Rabu, 17 Juli 2019

Senapan Serbu / Assault Rifle FN FAL


Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019

Sebuah produk dari Fabrique Nationale di Belgia, FAL (Fusil Automatique Léger atau senapan otomatis ringan) adalah salah satu senapan serbu pertama yang pernah diproduksi, meskipun secara luas dinilai sebagai senapan tempur.

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Pengembangan dari senapan tempur ini dimulai pada tahun 1946, dengan purwarupa pertama disimpan di Jerman menggunakan munisi Kurz 7,92 × 33mm. Atas permintaan pemerintah Inggris pada akhir 1940-an, FN dalam waktu singkat membuat purwarupa FAL yang menggunakan amunisi kaliber .280 standar Inggris (7x43mm), termasuk versi Bullpup (juga atas permintaan Inggris). Namun, baik model Bullpup dan kaliber .280 keduanya dihentikan pada tahun 1951 guna mendukung konfigurasi yang lebih konvensional yang menggunakan peluru US .30 Light Rifle, yang sekarang dikenal sebagai amunisi NATO kaliber 7.62x51mm. 

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Meskipun FN telah berkompromi di bawah tekanan yang hebat dari Washington DC, FAL tetap ditolak oleh militer Amerika Serikat yang lebih memilih senjata Springfield Armory 44 (atau lebih dikenal dengan M14), tetapi FN tidak mengalami kesulitan dalam meyakinkan sebagian besar negara-negara NATO untuk mengadopsi senjata mereka. FAL 7,62mm yang secara resmi digunakan oleh angkatan bersenjata Belgia pada tahun 1953, dan memasuki produksi skala besar untuk ekspor pada tahun 1954.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: S-BOOTE / SCHNELLBOOTE – KAPAL CEPAT KRIEGSMARINE NAZI JERMAN, BAGIAN 2)

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Konfigurasi internal FAL menjadi sangat mirip dengan senapan SAFN-49. Dan kesamaan ini bukanlah suatu kebetulan, karena kedua tim perancangan senjata tersebut dipimpin oleh orang yang sama, Dieudonne Saive, yang menerapkan ide dan pengalamannya pada kedua proyek tersebut. Senjata ini beroperasi dengan sistem Gas Operated, dengan kunci tilt miring dan short-stroke gas piston. 

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Bagian receiver pada awalnya diproduksi dari baja tempa, tetapi FN beralih ke receiver dari baja tuang pada tahun 1973 untuk menekan biaya produksi. Fitur regulator gas disertakan pada senapan ini, sehingga senapan ini bisa menembakkan amunisi khusus untuk meluncurkan granat senapan dari moncongnya.

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Beberapa bagian dari FAL biasanya terbuat dari kayu, meskipun banyak yang telah dibuat atau dipasang kembali dengan material komposit. Tidak seperti biasanya untuk senapan serbu, tersedia besi pegangan, yang terlipat di sisi kiri saat tidak digunakan. Beberapa model dilengkapi dengan bipod, tetapi ini bukan fitur standar. Pasokan peluru FAL menggunakan magasen kapasitas 20 peluru, meskipun magasen 30 juga menjadi opsi. Khusus untuk magasen isi 30 peluru, biasanya diperuntukkan bagi varian heavy barrel, walaupun dalam kenyataannya, kedua magasen tersebut dapat dipertukarkan. 

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Ada begitu banyak FAL yang diproduksi, dan didistribusikan secara luas, sehingga senapan ini dikenal selama Perang Dingin dengan julukan  "The right arm of the Free World atau Lengan kanan Dunia Bebas". Senapan ini telah digunakan oleh lebih dari 90 negara selama lebih dari 60 tahun, dan tercatat digunakan di lebih dari 25 konflik di seluruh dunia. Lebih dari 3 Juta FAL diproduksi.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Madsen m/50)

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Daftar operator saat ini dan sebelumnya termasuk (dan kemungkinan tidak terbatas pada); Angola, Argentina, Australia, Austria, Bahrain, Bangladesh, Barbados, Belgia, Belize, Bolivia, Bosnia & Herzegovina, Botswana, Brasil, Burundi, Kamboja, Kamerun, Kanada, Chad, Chili, Kolumbia, Kongo, Kosta Rika, Kroasia, Siprus, Djibouti, Republik Dominika, Dubai, Ekuador, Fiji, Gambia, Ghana, Yunani, Guyana, Honduras, India, Indonesia, Irlandia, Israel, Katanga, Jamaika, Yordania, Kenya, Kuwait, Lebanon, Lesotho, Liberia, Libya, Luksemburg, Madagaskar, Malawi, Malaysia, Malta, Mauritania, Mauritius, Meksiko, Maroko, Mozambik, Muscat, Myanmar, Nepal, Belanda, Selandia Baru, Belanda, Nigeria, Oman, Pakistan, Panama, Papua Nugini, Paraguay, Peru, Portugal, Qatar, Rhodesia, Rwanda, St. Kitts, St. Lucia, St. Vincent, Santa Domingo, Arab Saudi, Sierra Leone, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Swaziland, Swedia, Suriah, Tanzania, Thailand, Togo, Trinidad dan Tobago, Tunisia, Turki, Uni Emirat Arab, Upper Volta, Venezuela, dan Zaire.

FAL dan variannya masih dalam produksi, dan masih ditawarkan. Harga sangat bervariasi, tergantung pada merek dan model.

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Varian


Heavy Barrel FAL 

Varian senapan otomatis dari FAL, dilengkapi dengan laras yang lebih berat dan bipod. Varian ini pada dasarnya adalah senapan mesin ringan yang dibuat dibawah bayang-bayang filosofi ketenaran sebagai M1918 Browning Automatic Rifle. Diberi kode sebagai C2A1 oleh Kanada dan L2A1 oleh Australia. Senjata ini diperuntukkan sebagai senjata otomatis untuk regu/pasukan.

FAL Paratrooper 

Dilengkapi dengan laras yang lebih pendek dan popor konfigurasi kerangka yang bisa dilipat.

L1A1 SLR 

L1A1 SLR (Self Loading Rifle) pada dasarnya adalah FAL tanpa mode selektor tembakan, yang digunakan oleh Inggris dari tahun 1954 hingga 1994. Beberapa masih dalam gudang persediaan militer Inggris, tetapi sebagian besar dijual di luar negeri atau dihancurkan.

IMBEL MD97 

Varian Brasil dari FAL dikeluarkan untuk pasukan militer dan polisi Brasil dari tahun 1997, dengan banyak fitur dan aksesori baru. Senapan ini menggunakan amunisi standar NATO kaliber 5,56 mm, dan memiliki popor lipat dan juga dapat diberi fitur peluncur granat 40 mm.

ParaFAL 

Versi ringan dari FAL dengan popor lipat, diproduksi di Brasil oleh IMBEL. Senapan ini diproduksi untuk Angkatan Bersenjata Brasil dari tahun 2009 sampai saat ini, sebagai senapan standar untuk mengisi celah pada senapan IMBEL MD97-A2.

FN SCAR 

Mungkin seri senapan serbu paling canggih yang muncul dari keluarga FAL, SCAR diproduksi dalam berbagai konfigurasi, dan tiga tipe/kaliber amunisi yang berbeda.

Olin / Winchester Salvo Rifle 

Varian ini adalah senjata laras ganda eksperimental yang dikembangkan untuk SALVO Project Angkatan Darat Amerika Serikat pada 1950-an. 
Hanya pada fase eksperimen saja, dan tidak pernah masuk jalur produksi.

StG58 

FAL yang dibuat di bawah lisensi di Austria. Meskipun senjata ini adalah model dengan laras ringan (light barrel), tetapi senjata ini dilengkapi dengan bipod seperti model heavy barrel.

G1 

Varian FAL buatan Jerman ini, yang digunakan untuk sementara waktu oleh penjaga perbatasan Jerman Barat, juga dilengkapi dengan fitur bipod.

T48 

Penunjukan Angkatan Darat AS untuk FAL, sementara itu sedang dievaluasi pada awal 1950-an.

R1 

FAL dibangun di bawah lisensi di Afrika Selatan.

REPR LWRC 

REPR (Rapid Engagement Precision Rifle) adalah senapan taktis buatan Amerika berdasarkan pola FAL. Senapan Ini memiliki banyak fitur desain baru yang radikal, dan dengan demikian menjadi hilang identitas dan kemiripannya dengan FAL.

SA 58 

model semi-otomatis dari FAL. Tidak memiliki mode penembakan otomatis. Senjata ini diproduksi di Amerika Serikat untuk pasar sipil.

Senapan Serbu/Assault Rifle FN FAL
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Senapan Serbu  / Assault Rifle FN FAL 


Tipe: Senapan Tempur / Senapan Serbu
Negara asal: Belgia
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan: 1953—

Catatan Operasional

Perang Dingin,
Perang Vietnam,
Perang Falklands

Sejarah produksi:

Tahun 1951
Produsen Fabrique Nationale (FN)
Diproduksi: 1953—
Jumlah produksi: Di atas 1 juta unit

Spesifikasi Teknis

Berat operasional: 4,0–4,45 kg
Panjang: 1,090 mm (43 inci)
Panjang laras: 533 mm (21 inci)
Peluru: 7,62 x 51 mm NATO
Kaliber: 7.62 mm (.308 in)

Mekanisme penembakan:

Gas operated, with a tilting breechblock and a short-stroke gas piston
Rata² tembakan: 650 tembakan/menit
Kecepatan peluru (pada laras): 823 m/s (2,700 ft/s)
Jarak tembak efektif: 600 m (656 yd)
Pasokan amunisi: Magazen kotak kapasitas 20 peluru
Alat bidik: Bidikan depan aperture, tiang depan

Demikianlah artikel tentang Senapan Serbu  / Assault Rifle FN FAL, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar