Jumat, 19 Juli 2019

Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armoured Personnel Carrier "Boomerang"


Kendaraan Pengakut Personel Lapis Baja
Armoured Personnel Carrer (APC)
"Boomerang"
Militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 19 Juli 2019

Pada awal 90-an BTR-90 mulai dikembangkan di Rusia. APC tersebut memiliki persenjataan yang lebih kuat, meningkatkan perlindungan mobilitas yang lebih besar dan kapasitas angkut personel/muatan yang lebih besar, dibandingkan dengan BTR-80 (APC sebelumnya). Namun sayangnya, APC ini tidak pernah masuk ke dalam jalur produksi, mungkin karena masalah anggaran. Sejak tahun 2010 Rusia sudah menghentikan pengadaan APC BTR-80. 

Saat ini BTR-82 yang performanya lebih baik digunakan sebagai APC pengisi celah sebelum APC yang baru terwujud. Pada tahun 2011 Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan persyaratan untuk pengadaan APC berkonfigurasi modular, namun bukan BTR-90. Proyek ini dikenal sebagai Bumerang (boomerang). Kendaraan ini sejatinya adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja. APC ini dikembangkan bersama dengan generasi kendaraan lapis baja generasi baru Kurganets. Proyek tersebut dikerjakan dalam kondisi kerahasiaan yang tinggi.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun - Madsen m/50)

Kendaraan Pengakut Personel Lapis Baja
Armoured Personnel Carrer (APC)
"Boomerang"
Militerbanget.blogspot.com

APC baru tersebut diumumkan kepada pejabat militer Rusia pada 2013. Pada tahun yang sama, APC Bumerang produksi pertama dikirim ke Angkatan Darat Rusia untuk dilakukan uji coba dan evaluasi. APC Bumerang pertama kali diungkapkan secara terbuka kepada publik pada tahun 2015. Pada tahun itu juga, beberapa APC Bumerang pra-produksi dikirim ke angkatan bersenjata Rusia. Mulai awal tahun 2017, APC ini terus diuji oleh pabrikannya. Diperkirakan produksi dalam skala penuh dapat dimulai dalam beberapa tahun ke depan.

Pada saat APC ini operasional secara penuh, Bumerang APC generasi baru ini akan menggantikan seluruh kendaraan lapis baja Rusia yang sudah mulai menua. Secara estimasi awal, diperkirakan militer Rusia membutuhkan setidaknya 2.000 APC ini.

Kendaraan Pengangkut personel lapis baja Bumerang adalah APC yang benar-benar rancangan yang baru. Kendaraan ini rancangannya tidak didasarkan pada kendaraan lapis baja Rusia sebelumnya. Sebenarnya rancangan kendaraan ini menyerupai APC milik Barat. Walaupun demikian, ada juga pendekatan ekonomis dan juga kepraktisan, dimana sejumlah komponen dan subsistem dari Bumerang dapat dipertukarkan dengan kendaraan lapis baja Kurganet.

Kendaraan Pengakut Personel Lapis Baja
Armoured Personnel Carrer (APC)
"Boomerang"
Militerbanget.blogspot.com

Mesin Bumerang terletak di bagian depan lambung. APC ini menyediakan akses untuk pasukan yang diangkutnya melalui pintu belakang yang dioperasikan secara integral. Sebagai catatan, konfigurasi mesin yang dipasang di belakang dari seri Kendaraan Pengangkut personel lapis baja tipe BTR adalah kelemahan yang signifikan, karena pasukan harus meninggalkan kendaraan melalui pintu samping. Bahkan, pada BTR-70 APC (yang notabene masih aktif digunakan oleh militer Rusia), akses mobilisasi pasukan jauh lebih buruk lagi, karena sempitnya pintu akses yang tersedia pada ranpur tersebut. Akibatnya, jika ranpur dengan konfigurasi seperti ini disergap lawan, maka pasukan yang berada di dalam ranpur tersebut menjadi rentan, karena harus meninggalkan kendaraan melalui akses yang sempit dan sangat terekspose tembakan lawan.

Kendaraan pengangkut personel lapis baja yang baru ini dioperasikan oleh 3 orang awak, termasuk komandan, penembak, dan pengemudi. APC ini mampu mengangkut 9 orang personel dengan perlengkapan penuh. Tingkap atau celah (port) untuk menembak (yang umum terdapat pada APC lain) ditiadakan, demi memaksimalkan sistem proteksi lapis baja pada APC ini.

APC ini memiliki lambung dan turret yang dilas. Lapisan bajanya berkongurasi modular, sehingga tingkat perlindungan dapat disesuaikan dengan kebutuhan misi. Sejauh ini tingkat klasifikasi proteksinya masih dirahasiakan. Namun diperkirakan sistem proteksi lapis baja APC ini mampu menahan terjangan proyektil kaliber 14,5 mm dari tipe Armor Piercing.

APC ini memiliki lambung berbentuk V yang mampu meminimalisir efek ledakan ranjau. Seperti biasanya kendaraan ini dilengkapi dengan kemampuan perlindungan terhadap serangan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis. Dan menurut suatu laporan, APC Bumerang dapat dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif.

Bumerang menggunakan turret tanpa awak yang sama dengan Kurganets APC dan IFV. Pengangkut personel lapis baja 8x8 ini hadir dalam dua versi dasar. Satu versi dilengkapi dengan turret yang sama seperti yang digunakan pada Kurganets APC. Turret ini dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7mm. Versi lain dilengkapi dengan turret Kurganets IFV dan memiliki sederet persenjataan yang cukup tangguh. Deretan persenjataan tersebut adalah meriam kaliber 30mm, senapan mesin kaliber 7,62mm coaxial, dan 4 unit peluncur eksternal dengan rudal anti-tank berpemandu Kornet-M.

APC baru ini memiliki dapur pacu mesin diesel turbocharged. Tersedia dua alternatif mesin, yaitu mesin 17-liter ChTZ-Uraltrac 2V06 (opposite engine), yang mampu menghasilkan daya sebesar 450-510 hp atau mesin inline YaMZ-780 dengan dua turbocharger, dengan output daya maksimum sebesar 750 hp. Sampai dengan artikel ini dibuat, masih belum pasti mesin tipe apa yang akan dipasang pada APC yang akan diproduksi. Hanya saja, mesin yang nantinya akan digunakan tersebut juga akan digunakan pada APC keluarga Kurganets.

Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Berat / Heavy Tank - KV-1)

Kendaraan Pengakut Personel Lapis Baja
Armoured Personnel Carrer (APC)
"Boomerang"
Militerbanget.blogspot.com

Masih berupa perkiraan, sepertinya mesin tersebut akan dikombinasikan dengan gearbox otomatis 6-kecepatan. Kendaraan memiliki konfigurasi 8x8 dengan all-wheel drive. Kendaraan dilengkapi dengan sistem inflasi ban sentral dan ban run-flat. APC Bumerang sepenuhnya amfibi. Pada saat APC ini beroperasi di atas air, APC ini mengandalkan dua waterjets sebagai penggerak utama.

Rencananya, kendaraan lapis baja Bumerang akan diproduksi dalam beberapa varian mencakup ambulans lapis baja, kendaraan pos komando, kendaraan pengintaian, pengangkut rudal anti-tank, peluncur rudal pertahanan udara, kendaraan pendukung tembakan, pengangkut mortir, dan lainnya. Tampaknya dengan kendaraan ini Rusia berencana untuk melengkapi brigade penyebaran cepat, mirip dengan konsep brigade AS Stryker.

Kendaraan Pengakut Personel Lapis Baja
Armoured Personnel Carrer (APC)
"Boomerang"
Militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armoured Personnel Carrier "Boomerang"


Negara asal: Rusia
Operasional aktif: (belum diketahui)
Awak: 3 orang
Kapasitas angkut: 9 personel

Spesifikasi Dimensi & Bobot:
Berat: Dikisaran 15 ~ 20 ton
Panjangnya: sekitar 8 m
Lebar: sekitar 3 m
Tinggi: sekitar 3 m

Persenjataan:

1 x Meriam kaliber 30mm
4 x ATGW Kornet-M launcher
1 x Senapan mesin kaliber 7,62mm (koaksial)
Kapasitas amunisi:
Meriam kaliber 30mm: 500 butir amunisi berbagai tipe
Rudal ATGW: 4 unit
Senapan mesin kaliber 7,62mm (koaksial): 2.000 butir

Mesin: 

Engine BarnaulTransMash 
diesel turbocharged UTD-32TR 510 hp

Kecepatan maksimum (jalan raya): 100 km/jam
Kecepatan amfibi di atas air: 10 km/jam
Jarak tempuh operasional maksimum: sekitar 800km

Kemampuan manuver

Lintas jalan menanjak: 60 derajat
Kemiringan samping: 40 derajat
Kemampuan halangan vertikal: 0,6 m
Kemampuan lintas parit: 2 m

Catatan: 

Kendaraan pengangkut personel lapis baja (bahasa Inggris: Armoured personnel carrier atau APC) adalah kendaraan tempur lapis baja ringan yang dibuat untuk mentransportasikan pasukan infanteri di medan perang. APC biasanya hanya dipersenjatai dengan senapan mesin, tetapi varian-variannya bisa saja dipersenjatai dengan meriam, peluru kendali anti-tank, atau mortir. Kendaraan ini sebenarnya tidak dirancang untuk melakukan pertarungan langsung, melainkan untuk membawa tentara secara aman dilindungi dari senjata ringan dan pecahan-pecahan ledakan. APC bisa menggunakan roda biasa maupun roda rantai (track).

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Pengangkut Personel Lapis Baja / Armoured Personnel Carrier "Boomerang", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber:

Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar