Selasa, 16 Juli 2019

Tank Tempur Berat / Heavy Tank Mk VIII Liberty International


Tank Tempur Berat
Mk VIII Liberty International
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 16 Juli 2019

Tank Mk VIII Liberty adalah tank pertama dalam sejarah yang proses pembuatannya melibatkan lebih dari satu negara. Tank ini adalah hasil kerja sama antara Inggris dengan Amerika Serikat.

Inggris merupakan negara pertama yang membuat dan mengoperasikan tank dalam Perang Dunia I

Namun kapasitas produksi senjata Inggris ternyata tidak mencukupi untuk membuat tank dalam jumlah yang besar. Satu-satunya negara Sekutu selain Inggris yang mampu membuat tank adalah Prancis, namun kapasitas produksi persenjataan Prancis berkurang secara drastis ketika pasukan Jerman mampu menguasai Lorraine yang merupakan salah satu pusat industri persenjataan Prancis

Tank Tempur Berat
Mk VIII Liberty International
militerbanget.blogspot.com

Oleh karena itu ketika Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman pada tanggal 6 April 1917, Inggris berharap Amerika Serikat bisa membantu memproduksi senjata untuk menghadapi pasukan Jerman.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: S-BOOTE / SCHNELLBOOTE – KAPAL CEPAT KRIEGSMARINE NAZI JERMAN, BAGIAN 1)

Ketika Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Jerman, Inggris sedang mengembangkan sebuah tank baru yaitu Mk VI. Pihak Inggris pun kemudian menawarkan desain tank Mk VI untuk diproduksi oleh Amerika Serikat. Untuk itu, maka kemudian Inggris mengirim Sir Eustace Tennyson dan Letnan Kolonel Albert Gerard Stern ke Amerika Serikat. Di luar dugaan mereka, justru Angkatan Laut AS yang memberikan respon terhadap tawaran tersebut. Angkatan Laut AS menginginkan tank untuk mempersenjatai Korps Marinir AS.

Tank Tempur Berat
Mk VIII Liberty International
militerbanget.blogspot.com

Angkatan Laut AS kemudian bersiap mengirimkan delegasi ke Inggris untuk mempelajari rancang bangun tank Mk VI, namun kemudian rencana Angkatan Laut AS tersebut dihentikan oleh US Department of War yang mengeluarkan keputusan bahwa tank akan dioperasikan oleh Angkatan Darat AS. 

Jenderal John Pershing yang ditunjuk sebagai komandan American Expeditionary Force (pasukan AS yang dikirim untuk bertempur di Perang Dunia I) kemudian mengirim Mayor James Dain ke Inggris untuk melakukan perundingan dan mempelajari kemungkinan memproduksi sebanyak 600 unit tank Mk VI.

Winston Churchill sebagai Menteri Persenjataan Inggris kemudian mengirim Letnan Kolonel Stern untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Persenjataan Prancis Louis Loucher dan Jenderal Pershing sebagai komandan pasukan AS. Loucher menyatakan Prancis tidak tertarik untuk terlibat dalam produksi tank tersebut, sementara AS tertarik untuk ikut terlibat. Dari hasil pertemuan tersebut disepakati untuk membatalkan proyek pembuatan tank Mk VI dan akan dirancang sebuah tank baru yang disebut Mk VIII. 

Rancangan Mk VIII sendiri kemudian disetujui pada bulan November 1917 dan pada bulan Januari 1918 disepakati perjanjian antara Inggris dan AS untuk memproduksi tank Mk VIII. Dalam perjanjian tersebut sendiri disepakati bahwa akan diproduksi setidaknya 1.500 unit tank Mk VIII.

Tank Tempur Berat
Mk VIII Liberty International
militerbanget.blogspot.com

Rancang bangun tank Mk VIII sendiri tidak banyak berbeda dari tank Mk I – Mk V. Sebagai persenjataan utama adalah dua pucuk meriam kaliber 6 pdr. Sebagai persenjataan tambahan, pada tank Mk VIII buatan Inggris dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 7,7 mm buatan Hotchkiss sementara pada tank Mk VIII buatan Amerika Serikat dengan senapan mesin Browning M1917 kaliber 0.30. Tank ini direncanakan akan digunakan dalam serbuan besar-besaran pasukan Sekutu terhadap Jerman di tahun 1919.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: S-BOOTE / SCHNELLBOOTE – KAPAL CEPAT KRIEGSMARINE NAZI JERMAN, BAGIAN 2)

Ketika Jerman menyerah pada bulan November 1918 maka situasi untuk pengembangan tank ini menjadi sangat sulit. Inggris memandang nilai urgensi dari tank ini sudah tidak ada lagi, dan yang lebih parah, kehilangan minat untuk melanjutkan produksi tank ini. Total tank Mk VIII hanya diproduksi sebanyak 125 unit, 100 unit oleh Amerika Serikat dan 25 unit oleh Inggris. Dari 25 unit tank Mk VIII produksi Inggris, hanya empat unit yang digunakan untuk keperluan latihan dan sisanya langsung discrap alias dibesituakan. Sementara 100 tank produksi Amerika Serikat seluruhnya dioperasikan oleh 67th Tank Regiment yang bermarkas di Maryland. Tank ini dioperasikan Amerika Serikat sampai dengan tahun 1932. Pada tahun 1940 sebanyak 90 unit tank ini dijual kepada Kanada yang menggunakannya sebagai sarana tank latihan. Di tahun 1989 dibuat sebuah replika tank Mk VIII yang kemudian digunakan dalam film Indiana Jones and The Last Crusade.

Tank Tempur Berat
Mk VIII Liberty International
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy TankMk VIII Liberty International


Jumlah awak: 10 - 12 orang

Persenjataan  

2 x 6 pdr QF guns, 
7 x 7.7mm Hotchkiss machine guns atau 
5 x 0.30 cal. Browning M1917 machine guns

Dimensi

Panjang: 10.40 m
Lebar: 3.81 m
Tinggi: 3.12 m

Bobot operasional (tempur): 37,594 kg
Mesin: 300 hp Liberty V-12 
Kecepatan maksimum (pada jalan aspal): 10.4 km/h
Jarak tempuh maksimum: 80 km

Demikianlah artikel tentang Tank Tempur Berat / Heavy Tank Mk VIII Liberty International, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar