Jumat, 21 Juni 2019

Tank tempur Infantry / A22 infantry Tank Mark IV Churcill


Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Jum'at, 21 Juni 2019

Tank Churchill adalah tank pertama Inggris yang dirancang dan diproduksi pada saat Perang Dunia ke II berkecamuk di Eropa. 

Model awal dibangun pada tahun 1941, memiliki persenjataan utama meriam kaliber 2pdr (setara dengan 40mm) di turet dan meriam howitzer kaliber 76.2mm di bagian depan atau hidungnya. Berlapis baja tebal dan sanggup bermanuver di segala kondisi medan (walaupun kecepatannya lambat), tank ini menjadi salah satu tank terbaik dan disukai oleh pasukan Inggris. Tank ini menjadi tank pertama yang dilengkapi dengan senjata utama meriam kaliber 75mm buatan Amerika Serikat.

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Setelah Inggris menderita kerugian yang luar biasa saat invasi Jerman di Prancis, serta pengurungan pasukan sekutu di Dunkirk, Inggris hanya memiliki 100 tank saja. untuk menutupi kerugian tersebut, Inggris secara terburu-buru memerintahkan konsorsium untuk memproduksi tank Churchill dengan segera. Akibat produksi secara terburu-buru, Mark versi awal sering mengalami kerusakan teknis. 

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Dimensi tank ini juga tidak umum. Ukurannya membuatnya sulit dimobilisasi dengan kerta api dan kekurangan yang sama dengan tank Inggris lainnya, cincin turetnya terlalu kecil untuk dipasang meriam dengan kaliber yang lebih besar (Inggris berharap agar dapat memiliki tank dengan kaliber 17pdr, atau  setara dengan kaliber 76mm). Pada periode 1944-1945, tank ini kalah kelas dibandingkan monster baja milik Jerman seperti PzKpfw IV, PzKpfw V (Panther) dan PzKpfw VI (Tiger), walaupun ditangan operator yang berpengalaman, tank ini masih dapat meladeni tank Jerman, berbekal proteksinya yang tebal.

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Dan faktor lain yang menjadikan tank Churchill menjadi salah satu tank terpenting Inggris pada periode 1939-1945 karena tank ini dapat dikonversi dan dimodifikasi untuk melakukan berbagai tugas khusus (Inggris menjuluki tank modifikasi ini dengan “the Funnies”) untuk invasi D-Day 1944 seperti 
Churchill Oke/Crocodile, yaitu Tank penyembur api (flametrower)

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Churchill AVRE (Armoured Vehicle, Royal Engineers) Mark I dan Mark II, berfungsi untuk membawa dan mendukung teknisi tempur untuk membantu menerobos pertahanan musuh yang kuat. Tipe ini dilengkapi dengan demountable jibs di depan dan belakang kendaraan, doser atau serokan tanah di bagian depan. Tank ini juga dilengkapi dengan spigot mortar kaliber 290mm untuk tugas penghancuran.

Churchill Ark Mark I/II/III yang berfungsi sebagai kendaraan pembawa jembatan lipat, yang mampu membuat jembatan darurat di atas tembok laut, parit, atau celah yang tak dapat dilalui oleh tank atau kendaraan lain.

Churchill AMRA (Anti Mine Roller Attachment)/AMRCR (Anti Mine Reconnaissance Castor Roller)/CIRD (Canadian Indestructible Roller Device)/Plough/Snake/Conger, berfungsi sebagai kendaraan penyapu ranjau. Kendaraan ini menggunakan sistem yang bervariasi, biasanya dipasang di depan tank untuk meledakkan ranjau.

Churchill dengan Bobbin/Twin Bobbins, kendaraan yang bertugas untuk menyediakan landasan/platform pada medan yang berlumpur atau di medan yang memiliki kontur tanah yang lengket, agar dapat dilalui tak atau kendaraan lain. Kendaraan ini membawa gulungan karpet baja di punggungnya.

Churchill dengan pebajak ranjau (A-D, Bullshorn/Jeffries, dan Farmer Ploughs) 

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Tank tempur Infantry / A22 infantry Tank Mark IV Churcill


Asal Negara: Inggris
Operasional aktif: 1941
Kru: 5 Orang (versi Mark VI)
Bobot: 36.629 kg/36.629 ton (versi Mk III/IV)
40.642 kg/ 40,64 ton (versi Mark VII/VIII)

Dimensi  

Panjang: 7,44 m
Tinggi: (over turret hutch) 3,25 m, 3,45m (Mark VII-VIII) 
Lebar: 2,74 m, untuk versi Mark I-II = 2,49 m

Tank Tempur Infantri 
A22 Infantry Tank Mark IV Churchill
militerbanget.blogspot.com

Persenjataan  

Senjata utama: 

1 x 76.2mm gun di bagian depan tank
1 x 2pdr (40mm) OQF (Ordnance Quick Firing) gun di turet
1 x 6pdr (57mm) OQF (Ordnance Quick Firing) gun di turet untuk versi Mark III, Mark IV, V gun
1 x 95mm gun di turet untuk versi Mark V, Mark VIII
1 x 75mm gun di turet untuk versi Mark VI, Mark VII

Senjata sekunder: 

1 atau 2 x 7.92mm Besa machine gun Coaxial atau fix di depan

Armor: Maksimum 102mm, dan 152mm (Mark VI-VIII)
Mesin: Beford 12 cylinder petrol, 261.1 kW/350 hp 

Performa  

Kecepatan maksimum: 25 km/jam 
Jarak jelajah maksimum: 193 km 

Demikianlah artikel yang berjudul "Tank tempur Infantry / A22 infantry Tank Mark IV Churcill", semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

ENSIKLOPEDIA DUNIA “TANK” – GEORGE FORTY
Edisi terbitan Lorenz Book, dicetak oleh Anness Publihing Ltd.
www.lorenzbook.com
www.annesspublishing.com

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar