Senin, 15 Juli 2019

Pistol Mitraliur / Submachine Gun QCW-05



Kemayoran, Jakarta, Senin, 15 Juli 2019

Pistol Mitraliur / Submachine Gun QCW-05 disebut juga sebagai Tipe 05. Penamaan atau kode pada pistol mitraliur ini dapat diterjemahkan sebagai "Senapan Serangan Senyap, 2005". Pistol mitraliur ini dikembangkan pada awal tahun 2000-an untuk memenuhi persyaratan militer Cina untuk pengadaan pistol mitraliur. 

Rancangan dari  QCW-05 ini memenangkan uji coba dan dipilih untuk masuk ke dalam produksi devinitif. Produksinya dimulai pada tahun 2005. Pada saat ini, pistol mitraliur tersebut digunakan oleh PLA dan pasukan penegak hukum Tiongkok. Senjata ini dirancang untuk menggantikan posisi SMG Type 85 yang sudah “uzur” dan pistol mitraliur usang lainnya.


Pistol mitraliur ini secara sepintas terlihat mirip dengan versi QBZ-95 namun dalam ukuran yang lebih kecil. Namun, sebenarnya, kedua senjata ini berbeda, dan rancangan internal serta komponen dan juga konfigurasinya berbeda. QCW-05 merupakan pistol mitraliur yang khusus dirancang untuk penggunaan militer. SMG ini adalah senjata yang dioperasikan dengan blowback, dengan konfigurasi bullpup. SMG ini dilengkapi dengan amunisi “standard” militer China, yaitu kaliber  5.8x21 mm yang baru. Beberapa sumber mengklaim bahwa mereka menggunakan peluru tajam sebagai amunisi utamanya. Dalam konsep The QCW-05 itu adalah senjata pertahanan pribadi, mirip dengan FN P90 dan HK MP7.


Tuas untuk selektor mode penembakan diposisikan di atas pegangan pistol. SMG ini memiliki pilihan mode penembakan antara lain, tembakan tunggal, tiga tembakan runtut dan tembakan otomatis penuh. Ada tambahan pengaman yang diposisikan pada pegangan belakang (pistol grip), yang harus ditekan pada saat senjata hendak ditembakkan. Tuas pengokang terletak di bagian atas receiver, di bawah pegangan bawaan, sehingga senjata ini dapat dikokang baik dengan tangan kiri atau kanan. Konfigurasi seperti ini mirip dengan konfigurasi senjata buatan Perancis yang terkenal, yaitu FAMAS.


Pistol Mitraliur / Submachine Gun QCW-05 menggunakan sistem pasokan peluru dari magasen dimana peluru tersusun empat baris, sehingga kapasitas magasen ini bisa menampung 50 peluru.

Senjata ini dilengkapi dengan alat pembidik atau pisir besi yang dibuat terintegrasi ke dalam pegangan. Walaupun ada pembidik konvensional, pistol mitraliur ini dirancang untuk dapat menggunakan fitur pembidik optik. Jarak tembak efektif diklaim sejauh 150 hingga 200 meter.


Tipe 05 SMG kompatibel dengan peredam yang dapat dilepas-pasang. Ketika mode senyap dengan peredam, pistol mitraliur ini harus menggunakan amunisi subsonik khusus.

Varian

QCQ-05, varian konvensional tanpa peredam.


JS9 (Jian She) pistol mitraliur yang memiliki dimensi yang lebih kecil, menggunakan amunisi 9x19 mm. Pistol mitraliur ini menjadi senjata standar bagi aparat penegak hukum Tiongkok dan juga ditujukan untuk pelanggan ekspor. Pistol mitraliur ini memiliki desain yang mirip, tetapi memiliki jenis rel Picatinny dan tidak lagi menerapkan fitur pegangan di atas receiver. Tuas pengokang dipindahkan ke sisi kanan receiver. Pasokan amunisi dari SMG ini menggunakan magasen dengan kapasitas 30 peluru, yang mana magasennya juga kompatibel dengan HK MP5. SMG ini memiliki jangkauan efektif hingga 100 - 150 meter. Senjata ini juga bisa dilengkapi dengan peredam yang bisa dilepas-pasang.


Spesifikasi Pistol Mitraliur / Submachine Gun QCW-05

Negara asal: Cina
Memasuki layanan: 2005
Kaliber: 5,8 x 21 mm
Berat (kosong tanpa magasen): 2,2 kg
Panjang: 500 mm
Panjang laras: 250 mm
Vo meninggalkan laras: 150 m / s
Kecepatan tembak (teoritis): 400 rpm
Kecepatan tembak rekomendasi: 50 - 150 rpm
Kapasitas magasen 50 peluru
Jarak tembak efektif: 150 - 200 m

Sumber : Military-Today.com
-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar