Minggu, 29 September 2024

Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Pertama)


Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Kediri, Tabanan, Bali, Minggu, 29 September 2024

Hetzer adalah aluitsista yang beroperasi pada semua lini di mana Angkatan Darat Jerman dan terlibat sepanjang Perang Dunia II.


Pada tahun 1943, jelas bagi Jerman bahwa produksi tank mereka tidak dapat mengimbangi kerugian di medan perang. Salah satu upaya Jerman untuk mempercepat produksi senjata adalah dengan modifikasi inventaris using dengan cara mengubah sasis tank lama yang sudah ketinggalan zaman menjadi tank perusak, atau Jagdpanzer. Langkah awal menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, dimana memadukan secara sederhana dan terkadang kasar antara sasis tank kecil dan tua dengan senjata besar yang kuat (seperti pada seri Marder) akan menghasilkan alutsista dengan performa yang “payah”.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Armored Personal Carrier (APC)/Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja BTR-152)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Pada seri marder, kendaraan itu memiliki tingkat manuver yang rendah serta level kestabilan yang kurang baik karena titik berat pada bagian atas. Efeknya, seri marder lebih banyak digunakan untuk artileri statis ketimbang kendaraan yang mobil. Walaupun demikian, ada beberapa hasil konversi yang berhasil sangat baik, salah satunya adalah Jagdpanzer 38(t), yang biasa disebut sebagai Hetzer.

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Sasis Ceko yang Handal dan Serbaguna


Dengan meningkatnya ketegangan negara-negara di Eropa, pada tahun 1937 Angkatan Darat Ceko mulai mengantisipasi hal ini dan merancang tank modern yang baru. Setelah pengujian yang panjang dan melelahkan, militer Ceko kemudian mengadopsi LT vz 38. Tank ini memiliki lapisan baja yang dipasang dengan ssstem pasak (paku keling) dengan ketebalan lapisan baja maksimum 25 mm dan minimum 10 mm yang merupakan ketebalan lapisan baja yang umum pada era itu. Awak tank terdiri dari empat orang yaitu pengemudi, loader, penembak, dan komandan. Senjata utamanya adalah meriam Skoda A7 kaliber 37 mm, yang kinerjanya setara dengan meriam 37 mm milik Jerman atau meriam 2-pounder milik Inggris.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Caproni Ca. 135)

Tank Perusak/Tank Destroyer
Jagdpanzer 38(t) "Hetzer"
militerbanget.blogspot.com

Untuk urusan dapur pacu, dipercayakan pada mesin bensin Praga 6 silinder inline, dimana mesin ini mampu menggerakkan LT vz 38 i sampai kecepatan tertinggi 26 mil per jam (sekitar 40 km/jam) dan jarak jelajah maksimumnya hingga 125 mil (sekitar 210 km/jam). Secara keseluruhan, tank ini dapat mengungguli atau setidaknya sebanding dengan tank mana pun di Angkatan Darat Jerman kecuali PzKpfw IV dengan meriam laras pendek 75 mm. Walaupun secara performa lebih unggul, tank ini hanya tersedia dalam jumlah kecil di militer ceko sehingga secara taktis daya gempurnya tidak terlalu signifikan.

Demikianlah artikel tentang Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Pertama). Artikel ini bersambung ke bagian kedua dengan judul “Tank Perusak (Tank Destroyer) Jagdpanzer 38(t) “Hetzer”, Si Mungil Yang Sangat Mematikan, Mimpi Buruk Tank Sekutu (Bagian Kedua)", semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menghibur rekan-rekan semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di laman portal receh

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di laman trisoenoe

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di laman pustaka senjata dan fotografi

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

(Artikel asli berjudul : “Senjata Perang Dunia II: Penghancur Tank Hetzer”, ditulis oleh Robert Cashner)

Sumber:
1. World War II Tank
2. Wikipedia
3. Beberapa sumber lain

Tag:
#Alutsista
#Jerman
#Tank_Perusak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar