Kamis, 18 Juli 2019

Tank Tempur Berat / Heavy Tank PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V



Kemayoran, Jakarta, 18 Juli 2019

Pembuatan heavy tank Vickers A1E1 heavy tank memang dibatalkan pada tahun 1926, namun rancangan tank dengan konfigurasi multi turret tersebut tetap menarik perhatian dari beberapa negara, dan salah satunya adalah Jerman. Jerman yang pada tahun 1933 mulai mengembangkan kekuatan militernya pun tertarik dengan rancangan tank tersebut. 


Melalui bantuan dari seorang perwira militer Inggris bernama Norman-Baillie Stewart, Jerman berhasil memperoleh banyak material penting berupa data-data teknis, spesifikasi, cetak biru, dan juga beberapa foto dari Vickers A1E1. Norman sendiri adalah seorang simpatisan Nazi di Inggris. Pada tahun 1933 ia ditangkap, diadili di pengadilan militer Inggris, dan kemudian dipenjara di Tower of London sampai dengan tahun 1937.


Berdasarkan materi “sensitif” dan juga berharga yang diperoleh dari Stewart, pengembangan tank baru kemudian dilakukan di Jerman pada tahun 1933 sampai dengan tahun 1934. Pengembangan dilakukan oleh pabrikan Rheinmetall dan Krupp, namun akhirnya desain Rheinmetall yang dipilih oleh militer Jerman. Tank ini kemudian diberi kode identitas sebagai PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V.


PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V diawaki tujuh orang dan dilengkapi dengan tiga turret. Turret utama dipersenjatai dengan meriam KwK 37 L/24 kaliber 75mm, sama dengan meriam yang digunakan pada varian awal medium tank Panzer IV dan assault gun StuG III. Sebagai senjata co-axial ada meriam KwK 36 L/45 kaliber 37mm, yang dikembangkan dari meriam anti tank PaK 36. Sementara dua sub turret yang digunakan merupakan turret yang sama dengan turret yang digunakan pada tank ringan Panzer I. Kedua sub turret ini masing-masing dipersenjatai dengan senapan mesin MG 13 atau MG 34 kaliber 7,92mm.


Karena industri pertahanan Jerman pada tahun 1934 dipusatkan pada produksi tank ringan Panzer I dan PzKpfw II atau Panzer II, serta pengembangan medium tank Panzer III dan Panzer IV, maka akhirnya PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V tidak memasuki tahap produksi dan hanya dibuat sebanyak lima unit saja. 


Tank ini hanya digunakan sebagai alat propaganda, namun pada tahun 1940 tiga unit tank ini digunakan dalam invasi ke Norwegia dan ikut dalam parade kemenangan pasukan Jerman di kota Oslo. Satu unit tank kemudian terpaksa dihancurkan oleh pasukan zeni Jerman setelah terjebak lumpur di dekat Andalsnes. Pada tahun 1942 akhirnya seluruh PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V yang tersisa dihancurkan.


Spesifikasi Tank Tempur Berat / Heavy Tank PanzerKampfwagen Neubaufahrzeug V 

Awak : 7 orang

Persenjataan :

Senjata utama: 
1 x 75mm KwK 37 L/24 gun 
1 x 37mm KwK 36 L/45 gun

Senjata sekunder: 
4 x 7.92mm MG 13 or MG 34 machine guns


Dimensi:
Panjang : 6.66 m
Lebar : 2.90 m
Tinggi : 2.98 m
bobot tempur : 25,810 kg


Mesin  : 1 x 360 hp Maybach V-12 petrol engine

Performa:
kecepatan maksimum pada jalan aspal : 30 km/h
Jarak jelajah maksimum : 120 km
-----------------------------------------
tag: Close Support Vehicle, Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, Heer , Helicopter, Helicopter Angkut/Serang, Helicopter, tempur/serang, Helikopter, Helikopter Anti Kapal Selam, Helikopter multi peran, Helikopter Serang-Tempur, Kapal Cepat, Kendaraan Intai/Tempur Ringan, Kendaraan Serba Guna, Kendaraan Taktis Lapis Baja, Kriegsmarine, Luftwaffe, MiG, Pesawat Angkut Berat Jet, Pesawat Angkut Propeller, Pesawat Anti Kapal Selam, Pesawat Anti Tank Propeller, Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, Pesawat pembom berat Jet, Pesawat Pembom Medium-Propeller, Pesawat Pembom Propeller, Pesawat Pembom Ringan Jet, Pesawat Pembom Strategis, Pesawat Pembom Tukik Propeller, Pesawat Pembom/Tempur Jet, Pesawat serang jet, Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), Pesawat Tempur Jet, Pesawat Tempur Malam, Pesawat Tempur Propeller, Pistol Mitraliur/Submachine Gun, Senapan Serbu Otomatis, Senapan Serbu Semi Otomatis, Tank, Tank Amfibi, Tank Destroyer, Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, Tank Tempur Berat/Heavy Tank, Tank Tempur Medium/Medium Tank, Tank Tempur Ringan/Light Tank, Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, senjata, senapan serbu, amunisi, peluru, sniper, pesawat, pesawat tempur, helikopter tempur, perang, lapis baja, pembom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar