Senin, 17 Juni 2019

Kendaraan Tempur Infanteri / Infantry Fighting Vehicle BMP-2


Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Senin, 17 Juni 2019

BMP-2 (Boyevaya Mashina Pekhoty, Bahasa Rusia: Боевая Машина Пехоты; kendaraan penempur infanteri) BMP-2 IFV pertama kali muncul pada akhir 1970-an dan banyak pengamat militer yang menganggap bahwa kendaraan tempur ini adalah versi peningkatan dari BMP-1

Pengembangan dari BMP-2 dimulai pada awal 1970-an. Purwarupa pertama selesai pada tahun 1974. Pada BMP-2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan, dengan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh BMP-1. BMP-2 ini lalu disetujui dan mulai digunakan oleh Angkatan Darat Soviet pada tahun 1980. BMP-2 pertama kali diungkapkan secara terbuka pada tahun 1982. BMP-2 telah diproduksi dalam jumlah besar, Angkatan Darat Soviet sendiri diperkirakan telah menerima dan menggunakan sekitar 20.000 unit.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

BMP-2 juga diproduksi secara lisensi di Cekoslowakia (diberi kode BVP-2) dan India (diberi kode “Sarath”). Kendaraan yang pada dasarnya serupa juga telah diproduksi di Bulgaria (BMP-30). BMP-2 IFV ini adalah salah satu kendaraan tempur paling penting di Blok Timur. Kendaraan ini juga diekspor ke beberapa negara yang menjadi sekutu Uni Soviet. Saat ini operator utama kendaraan tempur infanteri BMP-2 adalah Afghanistan, Aljazair, Angola, Belarus, Republik Ceko, Finlandia, India, Iran, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Kirgistan, Polandia, Slovakia, Suriah, Turkmenistan, Ukraina, Uzbekistan, Vietnam dan Yaman.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

BMP-2 secara garis besar memiliki kharakteristik dan juga konfigurasi yang sama dengan BMP-1 yaitu kendaraan tempur yang bersiluet rendah, manuver yang gesit, andal, dan mudah serta murah untuk perawatan dan juga operasionalnya.  BMP-2 juga memiliki kekuatan mesin yang memadai untuk dapat melakukan sebagian besar misi di semua kondisi medan, terutama dengan varian produksi akhir yang telah dibekali dengan beberapa peningkatan dibandingkan model sebelumnya seperti peningkatan dalam sistem kontrol/kendali, penambahan proteksi di beberapa tempat atau bagian yang vital, dan perubahan tata letak.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank - Panzerkampfwagen III (PzKpfw III))

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

BMP-2 dilengkapi dengan turet berawak dua orang yang baru. Peningkatan yang paling jelas adalah penggantian senjata utama meriam low velocity gun kaliber 73mm (sama seperti yang digunakan pada BMP-1) yang tidak dilengkapi dengan penstabil penembakan/senjata (gun stabilization) dengan meriam dual-feed kaliber 30mm yang memiliki fitur penstabil penembakan/senjata (gun stabilization). 

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Pada senjata utama versi sebelumnya, hanya memiliki jangkauan efektif sejauh 1.300 m, dan tidak mampu atau tidak diperuntukkan bagi sasaran atau target udara. Meriam kaliber 30mm pada BMP-2 terbukti merupakan senjata yang efektif (dan juga sukses). Karena keefektifan senjata ini, kemudian diterapkan juga pada sejumlah kendaraan lapis baja Uni Soviet / Rusia, serta helikopter serang. Meriam ini mampu menembakkan berbagai jenis amunisi seperti HE-FRAG, HE, dan amunisi konvensional. Meriam ini dapat digunakan untuk menghancurkan sasaran berupa kendaraan lapis baja pada kisaran jarak 1.500 m, target darat (non lapis baja) pada kisaran 4.000 m dan helikopter pada kisaran hingga 2.500 m. 

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

BMP-2 ini juga dilengkapi dengan persenjataan sekunder berupa senapan mesin koaksial kaliber 7,62mm. Beberapa BMP-2 IFV juga dilengkapi dengan peluncur granat otomatis kaliber 40mm.

Fagot (kode NATO adalah “AT-4 Spigot”) atau Konkurs (AT-5 Spandrel) peluncur ATGW dapat dipasang di turret. Rudal ini memiliki jangkauan maksimum masing-masing hingga 2.000-2.500 m dan 4.000 m. Peluncur anti-tank portabel juga dapat dibawa di dalam kendaraan.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Proteksi baja dengan sistem dilas pada BMP-2 memberikan perlindungan yang efektif terhadap hantaman amunisi kaliber 12,7mm. Busur depan BMP-2 ini menawarkan perlindungan sebagian terhadap terjangan amunisi kaliber 20mm. Kendaraan juga dilengkapi dengan fitur perlindungan NBC dan sistem pencegah kebakaran otomatis.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, interior kendaraan ini lebih sempit, sehingga jumlah pasukan yang dapat diangkut berkurang menjadi tujuh personel. Komandan kendaraan dipindahkan dari posisi di belakang pengemudi ke turret. Biasanya komandan turun dengan pasukan. Setiap prajurit memiliki port tembak sendiri dan blok untuk melihat sasaran yang terkait dengan port tersebut.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Tempur / Fighter Plane (Propeller) - Messerchmitt - Bf 109)

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan tempur infanteri ini ditenagai oleh mesin diesel turbocharged UTD-20S1, yang menghasilkan tenaga sebesar 300 hp. Mesin ini adalah versi yang disempurnakan dari mesin BMP-1. Transmisi dan running gear hampir identik dengan pendahulunya. Mesin dan transmisi dapat dengan mudah dilepas dan diganti dalam kondisi lapangan. Kendaraan ini juga memiliki kemampuan amfibi. Pada saat melaju di air, kendaraan ini tetap menggunakan pergerakan tracknya sebagai sumber tenaga. Fitur penyapu/peledak ranjau mungkin dipasang pada sebagian besar kendaraan.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Ada sejumlah varian dari BMP-2. Cekoslowakia dan India mengembangkan varian mereka sendiri, termasuk ambulans lapis baja, kendaraan rekayasa lapis baja, kendaraan pengintai penghubung dan banyak lagi lainnya.

Pada tahun 1987 produksi BMP-3 baru dimulai. Kendaraan memiliki sedikit kesamaan dengan BMP-2 dan BMP-1 sebelumnya.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Varian


Kendaraan Komando BMP-2K.

Versi BMP-2D dengan perlindungan lapis baja yang ditingkatkan. Kendaraan dilengkapi dengan proteksi lapisan baja tambahan pada lambung dan turret. Varian ini operasional secara aktif pada tahun 1982 dan digunakan secara masif selama perang Soviet di Afghanistan. Varian ini tidak lagi memiliki kemampuan amfibi karena bobot operasionalnya yang bertambah.

Kendaraan pengintai lapis baja BRM-2.

BMO-1 kendaraan transportasi lapis baja khusus untuk regu penyembur api khusus.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-2
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi BMP-2 (Boyevaya Mashina Pekhoty, Bahasa Rusia: Боевая Машина Пехоты; kendaraan penempur infanteri)


Negara asal: Uni Soviet
Mulai operasional aktif: 1980
Awak: 3 pria
Personil yang dapat diangkut: 7 orang

Dimensi dan bobot tempur

Bobot: 13,8 - 14 ton
Panjang: 6,73 m
Lebar: 3,15 m
Tinggi: 2,45 m

Persenjataan

Senjata utama:
Meriam 1 x 30 mm
ATGW 1 x peluncur Konkurs
Senjata sekunder:
Senapan mesin 1 x 7,62 mm
Kapasitas amunisi
Persenjataan utama: 500 peluru
Misil ATGW 4
Senapan mesin: 2.000 x 7,62 mm

Mobilitas

Mesin diesel UTD-20S1
Tenaga mesin: 300 hp
Kecepatan jalan maksimum: 65 km / jam
Kecepatan amfibi di atas air: 7 km / jam
Jarak tempuh maksimum: 600 km

Kemampuan manuver

Sudut tanjakan maksimum: 60 derajat
Kemiringan samping Maksimum: 30 derajat
Hambatan vertikal maksimum: 0,7 m
Lintas Parit Maksimal: 2,5 m
Fording Amfibi

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Tempur Infanteri / Infantry Fighting Vehicle BMP-2, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
1. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar