Kamis, 17 Oktober 2024

StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Kedua)


Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Kamis, 17 Oktober 2024

Tank perusak racikan Jerman ini memang kurang terdengar gaungnya alias tidak terlalu populer di kalangan pengamat alutsista. Ketenarannya seakan tenggelam oleh alutsista sejenis yang memang seiring diulas, seperti StuG III, Jagdpanzer IV, Jagdpanther, Hetzer, dan lain sebagainya. Walaupun demikian, alutsista ini sebenarnya sangat mematikan dan juga andal. Sayangnya, karena hanya diproduksi dalam jumlah "sedikit", maka prestasi yang ditorehkan juga tidak terlalu besar. Supaya artikel ini dapat mudah dipahami, silahkan baca artikel sebelumnya dengan judul: “StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Pertama)”. Dan berikut ini adalah artikel kelanjutannya:

StuG IV Edisi Pertama


Pada awal tahun 1943, Albert Speer mendatangi pejabat Krupp dengan saran untuk memproduksi Sturmgeschütz baru. Segera setelah itu, Krupp mulai mengerjakan gambar dasar pertama kendaraan ini, yang akan menggabungkan sejumlah komponen yang sudah diproduksi. Komponen-komponen ini meliputi superstruktur StuG III Ausf.F, sasis Panzer IV Ausf.H , dan meriam 7,5 cm StuK 40 L/48. Superstruktur StuG III Ausf.F dipilih karena, pada saat itu, Krupp tidak memiliki rencana desain untuk versi Ausf.G yang lebih baru. Tidak seperti Sturmgeschütz yang diproduksi kemudian berdasarkan Panzer IV (PzKpfw IV) yang menggunakan superstruktur StuG III yang tidak berubah, desain awal Krupp berbeda. Bagian depan superstruktur menggabungkan pelat baja yang sangat miring (tebal 50 mm) yang akan memberikan perlindungan yang sangat baik. Perubahan lainnya termasuk meningkatkan perlindungan baja di sisi-sisi menjadi 45 mm, dibandingkan dengan 30 mm pada versi standar, dan track (rantai) yang lebih lebar untuk medan lintas alam yang lebih baik.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Semi Otomatis / Semi-automatic pistol, Glock 17)

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Setelah gambar dan perhitungan pertama selesai, Krupp memberikan proposal alutsista ini kepada Angkatan Darat Jerman dan pejabat pada kementrian peperangan. Sayangnya, meskipun proposal ini sangat mungkin untuk diwujudkan, mereka tidak merekomendasikan untuk memproduksi tank perusak ini. Walaupun tank perusak ini tidak memiliki turet, alutsista ini ternyata memiliki bobot yang nyaris sama dengan PzKpfw IV. Selain itu, proses desain ulang dan kemiringan lapis baja akan menyebabkan penundaan produksi yang artinya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memodifikasi alat produksi, sehingga proposal itu kemudian ditolak.

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Awal Kelahiran StuG IV (Sturmgeschütz IV)


Sementara ide untuk kendaraan StuG baru berdasarkan sasis Panzer IV seakan tersingkir, beberapa bulan kemudian, karena kebutuhan yang mendesak, proposal ini kemudian ditinjau ulang. Pada bulan November 1943, Sekutu membombardir pabrik Alkett yang berperan penting untuk keseluruhan produksi StuG III. Karena produksi kendaraan StuG III yang vital terhenti sementara, Jerman membutuhkan solusi cepat yang baru untuk alutsista yang sejenis. Pada sebuah konferensi militer yang diadakan pada awal Desember 1943, Adolf Hitler diberitahu bahwa superstruktur StuG III Ausf.G dapat, dengan upaya minimal, dipadukan dengan sasis Panzer IV Ausf.H atau J. Namun kali ini, kendaraan baru itu harus memiliki perubahan minimal pada komponen yang digunakan untuk konstruksinya. Satu-satunya modifikasi utama adalah perluasan kompartemen pengemudi. Hitler terkesan dengan proposal ini, karena akan mudah direalisasikan yang disebabkan oleh suku cadang yang tersedia dan kemampuan produksi. Hitler juga menyarankan untuk memberikan kendaraan baru ini kepada Panzer Abteilungen, karena akan memudahkan perawatan dan pengadaan suku cadang.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun QCW-05)

Sisi negatif dari keputusan ini adalah berkurangnya sasis yang tersedia untuk PzKpfw IV. Namun, karena produksi PzKpfw IV harus dihentikan demi memproduksi tank Panther yang lebih besar, hal ini tidak dianggap sebagai masalah yang krusial. Produksi Panzer IV yang sebenarnya, karena tingginya permintaan akan kendaraan tank, tidak pernah dibatalkan dan berlangsung terus hingga akhir perang. Karena kebutuhan akan kendaraan StuG III sangat besar, Hitler memberikan lampu hijau untuk merealisasikan proyek tersebut.

Tank Perusak/Tank Destroyer StuG IV
militerbanget.blogspot.com

Fase Produksi StuG IV (Sturmgeschütz IV)


Berdasarkan perintah awal Hitler, StuG IV harus dapat diproduksi dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang singkat. Sekitar 350 kendaraan harus terealisasi pada bulan Desember 1943 dan pesanan tambahan sebanyak 500 unit harus diwujudkan pada akhir bulan Januari 1944. Tentu saja, hal ini tidak mungkin tercapai mengingat situasi ekonomi dan industri Jerman yang buruk.

Demikianlah artikel tentang StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Kedua). Artikel ini bersambung ke bagian ketiga dengan judul “StuG IV (Sturmgeschütz IV) Tank Perusak Jerman yang Sangat Mematikan (Bagian Ketiga)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
1. World War II Panzer
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Destroyer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar