Sabtu, 22 Juni 2019

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Martin Mariner


Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2019

Pabrikan Martin memiliki catatan pengalaman yang panjang dalam membuat flying boat atau seaplane (pesawat amfibi), dan pada tahun 1937 perusahaan ini mulai merancang pesawat yang nantinya akan menggantikan posisi pesawat amfibi Consolidated Catalina milik US Navy

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Rancangan baru tersebut diberi nama Martin Model 162, lalu diberi kode registrasi XPBM-1 (XPBM singkatan dari Experimental Patrol Bomber Martin 1) memiliki bentuk lambung yang bentuknya lebih “dalam” dan bentuk sayap seperti sayap camar (gull wing) di bagian atas badan bagian tengah. Ekornya memiliki dua sirip vertikal, dan sebagai penyeimbang saat pendaratan di air, dipasang dua buah pelampung di ujung sayap yang dapat dilipat ke dalam pada saat terbang (untuk meningkatkan kemampuan aerodinamis).

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Rancangan sayap burung camar ini dipilih untuk “mengamankan” posisi mesin dari permukaan air. Dengan bentuk sayap ini, posisi mesin dapat ditempatkan pada ketinggian maksimal, sehingga mesin aman dari percikan air yang tentu saja dapat merusak mesin.

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Tank Tempur Medium / Medium Tank T1 & T2

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Sebagai sarana untuk menguji performa serta keaerodinamisan pesawat ini, satu model berawak satu dengan skala separuh dari dimensi pesawat yang sebenarnya dibuat. Setelah melalui semua uji dan test dengan hasil yang memuaskan pada versi kecil, diputuskan untuk membuat skala penuh dari purwarupa, dan purwarupa XPBM-1 ini dan direncanakan terbang pertama kali pada tahun 1939.

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Purwarupa XPBM-1 terbang pertama kali pada bulan Februari 1939 dan dari uji terbang ini didapatkan hasil dimana pesawat ini harus mengalami beberapa perubahan minor pada bentuknya untuk meningkatkan performa pesawat ini. Sayap ekor harus dimiringkan dihedral dengan sudut yang disesuaikan dengan sudut kemiringan sayap utama.

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Pesawat ini telah dipesan sebelum uji terbang jadi model produksi pertama, PBM-1 terealisasi dalam tempo yang terbilang singkat, yaitu pada bulan Oktober 1940 dan selesai dikirimkan kepada pihak pemesan pada bulan  April 1941. Pesawat amfibi ini lalu diberi nama Mariner, memiliki awak tujuh orang, dan memiliki persenjataan pertahanan diri (defensif) lima pucuk senapan mesin kaliber 12,7mm, masing-masing dipasang fleksibel di ekor. Di setiap sisi kiri dan kanan belakang pesawat, di turet atas belakang, dan pada turet di bagian hidung pesawat.

Sesuai dengan fungsinya sebagai pesawat pembom, pesawat amfibi Mariner ini dapat membawa bom atau depth charge (bom dalam untuk menghancurkan kapal selam) sampai seberat 908 kilogram di ruang bom. Uniknya, ruang bom ini berada di tempat mesin sehingga pintu kompartmen bom tersebut mirip pintu roda pendarat, tapi pada saat itu Mariner belum menjadi pesawat amfibi sepenuhnya.

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Pada akhir tahun 1940, US Navy memesan model peningkatan dari model sebelumnya, 162B atau PBM-3 sebanyak 379 unit pesawat. Jumlah pemesanan ini ternyata melebihi kemampuan produksi dari pabrikan Martin. Untuk itu, perusahaan Martin mendesak pemerintah Amerika Serikat untuk ikut membantu membangun lini produksi yang baru di Maryland.

Pesawat Marine versi -3 berbeda dengan versi -1, terutama pada mesin yang digunakan. Pada versi 3, mesin yang digunakan adalah Pratt & Whitney R-2600-12 dengan kekuatan yang lebih tinggi dari mesin versi sebelumnya. Mesin ini memiliki power sebesar 1.700 hp. Pada versi 3, pelampungnya berukuran lebih besar dari versi 1, tetapi konfigurasinya fix alias tidak dapat dilipat ke dalam. 

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Ruang bomnya lebih besar yang ditempatkan pada ruang mesin yang juga berdimensi lebih besar dari versi sebelumnya. Turet pada bagian hidung dan pada bagian atas belakang ditenagai dengan listrik (bukan manual seperti pada versi awal) sehingga lebih mudah dioperasikan. Perbedaan lain dari versi perbaikan atau versi 3 adalah pada jumlah bilang baling-balingnya. Pada versi awal, baling-balingnya memiliki 3 bilah, sedangkan pada versi perbaikannya memiliki 4 bilah.

US Navy mengoperasikan pesawat Mariner secara optimal di front pasifik, menjaga perbatasan Atlantik Barat, dan melindungi Terusan Panama. Mayoritas pesawat Mariner ternyata tidak pernah mengalami kontak atau berhadapan dengan pesawat pemburu dari pihak lawan, sehingga konfigurasi pesawat ini lalu diefesienkan lagi dengan cara melepas seluruh persenjataan pertahanan diri (defensif) yang dimilikinya, dan langkah ini mengurangi bobot operasional pesawat hingga 25% dari bobot normalnya. 

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Mariner versi tanpa persenjataan defensif ini lalu dikembangkan menjadi versi anti kapal selam, PBM-3S. Tapi turet hidung masih tetap dipertahankan untuk menyerang U-boat dan kapal musuh. Walaupun demikian masih dikembangkan versi bersenjata dan berproteksi berat, PBM-3D yang diambil dari beberapa unit versi 3C. Pesawat versi ini, selain memiliki pelampung yang tidak dapat dilipat yang berukuran lebih besar, tangki bahan bakarnya sudah menerapkan sistem lapisan yang dapat menutup kebocoran (self sealing).

(Baca juga artikel yang sangat menarik yang berjudul: Pesawat Pembom Medium / Medium Bomber - HE-111 (HEINKEL))

Untuk versi yang memiliki mesin yang lebih kuat, yaitu versi PBM-5, pengirimannya mulai dilaksanakan pada bulan Agustus 1944 dan 589 unit diserahkan sebelum produksinya dihentikan pada saat perang berakhir. Martin akhirnya memproduksi versi amfibi, PBM-5A (40 unit) berkonfigurasi tricycle landing gear. Mariner terus dioperasikan oleh US Navy dan Cost Guard sampai awal tahun 1950-an dan 500 unit digunakan pada saat Perang Korea. Cost Guard mempensiunkan Mariner miliknya pada tahun 1958.

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Spesifikasi Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Martin PBM-3D Mariner


Asal Negara: Amerika Serikat
Tipe Pesawat: Pesawat Pembom Amfibi dua mesin
Terbang Perdana: 18 Februari 1939 (XPBM-1)

Kru / Awak: 
7 orang (pilot, co-pilot, flight engineer, bom aimer, radio operator/gunner, gunners) 

Bobot: 15.061 kg (Kosong), MTOW: 26.332 kg

Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber
Martin Mariner
militerbanget.blogspot.com

Dimensi 

Panjang Pesawat: 24,33 m 
Bentangan sayap: 35,97 m
Tinggi: 8.38 m
Wing Area: 130.8m2

Persenjataan

8 X Senapan mesin kaliber 12,7mm di hidung, dorsal, kiri dan kanan bagian belakang, dan atas bagian belakang, serta di ekor.
Muatan bom sampai dengan 3.632 kg 
Mesin: 2 X Wright 1.900hp R-2600-22 Cyclone radial piston engines

Performa 

Kecepatan maksimum: 340 km/jam
Ketinggian maksimum: 6.035 m
Kecepatan menanjak: 224 m/menit
Jarak Terbang maksimum: 3.605 km

Demikianlah artikel tentang Pesawat Pembom Amfibi / Seaplane Bomber Martin Mariner, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. 

Baca juga berbagai artikel menarik tentang khasiat dan manfaat buah dan sayuran di: portal-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang fotografi dan juga berbagai hal lain di: trisoenoe.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista dan fotografi di: pustakasenjatadanfotografi.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang alutsista di: kilas-copas.blogspot.com

Baca juga ulasan sekilas dari berbagai artikel menarik tentang berbagai hal di: portal-lambe-receh.blogspot.com

Baca juga berbagai artikel menarik tentang berbagai misteri dan hal-hal yang diluar akal sehat di: portal-kisah.blogspot.com

Artikel ini dialihbahasa, diadaptasi, dan ditulis ulang oleh: Tuntas Trisunu

Sumber: 

1. PEMBOM, Ensiklopedi Dunia
    Francis Crosby (Imperial War Museum Duxford)
2. Wikipedia

Tag:
#Close Support Vehicle, #Heavy Sniper Rifle/Senapan Runduk Berat, #Heer, #Helicopter, #Helicopter Angkut/Serang, #Helicopter tempur/serang, #Helikopter, #Helikopter Anti Kapal Selam, #Helikopter multi peran, #Helikopter Serang-Tempur, #Kapal Cepat, #Kendaraan Intai/Tempur Ringan, #Kendaraan Serba Guna, #Kendaraan Taktis Lapis Baja, #Kriegsmarine, #Luftwaffe, #MiG, #Pesawat Angkut Berat Jet, #Pesawat Angkut Propeller, #Pesawat Anti Kapal Selam, #Pesawat Anti Tank Propeller, #Pesawat Latih Jet/Basic Training Airplane, #Pesawat pembom berat Jet, #Pesawat Pembom Medium-Propeller, #Pesawat Pembom Propeller, #Pesawat Pembom Ringan Jet, #Pesawat Pembom Strategis, #Pesawat Pembom Tukik Propeller, #Pesawat Pembom/Tempur Jet, #Pesawat serang jet, #Pesawat Tanpa Awak / Unmanned Aerial Vehicle (UAV), #Pesawat Tempur Jet, #Pesawat Tempur Malam, #Pesawat Tempur Propeller, #Pistol, #Senapan, #Senapan Serbu, #Pistol Mitraliur/Submachine Gun, #Senapan Serbu Otomatis, #Senapan Serbu Semi Otomatis, #Tank, Tank Amfibi, #Tank Destroyer, #Tank Tempur Super Berat/Super Heavy Tank, #Tank Tempur Berat/Heavy Tank, #Tank Tempur Medium/Medium Tank, #Tank Tempur Ringan/Light Tank, #Tank Tempur Utama/Main Battle Tank, #senjata, #senapan serbu, #amunisi, #peluru, #sniper, #pesawat, #pesawat tempur, #helikopter tempur, #perang, #lapis baja, #pembom, #PUBG, #FF, #PLAYERUNKNOWN'S BATTLEGROUNDS, #Free Fire, #Rules Of Survival, #Rules Of Survival, #Knives Out, #Creative Destruction, #Hopeless Land, #Survivor Royale, #PUBG versi PC, #PUBG Mobile, #PUBG Lite, #PUBG x Resident Evil 2, #IFV, #Kendaraan Tempur Infantri / Infantry fighting vehicle, #ML, #anjay, #tik-tok, #Santuy, #Halu, #Apa itu, #Bucin, #Berita Viral, #Viral, #Ide Sederhana, #Mobile Legend, #Bazooka, #Proyektil, #Meriam, #Artileri, #peringkat militer dunia, #pangkalan militer, #pubg, #militer Indonesia 2020, #militer, #TNI, Tentara Nasional Indonesia, #Angkatan Udara, #Angkatan Darat, #Angkatan Laut, #Kepolisian, #Polisi, #Polri, #TNI-AU, #TNI-AL, #TNI-AD, #Panser, #Panzer, #military, #wajib militer, #hobby militer, #militermeter, #battle, #Pelontar Granat, #Tembak, #Bayonet, #APC, #IFV, #Covid-19, Vaksin Covid-19, #Corona Virus, #Virus, #Isolasi Mandiri, #OTG (Orang Tanpa Gejala), #lockdown, #PPKM, #varian-Delta, #Sinovac, #AstraZeneca, #Pfizer-BioNTech, #Moderna, #Sinopharm, #Jhonson &Jhonson, #CanSino, #Omicron, #Rusia, #Ukraina, #Invasi Rusia-Ukraina, #Perang-Rusia-Ukraina, #Pertempuran-Rusia-Ukraina, #Serbuan-Rusia-Ukraina #Drone, #Kamikaze Drone, #Russian Drone, #Rudal Hipersonik, #Rudal Hipersonik Rusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar