Selasa, 18 Juni 2019

Armored Personal Carrier (APC)/Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja BTR-152


Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019

APC Rusia pertama

Sebenarnya, Rusia sudah memiliki kendaraan lapis baja angkut personel kelas ringan, yaitu BA-64 dan mulai berdinas aktif di militer Rusia pada tahun 1942. Sayangnya, APC BA-64 ini dimensinya sangat kecil, sempit dan sebenarnya hanya cocok sebagai kendaraan pengintaian (Scout), dan bukan untuk mengangkut pasukan ke garis depan atau ke front pertempuran. Dan pada saat Perang Patriotik Besar, pasukan Rusia biasanya diangkut ke garis depan dan front dengan cara menumpang di atas tank T-34, yang tentu saja tidak aman karena rentan terkena tembakan musuh, atau bahkan terjatuh. 

Pada periode yang sama, pasukan Sekutu juga bereksperimen dalam mencari APC yang sesuai dengan kebutuhannya.  Salah satunya adalah dengan mengubah tank, menghapuskan turet, dan memperluas serta mengubah dimensinya agar dapat dimuati pasukan dalam jumlah yang memadai. Kebutuhan akan APC yang cocok menjadi jelas pada saat fase akhir perang untuk semua pihak yang terlibat. Pada saat itu, Soviet telah menerima ribuan kendaraan atau APC White M3 Half-Tracksvia yang dibuat oleh AS, dan mempelajari Hanomaghalf-track yang dirampas dari Jerman.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Uni Soviet
juga mengembangkan taktik infanteri untuk peperangan kota dan serangan-serangan koordinasi tank-infanteri dengan sistem operasi yang sinergi, yang semakin menunjukkan betapa pasukan Uni Soviet ternyata sangat membutuhkan APC sebagai sarana pendukung vital bagi manuver pasukan infantri.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Plane (Propeller) - Messerchmitt - Bf 109)

Berdasarkan hal-hal tersebut, petinggi militer Uni Soviet lalu menerbitkan spesifikasi tahun 1946 untuk pengadaan kendaraan pengangkut personel lapis baja bagi Tentara Merah yang mampu beroperasi di segala medan (dan ini adalah spesifikasi yang khusus untuk pengadaan kendaraan yang fungsinya sangat spesifik sebagai APC). 

Pada November 1946, pekerjaan dimulai di pabrik ZiS di bawah pengawasan B. M. Fitterman. Purwarupa pertama selesai pada tahun 1947, kemudian diuji, lalu diikuti dengan tiga varian eksperimental yang menjadi pengembangan lebih lanjut. Setelah melalui proses panjang tadi,  BTR-152 dinyatakan lulus dan segera diberikan perintah untuk masuk ke jalur produksi devinitif untuk mulai beroperasi penuh di militer Uni Soviet pada 24 Maret 1950.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Rancangan & Produksi

BTR (yang merupakan singkatan dari Bronetransporter- / Бронетранспортер atau "angkutan lapis baja" singkatnya "БТР"), dirancang dengan berbasis pada truk Zwas-151 yang merupakan kendaraan dengan spesifikasi kemampuan di segala medan (nomor 152 didasarkan pada penamaan pada design yang dijadikan basis, yaitu 151). Sasis 6 × 6 dibungkus dengan lapisan baja yang dipasang miring sehingga menambah bobot kendaraan sekitar 5 ton, tanpa merubah /menambah kekuatan mesin atau suspensi. Oleh karena itu, tes menunjukkan mobilitas dan kecepatan yang buruk kendaraan ini pada awalnya. 

Masalah ini lalu dikoreksi dan diperbaiki oleh WF Rodionow dan NI Orłow dari tim ZiS yang terus meningkatkan model hingga akhir produksi pada tahun 1960. Pada saat itu, BTR adalah APC utama dan andalan militer Uni Soviet, dan diwaktu selanjutnya, posisinya digantikan oleh generasi baru kendaraan 8 × 8 amfibi. dimulai oleh BTR-40.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Secara eksternal, BTR-152 ini banyak meminjam atau menjiplak fitur dan bentuk dari APC milik  AS dan Jerman (dari model half track), meskipun tetap mempertahankan konfigurasi roda. Konfigurasi tersebut membutuhkan mesin depan, dan radiator yang dilindungi oleh penutup lapis baja. Di bagian belakang terletak kompartemen pengemudi dengan pintu samping dan jendela lipat, dan kompartemen atas terbuka dengan bagian miring tiga sisi, dengan dimensi yang lebih besar di bagian tengah. Dudukan pintle dipasang di sudut belakang dan tengah, serta enam (tiga ddukan pada setiap sisi) tingkap atau celah untuk senjata, dengan total sepuluh celah untuk menembak. 

Tapi pilihan roda, bukan trek untuk penggerak BTR-152 dikompensasi kemudian dengan inovasi, yang kemudian menjadi sangat umum diterapkan pada kendaraan lapis baja yang menggunakan penggerak roda, yaitu kemampuan untuk mengatur tekanan ban (mengembangkan atau mengempiskan ban), mengadaptasi tanah untuk cengkeraman yang lebih baik dan traksi di tanah mana pun. Sistem ini diresmikan dengan BTP-152 K pada tahun 1952, yang menjadi versi produksi utama.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Di bagian depan kompartemen, terdapat dudukan untuk senapan mesin ringan SGMB kaliber 7,62mm yang dapat juga digunakan untuk dudukan senapan mesin berat DShK 1938/46 yang memiliki kaliber 12,7mm. Lintasannya 45 derajat dan ketinggian antara -6 dan +24 derajat. Seluruh baja yang dipasang miring, disatukan dengan pengelasan. Kaca depan kompartemen driver / co-driver dilindungi oleh jendela lapis baja rangkap dengan celah penglihatan integral. Tiap-tiap posisi (pengemudi maupun yang duduk di sebelah pengemudi) masing-masing dilengkapi dengan periskop. Ketebalan lapis baja berkisar antara 15 mm (sisi depan) hingga 9 mm (sisi samping), dan 4 mm (sisi bawah).

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Ban yang digunakan adalah model reguler, dimana tidak terlindung dari tembakan musuh. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan winch berkapasitas 5 ton dan kabel derek baja sepanjang 70 m. Kapasitas angkut maksimum untuk APC BTR-152 adalah 1,9 ton kargo atau satu peleton infanteri. Untuk pasukan infantri, dapat keluar dari pintu belakang atau melompati sisinya. Serie pertama berdasarkan ZiS-151 asli menunjukkan kemampuan off-road yang buruk dan mesinnya kewalahan karena bobot operasional kendaraan yang bertambah secara signifikan. Masalah-masalah ini dipelajari kemudian selama produksi ketika menggunakan komponen ZiL-157 dan ban tunggal yang lebih besar. Awak tidak memiliki perlindungan dan atap lapis baja kaku ditambahkan selama produksi. Diasumsikan oleh Pabrik Otomotif No.2 Zavod imeni Stalina (hingga 1956), dan Pabrik Otomotif No.2 Zavod imeni Likhacheva (1956-1962).

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Varian


BTR-152A SPAAG

Varian untuk fungsi penangkis serangan udara (AA) utama dilengkapi dengan senapan mesin berat (ZPTU-2) atau quadruple (ZPTU-4) ganda 14,5 mm.

BTR-152B (1952)

Versi pengamat dan juga observer artileri, dilengkapi dengan winch yang dipasang di depan dan meresmikan sistem pengaturan tekanan ban eksternal.

BTR-152V (1955)

Versi produksi yang ditingkatkan berdasarkan ZIL-157 dengan winch yang dipasang di depan dan sistem pengaturan tekanan ban eksternal.

BTR-152V1 (1957)

Sub-varian dilengkapi dengan peralatan penglihatan malam dan sistem tekanan ban yang ditingkatkan. V2 tidak memiliki winch.

BTR-152K (1959)

Varian terakhir dilengkapi dengan penglihatan malam, atap kendaraan berlapis baja dengan tiga lubang besar, filtering / ventilasi dan sistem tekanan ban internal.

BTR-152U (1959)

Versi mobile commando berasal dari 152K, dilengkapi dengan antena jarak jauh, peralatan staf, dan trailer tambahan. Dua sub-varian.

Tipe 56

Versi Cina yang dibangun dengan lisensi.

SPW 152

Versi Jerman Timur.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

BTR-152 dalam layanan aktif

Kemunculan resmi pertama APC ini dilaporkan pada bulan Mei 1951 di parade militer Moskow di lapangan merah. APC ini mulai berdinas dan ditempatkan pada formasi pasukan lapis baja sampai 1965-70 ketika dihapus oleh BTR-60 yang lebih baik tetapi tetap beroperasi sampai tahun 1993 untuk berbagai tugas dalam militer Soviet, kemudian tentara Rusia. Tugas bantu terdiri dari ambulans, kendaraan komando dan stasiun radio seluler. Aksi pertama dari kendaraan ini pada saat pemberontakan Hongaria tahun 1956. Yang lain terlibat dalam aksi pada saat invasi Uni Soviet ke Cekoslowakia pada tahun 1968.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Ratusan unit dari BTR-152 dijual ke Mesir dan Suriah, dan beraksi pada perang tahun 1967 dan 1973. Banyak dari BTR 152 ini yang berhasil dirampas oleh Israel yang kemudian dilungsurkan kepada berbagai milisi Lebanon yang terlibat melawan PLO. Cina dan Korea Utara menggunakan beberapa (kemudian diproduksi di Cina di bawah lisensi sebagai Tipe 56) dan Vietnam Utara juga menggunakannya dalam operasi selama Perang Vietnam, terutama Invasi 1965 dan Serangan Têt pada tahun 1969.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T1 & T2)

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

BTR-152 juga sebagian besar diekspor dan digunakan oleh sejumlah negara yang berafiliasi dengan Pakta Warsawa dan sekitar lima puluh negara yang tidak bersekutu, berpartisipasi dalam banyak konflik lokal, terutama di Afrika. Daftar mantan pengguna di Eropa termasuk Polandia, Jerman Timur, Yugoslavia, Bulgaria, Albania, Hongaria, Estonia, dan Rumania. Jerman Timur mengembangkan versi sendiri, diproduksi secara lokal, SPW-152 (Schützenpanzerwagen-152).

BTR-152 ini juga terlihat digunakan di Asia dengan Laos dan Kamboja, Cina, Vietnam (dipersatukan kembali), Korea Utara, Sri Lanka. Di Afrika, operator termasuk Angola, Equ.Guinea, Guinea dan Guinea-Bissau, Ethiopia, Mali, Mozambik, Republik Kongo, Somalila, Sudan, Suriah, Tanzania, Uganda, Yaman dan Zimbabwe. Mesir, Suriah, Aljazair, Siprus, Kuba, Afghanistan, Mongolia, India, tetapi juga Iran dan Irak di timur tengah adalah mantan operator. Satu-satunya negara di Amerika yang mengoperasikan kendaraan ini adalah militer Nikaragua.

Kendaraan Angkut Personel
BTR-152
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Armored Personal Carrier (APC)/Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja BTR-152


Dimensi (L-w-h): 

Panjang: 6,55 m 
Lebar: 2,32 m 
Tinggi: 2,04 m 
Bobot operasional: 9,91 Ton (18 000 lbs)
Awak: 2 + 16 (kemudian 2 + 13 pada 152U)
Mesin penggerak: GAZ AA 4-silinder 40 bhp (30 kW)
Kecepatan: (darat / air) 42 km / jam (26 mph)
Jarak jelajah maksimum: (jalan raya) 120 km (74,5 mi)

Persenjataan: 

1x DTM 7,62 mm (0,3 in.) MG, kapasitas 2.500 peluru 
atau 
1x Senapan mesin berat DSHK kaliber 12,7mm AA MG.

Armor: 4 hingga 15 mm (0,24-0,39 in)
Perkiraan total produksi: 15.000 unit

Demikianlah artikel tentang Armored Personal Carrier (APC)/Kendaraan Angkut Personel Lapis Baja BTR-152, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

2. Tank Encyclopedia
3. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar