selain itu, pada akhir produksi, beberapa kendaraan hanya memiliki tiga rol penahan di setiap sisinya. Bergantung pada kebutuhan atau ketersediaan, trek yang lebih lebar dapat digunakan sebagai pengganti trek biasa untuk meningkatkan performa pada medan yang berlumpur atau salju.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Multirole Helicopter / Helikopter Multi Peran Eurocopter UH-72 Lakota)

ankPerusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Mesin

Jagdpanzer IV ditenagai oleh mesin Maybach HL 120 TRM yang menghasilkan daya 265 hp pada @ 2.600 rpm. Kecepatan maksimumnya adalah 40 km/jam (15-18 km/jam lintas alam). Dengan muatan bahan bakar sekitar 470 liter, radius operasionalnya sekitar 210 km. Kompartemen mesin dan kru dipisahkan oleh dinding lapis baja yang tahan api dan kedap gas. Untuk menghindari kebakaran, sistem pemadam kebakaran otomatis dipasang di kompartemen mesin. Posisi awal tangki bahan bakar Panzer IV, di bawah turret, kemudian diubah untuk menurunkan ketinggian kendaraan. Dua tangki bahan bakar ditempatkan di bawah senjata dan yang ketiga lebih kecil di kompartemen mesin. Untuk mengisi ulang tangki bahan bakar depan, dua (satu di setiap sisi) pipa pengisi bahan bakar terletak di belakang sproket penggerak depan.

Pelat pelindung depan yang ditambahkan menyebabkan beban tambahan pada suspensi depan. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebagian besar suku cadang dan peralatan tambahan dipindahkan ke kompartemen mesin belakang selama produksi. Ini termasuk berbagai komponen seperti rel cadangan, roda, alat untuk perbaikan, alat pemadam kebakaran, dan peralatan kru.

ankPerusak/Tank Destroyer Jagdpanzer IV
militerbanget.blogspot.com

Struktur Atas

Superstruktur baru memiliki proteksi yang baik, dengan desain lapis baja yang bersudut, tebal, dan sederhana. Bentuk superstruktur yang bersudut memberikan tambahan ketebalan bagi lapis bajanya dan juga meningkatkan ketahanan terhadap tembakan musuh. Selain itu, dengan menggunakan pelat satu bagian yang lebih besar, superstruktur tersebut jauh lebih kuat dan lebih mudah diproduksi. Dengan cara ini, kebutuhan akan pelat lapis baja yang dikerjakan dengan lebih hati-hati, seperti pada Panzer III atau IV, tidak diperlukan lagi. Menggunakan pelat lapis baja satu bagian yang saling bertautan ternyata meningkatkan kekuatan keseluruhan struktur secara signifikan dan membuatnya lebih tahan lama.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Utama / Main Battle Tank Type 80)

Pada pelat depan, senjata beserta tudung pelindung senjata diposisikan sedikit di sebelah kanan tengah. Dudukan senjata dilindungi oleh perisai berbentuk bola besar, yang selanjutnya dilindungi oleh tudung senjata dari baja cor dengan dimensi yang lebih besar yang dikenal sebagai Topfblende. Pada setiap sisi senjata terdapat penutup lubang senapan mesin lapis baja berbentuk kerucut yang dapat digerakkan. Terakhir, di sebelah kiri bawah, ditempatkan instrument penglihatan untuk pengemudi. Instrument penglihatan ini hanya ada pada bagian depan saja, sedangkan pada bagian samping dan belakang sama sekali tertutup.

Di bagian atas superstruktur terdapat dua pintu darurat. Pintu berbentuk bulat di sebelah kanan untuk loader. Di sebelah kirinya, palka komandan memiliki periskop kecil yang berputar di tengahnya. Komandan memiliki palka tambahan kecil untuk penggunaan teleskop yang dapat ditarik. Di depan palka loader dan komandan terdapat penutup lapis baja geser untuk pembidik senjata.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Kelima). Artikel ini bersambung ke bagian kelima dengan judul “Tank Perusak Jagdpanzer IV, Penghancur Tank Andalan Jerman Saat Perang Dunia II (Bagian Keenam)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Perang_Dunia_II
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar