Rabu, 19 Juni 2019

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Caproni Ca. 135


Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Caproni ca.135
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019

Pesawat pembom Caproni Ca. 135 pada awalnya dirancang untuk memenuhi spesifikasi dalam proposal yang diajukan oleh Regia Aeronautica, yang membutuhkan sebuah pesawat pembom dari kelas medium. Purwarupa pesawat ini terbang pertama kali pada tahun 1935. 

Pesawat ini benar-benar “unik” dalam konotasi yang sebenarnya, karena pesawat ini merupakan perpaduan yang membingungkan antara teknologi lama dengan teknologi baru. Pesawat ini memiliki konfigurasi sayap tunggal, tetapi terbuat dari kayu. Badan pesawat dibalut kulit logam di bagian depan, tetapi di bagian belakang badan pesawat masih dibungkus dengan kanvas.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Caproni ca.135
militerbanget.blogspot.com

Caproni Ca.135 adalah medium bomber yang digunakan oleh Angkatan Udara Italia dan Hungaria dalam Perang Dunia II. Pesawat ini berhasil melakukan terbang perdana pada tanggal 1 April 1935 dan mulai digunakan secara operasional pada tahun 1936. Pesawat Ca.135 hanya diproduksi sebanyak 140 unit.

Sama halnya sepeti sebagian besar pesawat militer buatan Italia pada tahun 1930-an, Ca.135 masih menggunakan konstruksi sayap yang terbuat dari kayu serta sebagian kulit pesawat yang masih terbuat dari bahan kanvas tebal (fabric). 

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Caproni ca.135
militerbanget.blogspot.com

Sebagai pesawat medium bomber, performa Ca.135 tergolong mengecewakan karena mesin yang kurang bertenaga sehingga mengakibatkan buruknya performanya dalam hal manuver, kecepatan, jarak tempuh, serta ketinggian terbang. Oleh karena itu maka AU Italia bisa dikatakan tidak pernah menggunakan Ca.135 dalam pertempuran yang sebenarnya dan hanya menggunakannya sebagai pesawat latih sampai dengan tahun 1941. 

Walaupun ada sebanyak tujuh unit pesawat medium bomber ini pernah dikirimkan untuk membantu pihak Nasionalis dalam Perang Saudara Spanyol, namun hanya dua pesawat yang berhasil tiba di Spanyol karena lima pesawat lainnya mengalami kerusakan teknis pada saat melakukan penerbangan menuju Spanyol. Dari lima pesawat tersebut, hanya dua yang berhasil mendarat kembali di Italia, sementara sisanya jatuh di lautan.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Caproni ca.135
militerbanget.blogspot.com

Hungaria adalah pengguna terbesar Ca.135 dan memiliki sekitar 100 unit pesawat ini, walaupun sebagian besar merupakan pesawat bekas pakai AU Italia. Ca.135 mulai digunakan oleh AU Hungaria pada tahun 1939 dan sama seperti AU Italia, sebenarnya pilot-pilot Hungaria banyak yang mengeluhkan performa pesawat ini. Namun Hungaria tetap menggunakan Ca.135 karena pada saat tersebut hanya pesawat inilah yang mereka miliki sebagai medium bomber. 

Ca.135 AU Hungaria digunakan dalam Perang Dunia II untuk membantu pasukan Jerman dalam pertempuran di front Rusia dari tahun 1941 sampai dengan tahun 1943. Sejak tahun 1943 Ca.135 Hungaria ditarik dari garis depan dan digantikan oleh Junkers Ju-88 buatan Jerman yang jauh lebih baik dalam segala hal.

Selain Italia dan Hungaria, negara lainnya yang mengoperasikan Ca.135 adalah Peru. Peru mengoperasikan enam unit pesawat ini dari tahun 1937 sampai dengan tahun 1942. Ca.135 milik Peru sempat digunakan dalam perang perbatasan Peru dengan Ekuador pada tahun 1941.

Pesawat ini sejatinya tak pernah memperkuat Angkatan Udara Italia, pesawat ini hanya untuk diekspor saja. Peru adalah negara pertama yang membeli pesawat ini, dan membeli sebanyak 32 unit, sedangkan Hungaria membeli 180 unit pesawat ini pada tahun 1937, dan dipergunakan untuk melawan Uni Soviet. 

Tetapi, ketika pesawat ini mulai dioperasikan dan menjalani misi, kenyataan membuktikan bahwa pesawat ini sama sekali tidak menunjukkan performa yang memuaskan (kalau tidak mau disebut buruk). Alhasil, pesawat ini hanya sebentar mencicipi perang di garis depan, setelah itu langsung ditarik dari tugas tempur, dan menjalani tugas non tempur, seperti pesawat latih atau angkut.

Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber
Caproni ca.135
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Caproni Ca. 135


Asal Negara: Italia
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Ringan 2 Mesin
Terbang Perdana: 1 April 1935  
Kru: 4-5 Orang
Bobot: 6.106 kg (Kosong), MTOW: 9.556 kg

Dimensi 

Panjang Pesawat: 14,40 m 
Bentangan sayap: 18,80 m
Tinggi: 3.4 m
Wing Area: 60.0m2

Persenjataan 

1 X Senapan Mesin kaliber 12.7mm di hidung
1 X Senapan Mesin kaliber 12.7mm di turet dorsal
1 X Senapan Mesin kaliber 12.7mm di ventral position
Muatan bom internal sampai dengan 1.600 kg di dalam badan atau dibawah sayap

Mesin: 2 X Piagio 1.000hp P. XI RC40 cylinder radial piston engines

Performa  

Kecepatan maksimum: 440 km/jam
Ketinggian operasional maksimum: 7.000 m
Kecepatan menanjak: 300 m/menit
Jarak terbang maksimum: 2.000 km

Demikianlah artikel yang berjudul "Pesawat Pembom Medium/Medium Bomber Caproni Ca. 135", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar