Minggu, 18 Oktober 2020

Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 4



Ciledug, Tangerang Kota, Banten, Minggu, 18 Okober 2020


Lanjutan dari artikel sebelumnya dengan judul "Tulang Punggung Wehrmacht Yang Terlupakan, Tank Perusak Sturmgeschütz III (StuG III) - Bagian 3"

Bagian 4

Mesin

Tank Perusak - Sturmgeschütz III (StuG III) menggunakan dapur pacu mesin berbahan bakar bensin Maybach HL 120 TRM V-12 yang diproduksi secara massal dan dapat diandalkan, menghasilkan daya sekitar 300 PS (296 hp atau 221 kW) dan rasio daya / berat 12,6 hp / ton, terhubung dengan transmisi enam percepatan. Wheeltrain terdiri dari enam roadwheel berpasir berpasangan yang dipadankan dengan peredam model lengan puntir, dan tiga rol gulung ganda per sisi. Sprocket drive ada di depan, sedangkan idler di belakang. Trek dibuat dari baja ringan dan identik dengan model pada Panzer III.


Uji tempur, fakta dan angka

Berikut adalah spesifikasi yang diperluas untuk Ausf.D (1941).

Kecepatan tertinggi: 40 km / jam (25 mph)

Kecepatan maksimum berkelanjutan maksimum di jalan: 24 km / jam (15 mph)

Kecepatan lintas negara: 10-12 km / jam (6-7 mph)

Jarak jelajah maksimum (jalan raya): 155 km (96 mi)

Jarak jelajah off road (lintas negara): 95 km (60 mi)

Halangan parit: 2,5 m (8 kaki)

Genangan air: 0,8 m (2ft7in)

Halangan vertikal: 0,6 m (1ft11in)

Tanjakan: 30 derajat

Ground clearance: 0,39 m (1ft3in)

Tekanan tanah: 0,9 kg / cm2

Rasio daya terhadap berat: 13,5 metrik hp / ton

Berat tempur: 20,7 metrik ton

Dimensi (laras pendek): 5,40 x 2,92 x 1,95 m (17ft8 x 9ft6 x 6ft4)


Seri "short barrel", Ausf.A hingga E

Versi-versi ini dikenal oleh Waffenamt sebagai Sd.Kfz.142.

-Hanya 36 Ausf.As diproduksi oleh Daimler-Benz AG antara Januari dan Mei 1940. Yang pertama dikirim pada September 1939 dan seluruh seri selesai pada April 1940. Enam terakhir didasarkan pada sasis Panzer III Ausf.G. Namun, karena banyak kesalahan produksi, hanya empat baterai (15 kendaraan) yang dikirim ke Perancis pada Mei 1940.

-The Ausf.B diproduksi dengan jumlah yang jauh lebih besar (300), kali ini oleh Alkett, antara Juni 1940 dan Mei 1941. Varian ini hampir identik dengan Ausf.A, jika bukan untuk trek yang sedikit lebih besar (380 mm bukannya 360 mm ). Roadwheels standar saling bertautan dengan roadwheels eksternal berdimensi 520x95mm dan keduanya dapat dipertukarkan. 

Awalnya varian ini menggunakan transmisi 10 kecepatan, yang terbukti tidak praktis dan malah merepotkan, kemudian digantikan oleh transmisi 6-kecepatan. Untuk mengurangi kemungkinan track mengalami slip selama belokan tajam, rol guling depan diposisikan kembali lebih jauh ke depan.


-The Ausf.C hanya diproduksi selama satu bulan, pada bulan April 1941, dengan 50 kendaraan keluar dari pabrik. Hampir identik dengan versi sebelumnya, pada varian ini tingkap atau celah untuk melihat ke arah depan untuk penembak utama dihilangkan (fitur ini dilihat sebagai titik lemah dan menjadi target tembakan lawan) dan digantikan oleh periskop yang dipindahkan di bagian kiri depan body. Sistem peredam guncangannya juga baru. Pada kampanye di Perancis telah menunjukkan nilai StuG varian ini ternyata lebih dapat diandaalkan, dan 150 Ausf.Ds diperintahkan untuk diproduksi, diikuti oleh 500 Ausf.Es.

-The Ausf.D sebenarnya identik, hanya ada tambahan fitur interkom on-board. 150 dikirimkan antara Mei dan September 1941. Itu hanyalah peningkatan C pada jalur produksi. Namun, ada penurunan dalam pengiriman efektif karena kekurangan pasokan mesin Maybach HL 120 TRM, yang dikirim sebagai pengganti ke depo depan Timur.

-The Ausf.E mengganti versi sebelumnya pada jalur produksi, dengan 284 unit dikirim hingga Februari 1942. Superstruktur samping diberi tambahan kotak lapis baja persegi panjang untuk peralatan radio tambahan dan mampu menyimpan enam amunisi lagi (total kapasitas amunisinya menjadi 50 amunisi), sementara MG 34 dengan 7 magasen tipe drum dipasang di sisi kanan body untuk pertahanan jarak dekat. Kendaraan komandan diberi tambahan fitur periskop stereoscopic model gunting SF14Z.

Bersambung ke bagian 5.

Artikel oleh: Tuntas Trisunu

Sumber : 
1. Tank Encyclopedia.com
2. Wikipedia 
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #Kemarin (Seventeen), #Lily (Alan Walker,K-391 & Emelie Hollow), #Celengan Rindu (Fiersa Besari), #Senorita (Shawn Mendes, Camila Cabello), #Hanya Rindu (Andmesh), #Solo (Jennie), #On My Way (Alan Walker, Sabrina Carpenter & Farruko), #I Love You 3000 (Stephanie Putri), #A Whole New World (ZAYN, Zhavia Ward), #Didi Kempot, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana,
#Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2019, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar