Selasa, 11 Juni 2019

Kendaraan Tempur infanteri / Infantry fighting vehicle BMP-1


Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2019

Pengembangan kendaraan tempur infanteri BMP-1 dimulai pada tahun 1960. Alutsista ini mulai operasional di Angkatan Darat Uni Soviet pada tahun 1966. BMP-1 (BMP ialah singkatan dari Boyevaya Mashina Pekhoty 1 (bahasa Rusia: Боевая Машина Пехоты 1; БМП-1), yang artinya "kendaraan penempur infanteri". BMP-1 merupakan kendaraan penempur infanteri (IFV) pertama di dunia yang diproduksi secara massal) pertama kali ditampilkan di depan umum pada tahun 1967 dan menimbulkan kegemparan dari pengamat militer blok Barat. 

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan tempur ini menyajikan berbagai kelebihan seperti mobilitasnya yang tinggi, kemampuannya mengantarkan pasukan infantri secara aman, dan juga memiliki kemampuan tempur yang terbilang tinggi, karena dilengkapi dengan meriam dan juga peluru kendali. Kendaraan tempur infanteri ini diproduksi dalam jumlah yang besar. Pada zamannya, BMP-1 adalah kendaraan tempur yang cukup populer dan digunakan oleh banyak negara eks Uni Soviet, dalam jumlah ribuan unit. Kendaraan tempur ini juga secara luas diekspor ke beberapa negara sekutu Soviet.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pistol Mitraliur / Submachine Gun UD-M42

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

BMP-1 juga diproduksi secara lisensi di Cina, Cekoslowakia, dan Rumania. Dari keempat negara itu muncul berbagai varian untuk memenuhi hampir semua kebutuhan tempur mulai dari pengamatan akurasi penembakan artileri hingga kendaraan serbaguna lapis baja. IFV ini telah terjun dalam berbagai pertempuran di berbagai medan perang. Hingga saat ini, BMP-1 masih tetap beroperasi dalam jumlah besar.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Walaupun seiring dengan perjalanan waktu, membuktikan bahwa kendaraan tempur ini tidaklah sehebat dan se"garang" yang diperkirakan para pengamat militer sebelumnya. Walaupun tank ini dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif yang tergolong maju pada jaman itu, seiring waktu, terbukti bahwa kendaraan tempur ini tidak memiliki persenjataan yang cukup kuat untuk meladeni pertempuran dengan tank. Belum lagi, designnya yang bersiluet rendah telah mengorbankan kapasitas serta kenyamanan dan juga keamanan awak operasional maupun awak yang dibawa.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan tempur infanteri ini memiliki turet dengan profil rendah yang diawaki oleh satu orang kru. Persenjataan utama BMP-1 adalah meriam smoothbore low velocity kaliber 73mm yang menggunakan sistem pasokan peluru semi otomatis. Meriam ini tidak dilengkapi dengan penstabil tembakan sehingga tingkat akurasinya sangat buruk pada tembakan jarak jauh atau pada saat sedang bergerak. Walaupun secara teori, meriam Ini memiliki jangkauan tembak maksimum sejauh 1.300m, tetapi jarak tembak langsung hanya 765 m. 

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan utama atau meriam ini juga tidak dapat digunakan untuk melibas target udara karena memiliki sudut ketinggian yang terbatas. Proses bongkar muat amunisi pada meriam ini menggunakan sistem loader semi-otomatis. Jumlah tembakan maksimum adalah 8-10 peluru per menit. Kapasitas amunisi yang dapat dibawa oleh BMP 1 adalah 40 butir peluru. 

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

BMP-1 juga memiliki persenjataan sekunder berupa senapan mesin koaksial kaliber 7,62 mm. Kekuatan tembakan kendaraan ini sudah termasuk dengan kombinasi inovatif dari meriam kaliber 73 mm 2A28 Grom dan peluncur rudal anti-tank berpandu-kabel (anti-tank wire-guided missile- ATGM))9M14 Malyutka (AT-3A Sagger A). Senapan ini ditujukan untuk menandingi dan menghancurkan kendaraan berlapis baja musuh hingga jarak 700 meter (770 yd), sedangkan peluncur rudal digunakan untuk melawan musuh dengan jarak 500 meter (550 yd) hingga 3000 meter (3300 yd). Pada banyak model selanjutnya, rudal itu sepenuhnya dilepas. Sejak 1979 BMP-1P diproduksi. Varian ini dilengkapi dengan Fagot (AT-4 Spigot) atau Konkurs (AT-5 Spandrel) launcher ATGW yang lebih canggih. Setiap kendaraan tempur infanteri juga membawa peluncur portabel sistem panggul Strela-2 dengan rudal pertahanan udara jarak pendek.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

BMP-1 memiliki lambung pelindung dari baja yang dilas. Ini memberikan perlindungan yang cukup memadai terhadap tembakan peluru kaliber 12,7mm dan serpihan shell artileri. Busur depan BMP-1 ini juga mampu menahan terjangan amunisi kaliber 20 mm. Ada juga sistem pemadam api otomatis dan sistem perlindungan NBC.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan tempur infanteri ini memiliki tiga orang awak, termasuk komandan, penembak, dan pengemudi. Komandan terletak di belakang pengemudi. Kendaraan juga dapat membawa 8 personel pasukan infantri dengan perlengkapan penuh. Kendaraan tempur ini memiliki dua pintu masuk di bagian belakang, atap palka, tingkap untuk menembak dan juga fitur-fitur lain yang membuat BMP-1 menjadi kendaraan tempur infanteri sejati, yang tidak hanya mampu membawa infantri ke medan perang, tetapi juga memberikan dukungan tembakan bagi pasukan infantri yang diturunkan. Sayangnya, ruang internal dari BMP-1 yang sangat terbatas selalu menjadi kelemahan.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Kendaraan tempur infanteri ini ditenagai oleh mesin diesel turbocharged UTD-20, yang memberikan output daya sebesar 300 hp. Mesin terletak di bagian depan. Engine dan gearbox dapat dengan mudah diganti dalam kondisi lapangan. IFV ini sepenuhnya amfibi. Pada saat melaju di air, kendaraan ini menggunakan daya dorong dari tracknya.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Definisi Tank (Secara Umum))

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Ada banyak perubahan detail selama masa produksi BMP-1 dan, meskipun produksi telah berhenti, varian baru yang ditingkatkan terus bermunculan. Banyak dari varian ini murni modifikasi lokal untuk memenuhi beberapa kebutuhan lokal. Banyak kendaraan dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan atau mesin yang lebih kuat dipasang, sementara Cina memproduksi salinan atau lisensi Tipe 86 yang menggunakan basis dari BMP-1.

BMP-1 terbukti menjadi kendaraan yang kasar dan mudah serta murah dalam hal operasional maupun perawatan. Secara resmi, produksi dari BMP-1 dihentikan pada tahun 1983.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Varian

Versi peningkatan BMP-1P diproduksi antara 1979 dan 1983. Model produksi akhir ini dilengkapi dengan peluncur rudal anti-tank Senkur (AT-5 Spandrel), bukan Malyutka seperti pada versi sebelumnya.

Kendaraan komando BMP-1K.

Mobil Komando BMP-1KSh dan kendaraan staf, dengan senjata utamanya dilepas, dilengkapi dengan alat-alat komunikasi yang lebih banyak,  dan dilengkapi dengan tiang teleskopik untuk pengamatan medan tempur.

PRP-3 Val kendaraan pengintai artileri.

PRP-4 Kendaraan pengintai artileri Nard.

Kendaraan pengintai lapis baja BRM-1.

Kendaraan pemulihan lapis baja BREM-2.

IMR Zhuk kendaraan tempur.

Refueller lapis baja BTZ-3.

Kendaraan perbaikan lapis baja RM-6.

BMP-2 adalah pengembangan lebih lanjut dari BMP-1. Versi ini muncul pada akhir 1970-an dan memiliki beberapa peningkatan dari versi sebelumnya. Peningkatan yang paling jelas adalah penggantian senjata utama yang sebelumnya adalah meriam low velocity kaliber 73mm BMP-1 yang tidak dilengkapi dengan gun stabilizer dengan meriam dual-feed 30 mm yang dilengkapi dengan gun stabilizer. Meriam ini mampu menembakkan amunisi dari tipe HE-FRAG, HE, dan peluru-peluru tajam. Senjata utama ini mampu menghancurkan target-target lapis baja pada kisaran jarak 1.500 m, target darat pada kisaran 4.000 m dan helikopter pada kisaran hingga 2.500 m. Kendaraan lapis baja ini lalu diadopsi oleh Angkatan Darat Soviet pada tahun 1980. Selain BMP-1 asli, kendaraan ini juga diproduksi dalam jumlah besar.

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Kendaraan tempur infanteri / Infantry Fighting Vehicle BMP-1


Tipe: Kendaraan penempur infanteri
Negara asal: Uni Soviet

Sejarah pemakaian

Dinas Aktif: 1966 - sekarang
Negara pengguna: Uni Soviet, Rusia, Polandia, Mesir, Mongolia, Siria, RRC, Afghanistan, India, Irak, Jerman, Yunani, dan Swedia.

Sejarah produksi:

Perancang Pavel Isakov (Biro Rancang ChTZ) 
Tahun 1961 - 1965
Produsen Karya Teknik Kurgan (KMZ) (USSR) 
ZTS Dubnica nad Váhom (Cekoslovakia)
Diproduksi 1966 - 1982 (Uni Soviet) 

Jumlah produksi: 

Lebih dari 20.000 unit untuk semua varian Uni Soviet
Lebih dari 3.000 varian untuk RRC
1.994 untuk Cekoslovakia
sekitar 800 unit untuk India
Varian BMP-1, BMP-2, MLI-84, Boragh
Spesifikasi (Ob'yekt 765Sp3)
Bobot Operasional: 13,2 ton (13,0 ton panjang; 14,6 ton pendek)
Panjang: 6,735 m (22 kaki 1,2 in)
Lebar: 2,94 m (9 ft 8 in) 
Tinggi: 2.068 m (6 kaki 9,4 in)
1,881 m (6 kaki 2,1 in) ke puncak turet

Kendaraan Tempur Infantri BMP-1
militerbanget.blogspot.com

Awak: 

3 orang (komandan, Pengemudi dan Operator Senjata)  

Daya Angkut: 8 penumpang (di bagian  dalam)

Baja rol dilas Perisai 6–33 mm (0,24–1,30 in.)

Persenjataan:

Senjata utama: Meriam kaliber 73mm 2A28 Grom meriam smoothbore semi-otomatis Low Velocity (40 peluru) 
Peluncur ATGM untuk 9M14 Malyutka (4 peluru)
Senjata sekunder: Senapan mesin  kaliber 7,62mm PKT coaxial machinegun (2.000 peluru)

Mesin: Mesin Diesel UTD-20, 6-silinder 4-tak injeksi-hampa udara berbentuk V berpendingin udara multi bahan bakar 15,8 liter
300 hp (224 kW) pada 2.600 rpm

Rasio Daya kuda / ton: 22,7 hp / ton (17,0 kW / ton)

Suspensi batang torsi individu dengan penyerap benturan hidrolik pada roda ke-1 dan ke-6

Ground clearance: 370 mm (15 in)

Kapasitas tangki: 462 l (102 imp gal; 122 US gal)

Daya jelajah: 

600 km (370 mi) untuk di jalan
500 km (310 mi) untuk off-road 

Kecepatan: 

65 km / jam (40 mph) untuk di jalan
45 km / jam (28 mph) untuk off-road
7–8 km / jam (4,3–5,0 mph) untuk di air

Demikianlah artikel tentang Kendaraan Tempur infanteri / Infantry fighting vehicle BMP-1, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Artikel dialih bahasa dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 
Wikipedia
Beberapa sumber lain

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer , #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson & Jhonson, #CanSino, #Omicron

Tidak ada komentar:

Posting Komentar